Ada banyak sekali karakter yang sangat luar biasa dalam cerita Attack On Titan. Beberapa karakter yang populer dari seri ini adalah Eren, Mikasa, Levi, dan Armin. Mereka semua berasal dari kelompok yang sama yaitu Survey Corps. Banyak juga rekan-rekan mereka yang kemudian bergabung dengan cabang militer ini, dan para fans pun sangat sedih ketika mereka tewas.

Seri Attack On Titan selain berfokus pada elemen lainnya dalam cerita, juga berfokus pada kelompok Survey Corps bahkan sejak episode pertama serinya. Para fans pun sudah mencintai kelompok ini sejak lama. Tapi, mungkin sebagian besar dari Geeks masih ada yang belum tahu tentang kelompok ini dan betapa berbahayanya tugas yang harus mereka alami. Berikut adalah berbagai fakta menarik tentang Survey Corps

Terdapat Tiga Cabang Militer di Paradis

Kekuatan militer di Paradis sebenarnya tidak berfokus pada satu titik, melainkan terpecah menjadi tiga cabang. Garrison Regiment berfokus untuk melindungi para penduduk yang ada di dalam tembok sementara Military Police Brigade bekerja untuk melindungi keluarga kerajaan. Karena hanya orang-orang terpilih saja yang bisa bergabung ke Military Police Brigade, sebagian besar orang lebih memilih untuk bergabung dengan Garrison regiment.

Tapi, ketika beberapa tentara yang tidak mengenal rasa takut memiliki keinginan untuk mengeksplor apa yang terjadi di luar tembok maka kemudian dibentuklah cabang militer baru yaitu Survey Corps.  Hanya mereka yang paling berani dan tidak mengenal rasa takut yang bisa bergabung dengan Survey Corps. Hal ini dikarenakan tugas mereka adalah mengalahkan para titan dan merebut kembali wilayah yang dikuasai para titan.

Keluarga Pikales Adalah keluarga Penting di Survey Corps

Ada banyak cerita spin-off yang ditampilkan di manganya, dengan salah satu ceritanya adalah Attack On Titan: Before The Fall. Ini adalah sebuah cerita prekuel yang terjadi 70 tahun sebelum Eren bergabung dengan pihak militer, dan ceritanya senciri berfokus pada kelompok tentara yang berbeda. Para pembaca kemudian diberi penjelasan tentang masa-masa awal Survey Corps.

Dulu, ada dua tentara yang dianggap penting bagi Survey Corps dan mereka berasal dari keluarga yang sama yaitu keluarga Pikale. Jorge Pikale adalah seorang kapten dari Survey Corps, yang kemudian menjadi seorang instruktur. Anaknya, Carlo, kemudian menjadi komandan dari Survey Corps. Dua anggota keluarga Pikales tersebut merupakan sosok penting dalam sejarah Survey Corps, yang sampai saat ini belum banyak dieksplor.

Keith Dulunya Adalah Komandan

Keith juga dulunya adalah komandan dari Survey Corps sebelum banyak dari karakter utama ceritanya bergabung dengan Survey Corps. Keith sangat dekat dengan sosok kedua orang tua Eren. Setelah menemukan Grisha di luar tembok, Keith membawa Grisha menuju Shiganshina dan menolongnya untuk menjadi seorang dokter disana.

Grisha sendiri sangat mengagumi sosok Keith dan adalah sosok yang berhasil meyakini Grisha bahwa dia adalah sosok yang spesial. Namun, seperti yang selalu dikatakan oleh para penduduk bahwa Erwin akan menjadi sosok pemimpin yang lebih baik, Keith pun kemudian mundur dari posisinya dan menjadi instruktur. Dia melatih Eren dan seluruh pasukan 104th Cadet Corps, dan membuat mereka menjadi pasukan yang hebat dan tangguh.

Levi Dianggap Tentara Yang Paling Kuat

Levi merupakan sosok terkuat di seluruh Paradis. Sama seperti kedua Pikales, Levi juga memiliki ceritanya sendiri dalam spin-off Attack On Titan: No Regrets. Tinggal di the Underground, Levi sejak kecil sudah menjadi seorang kriminal. Semua itu dia lakukan demi bertahan hidup setelah pamannya pergi. Erwin kemudian berhasil menemukan Eren dan juga teman-temannya, dan kemudian mereka pun direkrut untuk bergabung dengan Survey Corps. Jika mereka menolak, maka mereka akan dihukum atas kejahatan yang mereka lakukan.

Meskipun pada awalnya Eren sangat membenci Erwin dan berusaha membunuhnya, rasa benci tersebut kemudian berubah setelah dia melihat rekannya tewas dikonsumsi titan. Sejak saat itu, Eren pun menghabisi setiap titan yang ada, demi membalaskan mereka dan semua orang yang merasa kehilangan akibat ulah titan. Eren pun kemudian menjadi seorang kapten dan memiliki pasukannya sendiri yaitu 104th Cadet Corps.

Hubungan Kuat Antar Anggota 104th Cadet Corps

Eren, armin, dan Mikasa bertemu dengan sebagian besar rekan-rekan mereka saat mereka pertama kali latihan sebagai bagian dari Survey Corps. Beberapa tahun sebelum mereka bertarung melawan para titan, anggota dari 104th Cadet Corps sudah menjalin hubungan yang sangat dekat. Ketika serangan titan datang, mereka dipaksa untuk ikut bergabung dalam pertempuran.

