Seri Dragon Ball Heroes adalah salah satu properti dari franchise Dragon Ball yang sangat populer dan ambisius, mengingat serinya menghadirkan banyak sekali transformasi karakter yang sangat unik yang tidak ada di seri utamanya. Buat Geeks yang belum tahu, seri Dragon Ball Heroes sendiri adalah mini seri anime yang khusus dibuat untuk gamenya yang memiliki nama sama.

Salah satu transformasi unik yang ditampilkan di serinya adalah transformasi para Saiyan. Ada lima form Super Saiyan unik yang dimunculkan di seri ini, yang mana kelima form “baru” ini terlihat sangat keren dan menarik untuk dilihat. Apa saja?

Super Saiyan God Xeno Trunks

Xeno Trunks berperan sebagai penjaga atau pelindung di seri ini. Xeno Trunks akan membantu para pemain untuk memperkenalkan berbagai skill bertarung atau pengetahuan dasar tentang kejadian yang terjadi sebelumnya yang mungkin akan menarik minat para pemain disaat Xeno Trunks ini menjelajahi timeline di cerita Dragon Ball Heroes.

Perannya sebagai mentor di seri Dragon Ball Heroes juga diaplikasikan di manganya, dimana dia menjadi mentor bagi Beat, karakter yang diibaratkan sebagai karakter dari para pemain dalam versi arcade gamesnya. Sebagai anggota dari Time Patrol, sudah jadi tugas dari Xeno Trunks untuk memastikan timeline tidak diganggu oleh berbagai villain seperti Mechikabura, Towa dan Mira, yang mencoba merusak lini masa demi rencana jahat mereka.

Dalam pertarungan melawan Mechibaruka dan Fin, Xeno Trunks mendapatkan form Super Saiyan God berkat rekan Saiyannya yang mengorbankan diri dan memberikan kekuatan mereka untuk mengalahkan para villain tersebut untuk selamanya. Banyak reaksi positif yang muncul ketika form ini diperkenalkan. Mereka juga senang bahwa sosok Xeno Trunks ini mirip seperti versi Dragon Ball Super.

Ultra Instinct Goku – Grand Priest Attire

Dalam Universal Conflict saga, para pejuang Xeno dihadapkan dengan seorang musuh yang sangat tangguh bernama Hearts, yang merupakan pemimpin dari Core Area Warriors, sebuah kelompok yang berisi para karakter jahat yang sengaja dibentuk dengan tujuan untuk menghancurkan Zeno. Para Xeno Warriors pun dipaksa sampai batas kekuatan mereka dan berhasil diselamatkan oleh Goku yang kembali dari latihannnya.

Yang menarik, Goku kembali dengan kostum yang sama dengan Grand Priest, matanya berubah menjadi berwarna perak. Goku telah mendapatkan kekuatan Ultra Instinct, kekuatan para dewa. Buat Geeks para fans manga Dragon Ball Super, pasti sudah mengetahui bahwa di manganya Goku mendapatkan form ini dengan cara yang berbeda, dimana Goku berlatih dengan para Angel. Sedangkan dalam cerita Dragon Ball Heroes, Goku berlatih langsung dengan Grand Priest. Meskipun tekniknya ternyata masih belum cukup untuk mengalahkan Hearts, setidaknya Goku berhasil menghancurkan anak buahnya.

Masked Saiyans

Sosok Masked Saiyan yang sangat misterius ini adalah musuh pertama yang muncul dalam seri Dragon Ball Heroes. Dibawah kendali Towa dan Mira, sang Masked Saiyan menghadirkan tantangan yang cukup kuat bahkan untuk Xeno Trunks sekalipun ketika dia berada di form Super Saiyannya. Untungnya, di akhir cerita Xeno Trunks berhasil mengalahkan Masked Saiyan dan melepaskan pengaruh Towa. Ternyata sosok Masked Saiyan tersebut adalah Bardock.

Xeno Trunks dan Xeno Bardock kemudian saling bekerja sama untuk mengalahkan Towa dan Mira. Namun, Masked Saiyan lainnya muncul ketika Towa berhasil menangkap para Saiyan dan mengendalikan mereka – Dark Masked King, Dark Broly, dan Black Masked Saiyan. Dark Masked King sendiri ternyata adalah King Vegeta, sedangkan Black Masked Saiyan adalah Xeno Vegeta.

Xeno Adult Gotenks

Versi dewasa dari Gotenks adalah sesuatu yang mungkin tidak akan pernah kita lihat di seri utama Dragon Ball, sehingga kemunculan Gotenks dalam versi dewasa ini cukup banyak diapresiasi oleh para fans. Dalam seri Dragon Ball GT, Trunks berperan sebagai karakter utama, tapi Goten sendiri menjadi karakter yang terlupakan. Di seri Dragon Ball Super sendiri, Goten dan Trunks belum menunjukan peningkatan kekuatan fisik sejak di akhir seri Dragon Ball Z dan tidak ada sisi dewasa yang ditunjukan dalam ceritanya.

Di seri Heroes inilah kesempatan para fans untuk bisa melihat Gotenks versi dewasa, dimana Xeno Trunks dan Xeno Gotenks bersatu untuk menghadapi Baby Hatchiyack di awal cerita Heroes. Meskipun berhasil mendapatkan kekuatan Super Saiyan dan Super Saiyan 3, Xeno Adult Trunks belum mendapatkan super Saiyan 4.

Form Super Saiyan 4 Baru

Seperti yang disebutkan di atas, seri Dragon Ball Heroes memberikan form Super Saiyan 4 kepada banyak karakter yang muncul di serinya. Hampir semua Saiyan berhasil mendapatkan kekuatan ini seperti Goku, Gohan, Broly, Vegeta, dan bahkan Bardock. Super Saiyan 4 adalah salah satu hal yang banyak disukai para fans dari seri Dragon Ball GT. Form ini merupakan gabungan antara kekuatan Super Saiyan dengan kemampuan kera yang alami ada di tubuh seorang Saiyan.

Selain form Super Saiyan 4 yang “biasa”, seri Heroes juga menambahkan sedikit variasi terhadap form ini yang kemudian disebut sebagai Super Full Power Saiyan 4. Disebut sebagai “Limitbreaker”, kemampuan ini memberikan penggunanya kekuatan yang sangat mengerikan, lebih lincah, lebih tangguh, dan karakternya akan memiliki aura berwarna merah muda yang mirip seperti Super Saiyan Rose milik Goku Black.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.