Dalam cerita One Piece, buah iblis merupakan hal yang tidak terpisahkan selain elemen lainnya dalam cerita, seperti Haki. Buah iblis adalah salah satu sumber kekuatan dari sebagian besar karakter. Contoh paling nyata dari hal ini adalah Monkey D. Luffy, yang merupakan karakter protagonist utama dari seri ini. Selain Haki, Luffy memiliki kekuatan buah iblis Gomu Gomu dimana tubuhnya bisa elastis seperti karet.

Namun, ada sebuah hal menarik mengenai buah iblis dimana ternyata ada beberapa buah iblis yang dimiliki oleh salah satu karakter saat ini sebenarnya sempat dimiliki oleh karakter lainnya. Buah iblis tersebut dicuri, diberikan, atau ada yang tidak sengaja mendapatkannya dari orang lain. Dalam cerita One Piece sendiri “berpindah kepemilikan” dari buah iblis merupakan hal yang lazim terjadi. Lalu, buah iblis apa saja yang dimaksud?

Mane Mane no Mi

Mane Mane no Mi adalah buah iblis berjenis Paramecia yang saat ini dimiliki oleh Bon Clay alias Mr.2. Menurut penjelasannya, buah iblis ini bisa menirukan wajah (bahkan tubuh) dari siapapun yang dia sentuh dengan tangan kanannya, dan kemudian dia bisa kembali seperti semula dengan menggunakan lengan kirinya. Sebelum dimiliki oleh Bon Clay, buah iblis ini diketahui dikonsumsi oleh Kurozumi Higurashi.

Higurashi adalah salah satu keluarga Kurozumi yang diperkenalkan saat flashback Kozuki Oden di arc Wanokuni. Buah iblis ini terbukti menjadi faktor penting dalam kekalahan Kozuki Oden, dimana dia tertipu oleh Higurashi yang menyangka bahwa Momonosuke ada di lokasi pertarungannya dengan Kaido. Oden pun kalah dan dieksekusi. Ironisnya, hal tersebut justru membuat Kaido marah kepada Higurashi karena sudah menolongnya. Akibatnya, dia pun dieksekusi dan buah iblisnya kembali seperti semula. Belum diketahui bagaimana Bon Clay mendapatkan buah iblis ini.

Ope Ope no Mi

Ope Ope no Mi disebut sebagai buah iblis paling luar biasa. Bukan tanpa alasan, pengguna buah iblis tersebut diberkahi kelebihan untuk selalu muda meskipun usianya sudah sangat tua. Selain itu, buah iblis ini juga membuat penggunanya bisa melakukan tindakan pembedahan dan menyembuhkan berbagai penyakit meskipun dia tidak tahu jenis penyakitnya, atau berbagai hal yang behubungan dengan medis.

Yang paling populer dari kekuatan buah iblis ini adalah penggunanya bisa melakukan jurus “room”, yaitu menciptakan sebuah ruang terbatas dimana semua yang ada di dalam ruang tersebut bisa dimodifikasi sesuka hati oleh si pengguna buah iblis. Sebelum dikonsumsi oleh Law, buah iblis ini pernah dikonsumsi oleh seorang dokter yang sangat terkenal. Namun, dalam sebuah eksperimen sang dokter harus tewas.

Soru Soru no Mi

Soru Soru no Mi adalah buah iblis bertipe Paramecia, dimana penggunanya bisa mengendalikan dan memanipulasi sebuah jiwa. Awalnya buah iblis ini dimakan oleh Mother Carmel, sosok yang menganggap Big Mom sebagai anaknya, tapi kemampuannya kemudian dipindahkan kepada Big Mom setelah Carmel tewas. Soru Soru no Mi juga bisa dibilang merupakan buah iblis yang sangat mengerikan.

Bagi si pengguna, jiwa menjadi sesuatu yang bisa dipegang sehingga bisa dia manipulasi atau kendalikan dengan sesuka hati. Berkat hal ini, Big Mom bisa memberikan nyawa kepada benda-benda mati, seperti halnya Napoleon yang merupakan pedang andalan Big Mom. Selain kuat, buah iblis ini juga merupakan salah satu buah iblis langka.

Bari Bari no Mi

Bari Bari no Mi merupakan buah iblis bertipe Paramecia yang membuat penggunanya bisa membuat sebuah pelindung (barrier), dan membuatnya menjadi Barrier Human atau manusia pelindung. Bartolomeo adalah karakter yang pertama kali diperlihatkan menggunakan kemampuan ini.

Kekuatan utama dari buah iblis ini adalah penggunanya bisa membuat sebuah pelindung yang tidak terlihat, meskipun kemudian bisa lebih ditebalkan lagi pelindungnya dan membuat pelindung tersebut terlihat, mirip seperti sebuah kaca. Sebelum dimiliki oleh Bartolomeo, buah iblis ini dikonsumsi oleh Kurozumi Semimaru ketika melindungi Orochi dari serangan pedang Oden. Tidak diketahui bagaimana Semumaru tewas dan bagaimana Bartolomeo mendapatkan buah iblis ini.

Gura Gura no Mi

Buah iblis ini termasuk dalam jenis Paramecia, bahkan dikatakan sebagai buah iblis Paramecia paling kuat yang hampir setara dengan jenis Logia. Yang unik dari buah iblis ini adalah penggunannya bisa menghasilkan getaran atau menciptakan gempa, membuat wilayah sekitarnya atau seluruh pulau berguncang bahkan sampai terbelah sesuai keinginan si pengguna.

Kekuatan buah iblis ini sudah diakui sebagai buah iblis paling mengerikan yang bisa saja menghancurkan dunia, dan dianggap sebagai buah iblis paling kuat diantara jenis Paramecia lainnya. Edward Newgate alias Whitebeard dulunya merupakan pengguna buah iblis ini, namun setelah kematiannya Teach kemudian mengambil buah iblis tersebut.

Suke Suke no Mi

Suke Suke no Mi atau Clear-Clear Fruit adalah buah iblis dengan tipe Paramecia. Buah iblis ini memberikan penggunanya kemampuan untuk bisa “menghilang” alias tidak terlihat. Sebelumnya, buah ini dimiliki oleh Absalom yang ada di Thriller bark. Tapi setelah Absalom mati, buah iblis tersebut jatuh ke tangan Shiryu.

Sebenarnya buah iblis ini mungkin tidak terlalu berpengaruh dalam sebuah pertarungan, meskipun bisa saja seseorang melakukan trik yang dilakukan Absalom yaitu menyembunyikan senjatanya tanpa diketahui. Tapi, sama seperti Door- Door Fruit, buah iblis ini juga sangat cocok untuk melakukan infiltrasi.

Mera Mera no Mi

Mera mera no mi merupakan buah iblis berjenis Logia yang pertama kali digunakan oleh Ace. Kemampuan utamanya adalah mengendalikan api. Pemakan dari buah iblis ini akan memiliki kemampuan untuk bisa mengendalikan atau memanipulasi api sesuka hati. Namun, sayangnya Ace harus tewas dalam peristiwa Marineford dan buah iblis inipun jatuh ke tangan Doflamingo.

Mera Mera no Mi kemudian menjadi rebutan semua pihak, khususnya di negara Dressrosa, buah ini menjadi hadiah dari pertarungan antar gladiator. Beruntungnya mera mera no mi akhirnya dimenangkan oleh Sabo, kakak angkat dari Luffy dan Ace yang menjabat sebagai orang nomor dua di pasukan revolusi. Tentunya hal ini sangat di dukung oleh Luffy untuk jadi pengguna mera mera no mi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.