Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, keluarga adalah sebuah aspek penting dalam cerita Attack On Titan. Ada banyak sekali karakter yang berasal dari satu garis keturunan yang sama, alias dengan kata lain mereka adalah satu keluarga. Eren, Grisha, dan Grisha sendiri merupakan bagian dari keluarga Yeager. Zeke, Rod, Frieda, Uri, dan beberapa karakter lainnya berasal dari keluarga Fritz.

Keluarga Ackerman juga termasuk salah satu keluarga terpandang, melihat mereka memiliki tiga sosok penting dalam cerita yaitu Levi, Mikasa, dan Kenny. Namun, dibandingkan Kenny, Mikasa dan Levi adalah dua karakter dari keluarga Ackerman yang paling penting dan populer. Mungkin banyak dari para fans yang belum mengenal tentang keluarga Ackerman. Lalu, apa saja hal menarik dari keluarga ini?

Mengetahui Fakta Sebenarnya Dibalik Tembok

Ketika Karl Fritz menggunakan Colossal Titan untuk membangun tembok Maria, Rose, dan Sina, dia mencoba untuk membuat Paradis hanya bisa ditinggali oleh para penduduk dari Eldian saja. Tapi, pada kenyataanya di Paradis tersebut ada juga ras lain selain Eldians. Ketika Karl Fritz mencoba menghapus seluruh ingatan para penduduk Eldian, yang mana hasilnya adalah mereka melupakan ingatan tentang sejarah dunia dan percaya bahwa para titan sudah membunuh manusia lainnya.

Namun, keluarga dari Ackerman adalah satu-satunya keluarga yang tidak terpengaruh dari sihir Karl Fritz. Mereka menjadi satu-satunya keluarga di Paradis yang mengetahui fakta sebenarnya tentang apa yang terjadi di luar tembok raksasa tersebut. Tentunya bisa dibayangkan bagaimana beban yang harus mereka simpan selama ini merahasiakan kengerian paling dahsyat dalam sejarah.

Manusia Paling Kuat di Paradis

Keluarga Ackerman merupakan keluarga yang paling kuat dalam hal kemampuan fisik di Paradis. Kenny dikenal sebagai pembunuh paling sadis dan kejam di seluruh Paradis, Levi dikenal sebagai pasukan paling kuat di seluruh dunia, dan Mikasa pun memiliki reputasi yang sama dengan Levi. Sumber kekuatan mereka berasal dari sebuah uji coba untuk membuat manusia bisa sekuat para titan, tanpa perlu merubah mereka menjadi titan tersebut. Mereka merupakan penjaga keluarga kerajaan sampai mereka dipersekusi oleh yang lain.

Kenny Membesarkan dan Melatih Levi

Kenny tidak terlalu dengan dekat dengan adik perempuannya dan hanya mengunjunginya sesekali saja. Terakhir kali Kenny mengunjunginya, sang adik diketahui sudah tiada. Sejak saat itu, dia kemudian bertemu dengan Levi, sepupunya, dan kemudian Levi dibesarkan dibawah pengawasan Kenny. Dia mengajarkan Levi bagaimana caranya bertarung dan bertahan hidup di bawah tanah, tempat tinggal Levi pada saat itu, seperti yang dirasakan oleh klan Ackerman lainnya.

Sadar bahwa dia tidak memiliki apapun untuk bisa menjadi ayah dari Levi, Kenny kemudian meninggalkannya setelah dia merasa sudah mengajari semua yang dia ketahui. Tanpa dia ketahui, Kenny justru menciptakan salah satu musuh terkuatnya karena Levi justru menjadi kapten dari tim Survey Corps, musuh dari Anti-Personnel Control Squad.

Keluarga Mikasa Dibunuh Ketika Masih Kecil

Selama beberapa generasi, keluarga Ackerman sudah banyak kehilangan anggota keluarga mereka. Mikasa merupakan anak dari keturunan klan Ackerman dan juga Asian. Klan Asian, sama seperti Ackerman, juga dipersekusi karena tidak setuju dengan Karl Fritz. Menjadi Asian terakhir di Paradis, ibu dari Mikasa kemudian menjadi target dari perdangan manusia. Mereka berencana untuk menjualnya, tapi kemudian membunuhnya setelah dia melawan balik.

Ayah dari Mikasa juga dibunuh. Mereka memutuskan untuk menculik dan menjual Mikasa. Namun, Grisha, teman dari kedua orang tua Mikasa, berhasil menemukan mereka dan anaknya, Eren, kemudian menyelamat Mikasa. Eren membunuh dua pelakunya dan kekuatan Mikasa pun kemudian aktif, membunuh pelaku yang ketiga dan membalas dendam kematian orang tuanya. Mikasa kemudian diadopsi oleh keluarga Grisha dan menemukan keluarga baru.

Perseteruan Awal Mikasa dan Levi

Setelah Eren dan Mikasa bergabung dengan militer, mereka kemudian bertemu dengan Levi. Pada awalnya, Levi dan Mikasa memiliki hubungan yang sangat buruk. Ketika mereka kemudian mengetahui tentang kemampuan Eren untuk menjadi seorang titan, pihak dari Survey Corps pun kemudian menginginkan Eren bergabung dengan mereka.

Eren kemudian bergabung dengan pasukan Levi setelah dia membuktikan bahwa dia memang pantas untuk bisa bekerja sama dengan Eren. Namun, Levi justru membuat Eren merasa tidak nyaman. Melihat hal itu Mikasa menjadi sangat marah terhadap Levi. Sebagai satu-satunya “keluarga” tersisa, Mikasa juga sedih karena Eren harus berpisah dengannya. Namun, yang paling menarik adalah mereka kemudian terkejut ketika mengetahui mereka adalah saudara.

Levi Dan Mikasa Menjadi Dekat

Meskipun Levi dan Mikasa akhirnya mengetahui fakta sebenarnya bahwa mereka adalah saudara, tapi hal itu tidak serta merta membuat mereka menjadi dekat. Satu-satunya hal yang merekatkan hubungan mereka adalah tujuan yang sama yaitu melindungi Eren. Ketika Mikasa sangat ingin melindungi orang yang paling dia cintai, Levi memiliki alasannya sendiri yaitu meyakinkan bahwa Eren baik-baik saja sehingga Survey Corps masih bisa mengandalkan kekuatannya.

Keduanya sering kali menyelamatkan nyawa Eren, dengan aksi pertama adalah menyelamatkan Eren dari Female Titan. Mereka bekerja sama demi menyelamatkan Eren dan masih tetap berada di sisi yang sama sampai saat ini. Keduanya menjadi rekan yang baik di medan pertempuran, dan sekarang mereka bersiap untuk pertempuran terakhir melawan para titan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.