Mengkhianati desa tempat tinggalnya sendiri adalah sebuah hal yang sangat tabu untuk dilakukan oleh para shinobi dalam universe Naruto. Sama halnya seorang samurai di kehidupan nyata, menjadi seorang shinobi di suatu desa artinya dia rela berkorban demi desa tersebut. Para shinobi tersebut adalah ujung tombak dari kekuatan sebuah desa.

Pengkhianatan tentunya adalah sebuah hal yang tidak dapat ditoleransi. Meskipun begitu, nyatanya ada para shinobi yang sudah berkhianat kepada desanya namun memutuskan untuk mengorbankan nyawa demi desa yang dia khianati. Mereka menyadari bahwa apa yang sudah mereka lakukan adalah sebuah kesalahan fatal. Lalu, siapa saja shinobi tersebut?

Oonoki

Fakta bahwa Oonoki adalah otak dibalik semua gerakan pengkhianatan dari Kurotsuchi, Tsuchikage ketiga di desa Iwagakure yang juga adalah cucu dari Oonoki, benar-benar membuat para fans terkejut. Bagaimana tidak, hampir semua fans tidak ada yang menyangka atau menaruh curiga bahwa Oonoki adalah dalang dibalik semuanya mengingat Oonoki tidak memperlihatkan gelagat tersebut.

Naruto Fans Club: Fakta tentang oonokiSemua itu terjadi karena Oonoki awalnya ingin menciptakan sebuah manusia buatan, demi melindungi anak-anak di desa Iwagakure dari serangan musuh. Namun, seperti halnya dalam cerita fiksi ilmiah lain, para manusia buatan tersebut justru melawan balik. Merasa bahwa itu adalah tanggung jawabnya, Oonoki akhirnya harus mengorbankan nyawanya demi menghancurkan apa yang sudah dia ciptakan.

Hotarubi dan Natsuhi

Hotarubi dan Natsuhi adalah pasangan suami istri shinobi dari desa Hoshigakure. Mereka adalah dua orang shinobi tangguh dari desa tersebut, dan dua orang yang berhasil selamat dalam prosesi latihan untuk menyerap kekuatan bintang yang memang menjadi tradisi di desanya. Namun, mereka merasa bahwa tradisi tersebut malah melahirkan banyak korban jiwa akibat efek yang ditimbulkan dari bintang tersebut.

NARUTO-ナルト- - 星影 葬り去られた真実 - TheTVDB.comTidak ingin ada korban jiwa lainnya, kedua shinobi tersebut kemudian mencuri bintang yang menjadi sumber kekuatan desa tersebut. Hoshikage beserta para Anbu sempat berhasil menangkap keduanya, namun mereka dibebaskan karena Hoshikage mengerti alasan mereka berdua. Setelah Hotarubi meninggal akibat efek latihan sebelumnya, Natsuhi kemudian dipengaruhi oleh Akahoshi untuk kembali mencuri bintangnya, yang mana tanpa dia ketahui dia sudah masuk dalam jebakan Akahoshi.

Natsuhi tewas dalam peristiwa tersebut namun, dia kemudian berubah menjadi sosok arwah, berkat air mata sang anak, Sumaru. Dengan sisa-sisa kekuatannya, Natsuhi dalam sosok arwah membantu Naruto untuk mengalahkan Akahoshi. Natsuhi membantu Naruto untuk terbang dan Naruto sendiri berhasil menghancurkan bintang yang jadi rebutan tersebut dengan Rasengan miliknya.

Uchiha Sasuke

Mungkin Geeks merasa heran dengan dimasukannya nama Sasuke dalam daftar ini, karena pada kenyataannya dia belum tewas. Sejak usianya masih kecil, Sasuke sebenarnya tidak ada niatan untuk menjadi seorang shinobi kuat yang melindungi Konoha. Tujuannya adalah menjadi kuat demi bisa membalas dendam kematian keluarganya dan mengalahkan sang kakak.

Top 5 Worst Things Sasuke Has Done - WatchMojo BlogSemua hal dia lakukan, termasuk mau bekerja sama dengan Orochimaru. Semuanya demi bisa membuatnya menjadi kuat. Sasuke pun kemudian pergi dari desa dan menjadi pengkhianat desa Konoha (meskipun tidak menyerang Konoha secara keseluruhan). Sasuke pernah juga mengacaukan pertemuan lima kage dan menyerang para Kage tersebut.

Lalu, dimana pengorbanannya? Setelah fakta sebenarnya tentang Itachi terungkap, Sasuke mulai berubah pikiran. Dia pun ikut bertarung melawan Kaguya di perang dunia shinobi keempat. Dan yang paling baru adalah dia sudah siap untuk mengorbankan nyawanya demi melindungi Konoha dari serangan Isshiki Otsutsuki. Dan ini rasanya cukup untuk bisa memasukan Sasuke dalam daftar.

Obito Uchiha

Jauh sebelum Sasuke dan Itachi menjadi pengkhianat Konoha, Obito Uchiha sudah terlebih dahulu mengkhianati desanya. Namun, sebenarnya alasan Obito mengkhianati desanya sangatlah luas yaitu dia tidak tahan dengan penderitaan yang muncul akibat peperangan yang terjadi pada saat itu. Obito bahkan harus rela kehilangan sosok Rin dan juga orang-orang yang dia cintai lainnya akibat perang.

Naruto talking to Obito about Hokage Path | Obito Remembers Rin | Obito Dies | Eng Dub - YouTubeKetika orang menyangka Obito sudah tewas, sebenarnya Obito masih hidup dan menyusun rencana terstruktur yang sudah sejak lama dibuat. Dia berencana untuk menghabisi seluruh orang yang ada di dunia ini, dan bahkan membuat dunia berada dalam kelumpuhan dengan menggunakan Infinite Tsukuyomi. Namun, pada akhirnya Naruto berhasil membuat Obito sadar akan kesalahannya. Di akhir cerita, Obito rela mengorbankan dirinya untuk mengembalikan semua shinobi yang tewas dan melindungi Naruto dari serangan Kaguya.

Itachi Uchiha

Diantara semua ninja pengkhianat, mungkin Itachi adalah yang paling populer. Kisah tentang pengkhianatan Itachi benar-benar berbekas di hati para fans. Bukan tanpa sebab memang, hal ini dikarenakan bukan hanya Itachi harus tewas secara mengenaskan tapi juga sangat tragis. Itachi sebenarnya adalah sosok yang sangat mencintai kedamaian. Dia rela melakukan apapun untuk mewujudkan perdamaian tersebut.

Naruto: Itachi's Betrayal & Uchiha Backstory ExplainedPuncak dari kecintaannya pada perdamaian adalah dia rela membunuh semua keluarganya, dengan hanya menyisakan sang adik, Sasuke. Dia rela dianggap sebagai seorang pengkhianat desa. Hanya Hiruzen Sarutobi yang mengetahui fakta sebenarnya. Tragisnya, Itachi harus tewas di tangan adiknya sendiri karena menganggap bahwa kakaknya adalah sosok yang jahat. Namun, Sasuke kemudian mengetahui fakta yang sebenarnya sesaat sebelum Itachi tewas.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.