Sudah bukan hal aneh jika Shanks menjadi salah satu karakter misterius dalam seri One Piece. Sejak awal penampilannya di seri ini, tidak banyak informasi yang diungkapkan oleh Oda Sensei kepada para fans. Dibandingkan karakter lain, memang Shanks adalah salah satu karakter yang paling sedikit muncul di ceritanya. Meskipun begitu, setiap kehadiran Shanks pasti selalu penuh dengan implikasi.

Sebelum menjadi seorang Yonko yang hebat dan kuat seperti sekarang, Shanks dulunya adalah kru biasa di kelompok bajak laut Gol D. Roger. Shanks sendiri bergabung dengan kelompok Roger sudah cukup lama, bersama dengan Buggy. Yang membuat para fans penasaran mengenai hal ini adalah dimana Roger menemukan atau bertemu dengan Shanks?

Menurut salah satu teori yang berkembang, kemungkinan Roger bertemu dengan Shanks di pulau Lodestar. Di chapter 966 disebutkan bahwa Shanks dan Buggy sudah cukup lama menjadi bagian kru Roger. Kemudian juga Roger dan Rayleigh juga mengatakan bahwa mereka sudah sangat lama tidak memegang bayi atau berinteraksi dengan bayi, saat mereka bertemu dengan Hiyori dan Momonosuke. Hal ini seolah memberikan petunjuk bahwa di kapal Roger dulunya pernah ada seorang bayi.

Di chapter sebelumnya, yaitu chapter 964, ketika Buggy dan Shanks membaca sebuah koran diketahui bahwa usia dari Shanks saat itu adalah sembilan tahun dan dia sudah memiliki topi jerami, yang diduga diberikan oleh Roger. Pertanyaannya kemudian kapan Roger memberikan topi jerami tersebut kepada Shanks? Apakah sejak Shanks pertama kali bergabung dengan kru Roger?

Dalam pertarungan besar di God Valley 38 tahun yang lalu, kita melihat bagaimana Roger sudah tidak lagi menggunakan topi jerami miliknya. Dan 38 tahun yang lalu, Shanks berusia 1 tahun pada saat itu. Artinya ada kemungkinan bahwa sosok bayi yang pernah ada di kapal Roger dulu kemungkinan adalah Shanks. Tapi, dimana kemudian Roger bertemu dengan Shanks?

Bisa jadi Roger bertemu dengan Shanks di pulau Lodestar, seperti yang disebutkan dalam flashback Kozuki Oden bahwa Roger pergi ke pulau Lodestar sekitar 13 tahun yang lalu. Itu artinya tepat 39 tahun yang lalu Roger tiba di pulau Lodestar, dan pada saat itu juga Shanks lahir. Tapi, bukankah Shanks berasal dari West Blue? Bagaimana kemudian dia biasa berada di New Wold?

Itulah yang menjadi “ciri khas” dari Shanks, selalu memunculkan misteri dan teka-teki. Apakah ini alasan mengapa Shanks selalu muncul di tempat yang tidak terduga? Bisa jadi, dan mungkin itulah alasan mengapa Roger mau merawatnya. Mudah-mudahan saja Oda Sensei akan memberikan penjelasan mengenai hal ini ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.