Buat Geeks yang merupakan penggemar seri anime di tahun 1990an, pastinya mengenal salah satu judul anime yang populer di saat itu yaitu Slam Dunk. Seri anime karya Takehiko Inoue ini memperkenalkan karakter eksentrik seperti Hanamichi Sakuragi, seorang remaja SMA yang terobsesi untuk menjadi yang terbaik dalam olahraga bola basket – meskipun awalnya itu bukan olahraga favoritnya.

Seri anime dari Slam Dunk sendiri pertama kali dirilis pada 1993 silam dan selesai pada 1995 dengan jumlah episodenya mencapai 101 episode. Sedangkan manganya sendiri selesai pada 1996 setelah debut pada 1990. Dan kabar gembira muncul pada Kamis siang kemarin, dimana sang kreator mencuitkan informasi bahwa Slam Dunk akan dibuatkan versi layar lebarnya.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Inoue di akun Twitter pribadinya. Selain caption, Inoue juga mengunggah sebuah teaser berupa sketsa tulisan tentang Slam Dunk yang akan dibuatkan filmnya. Karena masih berupa informasi awal, untuk saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan jadwal perilisan filmnya atau informasi mengenai cast dan lain-lain.

Ini akan menjadi yang pertama bagi Slam Dunk untuk kembali muncul ke permukaan, setelah sekian lama tidak terdengar kabarnya. Meskipun ini menjadi kabar gembira bagi sebagian besar Geeks yang tentunya akan bernostalgia dengan Hanamichi, mungkin ada pertanyaan di benak Geeks apakah film adaptasi ini akan dibuat dalam versi live-action atau animasi.

Meskipun bukan hal yang mustahil untuk menghadirkan versi live-action untuk filmnya nanti, namun cerita adaptasi live-action sendiri memiliki catatan rekor yang kurang bagus. Dan Slam Dunk sendiri menurut kabarnya adalah salah satu seri animasi dan manga yang ditentang keras oleh para fans untuk dibuat versi live-actionnya.

Buat Geeks penggemar anime sepertinya bisa bernafas lega, pasalnya sebuah situs khusus untuk film Slam Dunk dan juga sebuah catatan resmi (press release) dari filmnya menyebutkan bahwa film adaptasi ini akan dibuat dalam versi animasi. Studio Toei Animation akan kembali ditunjuk untuk mengerjakan proyek ini. Film ini akan menjadi treatment pertama bagi seri Slam Dunk untuk muncul dalam durasi yang sangat panjang.

Selain jadwal perilisan, informasi mengenai judul filmnya sendiri masih belum diketahui. Serta masih belum diketahui apakah film ini adalah reboot atau sekuel. Dengan statusnya sebagai salah satu seri anime/manga terpopuler sepanjang masa, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Inoue untuk menghadirkan film ini. Namun, melihat kesuksesan film animasi City Hunter pada 2019 lalu yang berhasil menghibur penggemarnya, menjadi sinyal bahwa apa yang dilakukan oleh Slam Dunk ini bisa dilakukan.

Cerita anime Slam Dunk sendiri berhenti saat Shohoku akan bertarung di turnamen Interhigh. Inilah yang kemudian membuat para fans penasaran dengan kelanjutan ceritanya. Apakah filmnya akan melihat kelanjutan cerita Shohoku dan Sakuragi di Interhigh? Apakah film Slam Dunk ini akan sesukses seri animenya? Kita nantikan saja ya Geeks!

Featured image: DBL.ID