Geeks mungkin sudah mengenal dengan buah iblis Gura Gura no Mi. Buah iblis ini termasuk dalam jenis Paramecia, bahkan dikatakan sebagai buah iblis Paramecia paling kuat. Yang unik dari buah iblis ini adalah penggunannya bisa menghasilkan getaran atau menciptakan gempa, membuat wilayah sekitarnya atau seluruh pulau berguncang bahkan sampai terbelah sesuai keinginan si pengguna.

Buah iblis ini dulunya dimiliki oleh salah satu Yonko dan juga manusia paling kuat di muka bumi, yaitu Whitebeard. Namun, pasca Whitebeard tewas dalam peristiwa di Marineford buah iblis tersebut kemudian dicuri oleh mantan krunya, Blackbeard. Selain kekuatan fisiknya, dengan buah iblis ini Whitebeard menjadi sosok manusia paling kuat di dunia. Namun, ada beberapa keanehan yang terjadi dengan buah iblis tersebut. Apa saja?

Bencana Besar Bagi Dunia

Gura Gura no Mi sudah dilabeli sebagai buah iblis jenis Paramecia terkuat yang pernah ada di dunia One Piece. Selain karena buah iblis ini dikonsumsi oleh Whitebeard, salah satu bajak laut yang paling mengerikan pada saat itu, buah iblis ini juga memiliki potensi untuk menghancurkan dunia.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Sengoku di chapter 552, dimana Sengoku mengatakan bahwa Whitebeard, dengan buah iblis Gura Gura ini, bisa saja menghancurkan seluruh dunia. Hal ini wajar, karena kemudian kita melihat ketika efek yang terjadi ketika Blackbeard tidak mampu mengendalikan kekuatan buah iblis ini. Di tangan yang salah, buah iblis ini memang berpotensi menghancurkan dunia.

Pedang Bermata Dua

Seperti ungkapan populer mengatakan bahwa dengan kekuatan yang besar pasti selalu ada tanggung jawab yang juga tidak kalah besar. Hal ini juga berlaku kepada buah iblis Gura Gura. Seperti yang disebutkan di atas, jika jatuh ke tangan orang yang salah, potensi untuk buah ini menghancurkan dunia sangatlah besar. Itulah mengapa Whitebeard jarang menggunakan kekuatan ini karena akan mempengaruhi semua yang ada di sekitarnya.

Itu juga alasan mengapa Whitebeard lebih sering menggunakan Murakumogiri miliknya dan juga Haki dalam sebuah pertarungan. Whitebeard sadar bahwa dia bisa saja melukai anak-anaknya. Whitebeard baru menggunakan kemampuan tersebut ketika memang situasi yang memaksanya, misalnya ketika dia sengaja membuat jurang pemisah antara angkatan laut dan anak buahnya agar mereka bisa kabur di saat terakhir sebelum dia tewas.

Mampu Menggetarkan Seluruh Pulau

Whitebeard memiliki kemampuan untuk memanipulasi laut, udara, dan darat untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik dalam sebuah pertarungan. Sekuat-kuatnya buah iblis berjenis Paramecia, level kekuatan Gura Gura sangat berbeda dengan buah Paramecia lainnya. Contohnya ketika di pertarungan Marineford, Whitebeard menggunakan kemampuannya untuk menggetarkan markas angkatan laut tersebut.

Tak ayal, kekuatan tersebut pun dengan mudah membelah daratan dari pulau Marineford yang mana hal tersebut membuat pasukan angkatan laut terpisah. Melihat hal ini, rasanya tidak ada buah iblis Paramecia lain yang mampu berada di level yang sama dengan level kekuatan dari Gura Gura.

Mampu Ditahan Oleh Armament Haki

Meskipun buah iblis Gura Gura adalah buah iblis Paramecia terkuat, nyatanya ada kekuatan yang sanggup untuk menahan kedahsyatan buah iblis ini yang tidak lain adalah Armament Haki. Hal ini diperlihatkan oleh ketiga admiral angkatan laut saat mereka mampu mengeluarkan semacam “perisai” tidak terlihat untuk menahan getaran yang dikeluarkan oleh Whitebeard.

Hanya sekedar memiliki kemampuan Armament Haki memang tidak akan bisa atau sanggup untuk menahan serangan Whitebeard. Maksudnya adalah untuk mereka yang masih berada di level bawah kemampuan Armament Hakinya, maka akan sulit untuk kemudian bisa menahan serangan tersebut. Mengingat seorang admiral adalah sosok yang tangguh maka wajar jika mereka bisa menahan serangan tersebut.

Menjadi Milik Blackbeard

Banyak fans yang terkejut ketika Blackbeard berhasil mencuri kemampuan buah iblis dari Whitebeard, karena selain fans dibuat terkejut buah iblis nyatanya bisa “dicuri” mereka juga terkejut karena Blackbeard bisa memiliki lebih dari satu buah iblis disaat semua orang “normal” di cerita One Piece hanya mampu memiliki satu kemampuan buah iblis saja.

Yang menarik adalah ketika Blackbeard pertama kali menggunakan buah iblis Gura Gura setelah dia berhasil mencurinya dari Whitebeard, Blackbeard langsung mampu menggunakan kekuatan Gura Gura sehingga menimbulkan tsunami besar. Selain itu, yang menarik adalah Blackbeard sudah tahu bagaimana cara menggunakan kekuatan tersebut meskipun belum sempurna.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.