Selama bertahun-tahun Ash Ketchum muncul di franchise Pokémon, dia sudah banyak berhasil menangkap Pokémon, melatih para monster tersebut ke level terbaik mereka. Namun, dari sekian banyak monster yang sudah berhasil didapatkan oleh Ash tentunya yang menjadi pertanyaan adalah siapa diantaranya yang paling kuat? Tentunya akan sulit menjawab pertanyaan tersebut.

Jadi, pertanyaan yang lebih pas adalah siapa monstr yang paling kuat yang pernah dilatih oleh Ash. Dalam daftar ini, para monsternya merupakan benar-benar hasil tangkapan dari dan melatih sendiri Pokémonnya. Selain itu, kekuatannya sendiri ditentukan oleh pertarungan yang sudah mereka menangkan, dan seberapa dekat hubungannya dengan Ash serta seberapa patuh dengan Ash.

6Sceptile

Sceptile adalah salah satu dari sedikit Pokémon yang berhasil Ash dapatkan di wilayah Hoenn. Meskipun Sceptile harus mengalami sedikit kesulitan saat menghadapi evolusinya, sering kali keras kepala untuk melakukannya sendiri, Ash mampu memberikan Pokémonnya tersebut ruang yang dia butuhkan untuk menyelesaikan semuanya. Dan hasilnya adalah Sceptile mampi mempercayai sosok Ash.

Image Source: Aminoapps.com

Sceptile pun menjadi sosok yang loyal kepada Ash, tidak ragu untuk bertarung secara ganas demi Ash. Dan kemampuan Sceptile dibuktikan di Season 13, Sinnoh League Victors, Episode 32, “The Semi-Final frontier,” dimana Sceptile menjadi satu-satunya Pokémon dari seluruh Lily of the Valley Conference yang berhasil mengalahkan Darkrai. Hal itu membuat Ash masuk ke empat besar, dan membuatnya menjadi runner up “bayangan” karena runner up yang aslinya gagal karena kalah.

5Nagadel

Nagadel mungkin secara teknis adalah Ultra Beast, tapi untuk masalah koneksi atau hubungan antara pelatih dan monsternya, seperti diperlihatkan dalam seri Sun and Moon, Nagadel mungkin berada di posisi kedua setelah Pikachu. Nagadel adalah salah satu Pokémon yang berhasil menjalin hubungan dengan Ash, bahkan sebelum dia ditangkap oleh Ash. Nagadel memang ingin bergabung dengan Ash sesuai keinginannya.

Image Source: WikiDex.com

Dengan bermain, hidup, dan berlatih bersama, Nagadel menjadi sosok monster yang sangat kuat, meskipun dia pernah kembali ke Ultra Space, rasa cintanya kepada Ash yang kemudian membuat Nagadel kembali dan kemudian bergabung dengan Ash dalam Alola League. Dan bisa ditebak, Nagadel berhasil membuat Ash menjadi juaranya.

4Greninja

Image Source: ComicBook.com

Jika Nagadel menjalin hubungan baik dengan Ash dengan cara yang simpel – seperti bermain dan berlatih bersama – lain halnya dengan Greninja. Koneksi yang terbangun antara keduanya layaknya seorang nakama atau teman, dalam cerita Shonen. Bukan berarti Greninja tidak peduli terhadap Ash, hanya saja ketika mereka sedang bersama, pertarungan sering kali menjadi fokus utama. Hal ini membuat mereka membentuk sebuah form unik.

3Infernape

Infernape adalah salah satu dari sedikit Pokémon yang memilik arc unik. Infernope pertama kali diperkenalkan sebagai Chimchar, dan berada dibawah kendali dari rival Ash, Paul. Namun, ketika Chimchar dianggap tidak terlalu kuat menurut Paul, dia pun kemudian dilepas yang kemudian dirawat oleh Ash. Meskipun Infernape sering kali merasakan trauma, akibat hubungannya dengan Paul, namun sifat Ash yang kemudian membuat Infernope perlahan berubah.

Image Source: Aminoapps.com

Berkat Ash, Infernape berhasil melakukan evolusi. Bukan hanya sekali, melainkan dua kali. Infernope kemudian berubah menjadi partner yang bisa diandalkan oleh Ash. Berkat Ash juga, Infernape mampu belajar untuk mengendalikan kemampuan api miliknya, yang mana sering kali hal itu membuat Infernope marah. Berkat Ash, Inferape membuktikan kepada Paul bahwa dia layak.

2Pikachu

Image Source: Cinemablend.com

Pikachu merupakan salah satu Pokémon yang paling setia kepada Ace, terlepas juga menjadi Pokémon yang kuat. Sudah tidak diragukan lagi bagaimana kekuatannya dan juga bagaimana kesetiaan Pikachu kepada Ash. Mereka sudah menjadi rekan yang sangat dekat, dan bahkan mereka saling mengeri satu sama lainnya, meskipun bahasa yang diucapkan berbeda.Berkat Ash, Pikachu berhasil mempelajari semua teknik dan kemampuan menyerang. Ash juga berhasil membuat Pikachu Mengakses form Gigantimax. Dan berkat latihan Ace dan kasih sayang yang dia berikan kepada Pikachu, dia sudah berhasil mengalahkan musuh dari yang paling mudah sampai yang legendaris sekalipun.

1Charizard

Charizard adalah satu-satunya Pokémon selain Pikachu yang pernah diajak berpetualang oleh Ash dua kali. Cerita tentang Charizard menjadi salah satu cerita menarik yang ada di franchise Pokémon. Charizard bukanlah monster yang mudah dilatih, berkat sifatnnya yang sangat pemberontak. Bahkan, bisa dibilang menaklukan Charizard adalah sebuah hal yang mustahil.

Image Source: Pokemon.com

Yang menarik adalah disaat Ash mencoba melatih Charizard, sang Pokémon juga ternyata melatih Ash. Pengalaman melatih Charizard merubah Ash menjadi sosok yang lebih baik, seorang pelatih yang sangat pengertian seperti yang kita kenal sekarang. Charizard adalah Pokémon yang diandalkan oleh Ash ketika situasi mulai buntu dan keputusan Ash tersebut tidaklah salah.