Saat pertarungan inilah kemudian seluruh dunia mengetahui tentang kekuatan titan yang dimiliki oleh Eren, yang mana hal itu memberikan semua orang di Parads sebuah harapan yang tidak pernah mereka sangka sebelumnya. Berbagai karakter seperti Jean dan Connie kemudian memutuskan untuk bergabung pasca pertarungan tersebut meskipun sebenarnya, sudah sejak lama mereka berhasrat untuk menjadi bagian dari Military Police Brigade.

Eren dan Mikasa Bertarung Melawan Annie Tapi Tidak Membunuhnya

Satu-satunya anggota dari 104th Cadet Corps yang kemudian bergabung dengan Military Police Brigade adalah Annie. Tapi, keberadaan Annie disana tidak terlalu lama karena kemudian Survey Corps mengetahui bahwa Annie sebenarnya adalah musuh mereka, Female Titan. Dia membunuh banyak sekali anggota Survey Corps, termasuk pasukan Levi.

Eren dan Mikasa kemudian bertarung melawan Annie dan saat itu mereka hampir menang. Tapi, sebelum mereka benar-benar mengalahkan sang Female Titan, Annie menggunakan kemampuan mengerasnya (hardening) untuk mengunci dirinya dalam sebuah kristal yang tidak bisa hancur. Tidak butuh waktu lama bagi Survey Corps untuk kemudian mencari tahu pengkhianat lainnya selain Annie.

Ada Banyak Pengkhianatan Terjadi di Survey Corps

Sang Female Titan ternyata bekerja sama dengan Armored Titan dan Colossal Titan. Eren dan teman-temannya di Survey Corps dibuat terkejut dengan fakta bahwa banyak dari rekan-rekan mereka di Survey Corps nyatanya adalah musuh mereka. Karena mindset yang dimiliki sudah terbagi dua setelah berpura-pura menjadi pasukan Survey Corps, Reiner pun kemudian mengungkapkan fakta sebenarnya tentang siapa dirinya dan juga Bertholdt.

Reiner sendiri berharap bahwa rekan-rekannya bisa memahami mengapa dia dan Bertholdt harus menyamar dan harus mengkhianati Survey Corps. Namun, bukannya mengerti mereka justru saling bertarung satu sama lain, dan hal ini sangat sering terjadi. Reiner dan Bertholdt pun kemudian menjadi antagonis utama di musim kedua dan ketiga seri animenya.

Historia Adalah Sang Putri Paradis

Setelah mengetahui bahwa Colossal Titan yang ada di dalam tembok Paradis ternyata bertugas untuk melindungi mereka, pasukan Survey Corps kemudian menggali lebih dalam lagi mengenai informasi tentang Paradis. Hal ini ternyata memicu peperangan antara mereka dengan pihak Military Police Brigade. Salah satu dari pasukan Survey Corps, Historia, ternyata adalah puteri dari kerajaan Paradis.

Historia bergabung dengan Survey Corps demi menolong teman-temannya dan mengalahkan sang ayah. Historia sendiri pada awalnya tidak mengetahui mengenai hal ini, dan kemudian Historia pun menjadi ratu baru di Paradis dan dianggap sebagai pemimpin yang paling baik dalam 100 tahun. Historia berhasil mengakhiri perang saudara militer dan menghadirkan sebuah perdamaian baru.

Hange Ditunjuk Sebagai Komandan Survey Corps Ketika Erwin Tewas

Salah satu hasil dari perang saudara yang terjadi di Paradis, Survey Corps akhirnya mempelajari bagaimana caranya menyelamatkan cara seseorang dengan mengubahnya menjadi titan. Namun, hal ini hanya bisa dilakukan satu kalu saja. Dalam pertarungan melawan Reiner, Bertholdt, dan beberapa Warriors lainya, Armin dan Erwin hampir saja tewas.

Para pasukan yang lain kemudian berdebat untuk menentukan siapa diantara keduanya yang harus menjadi titan. Levi kemudian memutuskan untuk menyelamatkan Armin dan kemudian Hange pun ditunjuk sebagai pengganti dari Erwin sebagai komandan mereka, karena itulah keinginan Erwin sebelum dia tewas.

Mereka Sangat Ingin Pergi ke Lautan

Sebelum bergabung dengan pihak militer, Armin dan Eren berharap suatu hari nanti mereka bisa berkeliling dunia dan bertemu dengan lautan. Di akhir musim ketiga kemarin, kita melihat bagaimana akhirnya mereka berhasil mewujudkan mimpinya tersebut. Informasi yang didapatkan dari Grisha bahwa musuh sebenarnya dari penduduk Paradis adalah bangsa Marley (dan bukan Titan), Survey Corps kemudian kemudian berpetualang sejauh yang mereka bisa dan mengetahui bahwa musuh mereka ada di sebrang lautan. Para fans tidak sabar untuk melihat apa yang akan terjadi kepada pasukan Survey Corps dalam pertarungan melawan pasukan Marley di musim keempat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.