Chapter terbaru dari seri manga My Hero Academia memperlihatkan sebuah rahasia untuk membuka kekuatan Gigantomachia. Sejak pertama kali diperkenalkan di serinya, monster Gigantomachia sudah menjadi salah satu senjata andalan bagi para villain yang ingin memanfaatkan kekuatannya.

Bukan hanya fakta bahwa All for One sengaja membiarkannya beradai di pegunungan sendirian, tapi juga All For One memaksa Shigaraki dan League of Villains untuk menaklukan Gigantomachia dalam sebuah pertarungan agar sang monster mau menerima Tomura Shigaraki sebagai penerus dari All For One. Peperangan yang terjadi saat ini memperlihatkan kepada kita bagaimana kekuatan sebenarnya dari monster Gigantomachia.

Sebelumnya, Gigantomachia sempat memperlihatkan kemampuannya yang belum pernah ditampilkan ketika dia menghancurkan seluruh kota atas perintah dari Tomura Shigaraki. Namun, di chapter terbaru ini sebuah fakta terungkap bahwa sebenarnya menerima perintah bukan hanya bagian dari kepribadian Gigantomachia, melainkan juga bahwa perintah tersebut adalah cara bagi Gigantomachia untuk bisa menggunakan semua kekuatannya.

Chapter 292 dari serinya menghadirkan cerita setelah Best Jeanist tiba di lokasi pertempuran dan berhasil mengingat Gigantomachia dengan kabel karbon fiber miliknya. League of Villains pun berhasil diikat oleh Best Jeanist. Spinner sendiri berusaha untuk bisa memberikan perintah kepada Gigantomachia untuk membebaskannya karena dia tidak bisa melepaskan kabel tersebut. Tapi, ternyata Gigantomachia tidak mampu menghancurkan kabel tersebut. Spinner kemudian tersadar bahwa Gigantomachia pun memiliki batasan stamina.

Spinner ingat bagaimana Gigantomachia kelelahan semenjak dia berada di sisi Shigaraki. Menyadari bahwa hal tersebut terjadi karena Gigantomachia berhasil menyelesaikan perintah yang diberikan kepadanya, Spinner kemudian menyimpulkan bahwa Gigantomachia bukan tidak bisa mau mengeluarkan kemampuannya, tapi karena memang Gigantomachia tidak bisa mengeluarkan kemampuan aslinya. Hal ini dikarenakan tidak ada perintah kepada Gigantomachia untuk melakukan hal tersebut.

Hal ini kemudian terbukti, saat tidak lama setelah Shigaraki memberikan perintah kepada Gigantomachia untuk menghancurkan kota maka Gigantomachia langsung menuruti perintah tersebut. Melalui perintah tersebut, mata dari Gigantomachia kemudian menyala dengan sangat terang dan kekuatannya semakin berlipat ganda sehingga mampu menghancurkan kabel fiber Best Jeanist.

Berdasarkan pengalaman dari All For One, muncul sebuah spekulasi bahwa memang sang villain sengaja menanamkan kekuatan tersebut kepada Gigantomachia dengan satu syarat utama, yaitu hanya dia atau penerusnya yang bisa memanfaatkan kekuatan Gigantomachia. Namun, kemungkinan lainnya adalah itu merupakan Quirk yang dimiliki oleh Gigantomachia. Bagaimana menurut kalian mengenai hal ini Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.