Di kota Gotham, aksi kejahatan menjadi hal biasa yang ditemui setiap hari. Aksi kejahatan itu bisa dilakukan oleh manusia biasa, villain super, atau bahkan sejumlah oknum kepolisian Gotham alias GCPD. Korupsi adalah salah satu bentuk kejahatan yang biasa dilakukan oknum kepolisian Gotham. Bahkan korupsi yang dilakukan mereka telah merajalela. Tapi mengapa sebenarnya begitu banyak polisi korup di kota Gotham? Padahal mereka telah bersumpah untuk melindungi dan mengabdi pada kota Gotham.

Dalam komik Detective Comics #1027, kita diperlihatkan saat GCPD menjadi sebuah kelompok yang hanya mementingkan diri sendiri dan korup. Mulai dari menerima suap, merusak bukti, rasisme, dan bahkan mereka bekerja untuk orang jahat. Itu adalah deretan kejahatan yang malah dilakukan oleh para penegak hukum kota Gotham. Namun ada alasan utama yang membuat mereka pada akhirnya memilih untuk melakukan kejahatan, atau bekerja untuk orang-orang jahat.

Para polisi korup melakukan kejahatan karena kejahatan itu bisa dilakukan di Gotham. Tidak ada rasa takut bagi mereka, karena mereka lah penegak hukum, dan tidak kelompok lain yang berwenang untuk menangkap mereka. Di Gotham, semua kejahatan yang dilakukan sudah menjadi hal normal. Karena sudah menjadi hal yang normal, ketika polisi korup bertemu dengan polisi baik seperti Jim Gordon, mereka justru akan sinis. Bahkan biasanya polisi jahat siap melawan balik polisi baik. Apalagi para polisi korup mendapat bantuan dari villain.

Pada akhirnya, polisi yang baik adalah harapan terakhir bagi kota Gotham. Gotham mungkin memiliki Batman, tetapi Gotham tidak bisa mengandalkan Batman untuk melindungi semua hal yang terjadi. Selain Jim Gordon, Gotham masih memiliki beberapa orang baik seperti Harvey Bullock, dan Renee Montoya. Tentunya mereka adalah satu-satunya harapan untuk membawa kembali keadilan di kota Gotham.

Batman sendiri hanya berkeliaran ketika matahari terbenam untuk menghadapi level ancaman yang jauh lebih besar. Tentu ia tidak akan menangkap satu persatu polisi korup di Gotham karena jumlahnya sangat banyak. Mungkin Batman akan lebih tepat jika harus menghabisi dalang kriminal besar di kota Gotham, dan bukan mengurusi hal-hal kecil yang dilakukan oleh para polisi korup tersebut.