Serial The Mandalorian telah memberi pesan bahwa karakter yang dimainkan oleh Pedro Pascal sebagai Mando alias Din Djarin sebenarnya bukanlah seorang Mandalorian sejati. Setelah menambahkan tiga orang Mandalorian lagi ke dalam ceritanya, serial Disney + ini lalu mengungkapkan perbedaan antara Mando, dengan mereka yang mengikuti keyakinan sebagai Mandalorian.

Selepas ditugaskan dengan misi penting membawa Baby Yoda ke Jedi, Mando berangkat untuk mencari lebih banyak orang Mandalorian, dan ia percaya bahwa anggota dari kelompoknya sendiri akan dapat mengarahkannya ke arah yang benar. Ketika ia berada di Planet Tatooine, ia menemukan sebuah baju zirah Mandalorian yang sudah ditinggalkan. Di saat itu juga, Mando berada di jalur yang benar ketika dia bertemu dengan Frog Lady, yang suaminya diduga telah melihat beberapa orang Mandalorian.

Karena ingin mendapatkan informasi yang dibutuhkannya, Mando lalu mengantar Frog Lady ke Trask. Di tempat tersebut, ia kemudian bertemu dengan tiga orang Mandalorian lainnya yang bernama Bo-Katan Kryze, Koska Reeves, dan Axes Woves. Melalui informasi dari Bo-Katan pulalah, Mando mengetahui lokasi seorang Jedi bernama Ahsoka Tano.

Percakapan pertama Mando dengan Bo-Katan, dan teman-temannya membuat karakter tersebut belajar lebih banyak tentang tempatnya dalam budaya Mandalorian. Setelah melihat mereka melepaskan helmnya, dia sampai pada kesimpulan bahwa mereka bukanlah Mandalorian asli, tetapi Bo-Katan mengungkapkan bahwa justru Mando bukanlah Mandalorian yang sebenarnya. Bo-Katan menyebutnya sebagai anggota dari Children of the Watch, dan menjelaskan bahwa Mando sepertinya menjadi bagian dari orang-orang yang memisahkan diri dari masyarakat Mandalorian karena keinginan mereka untuk kembali ke cara lama di Mandalore.

Penjelasan ini masuk akal, mengingat karakter seperti Bo-Katan rela melepas helm mereka di Star Wars: The Clone Wars. Mereka tidak mengikuti aturan ketat yang sama seperti yang dilakukan Din Djarin dalam The Mandalorian, yang menyebabkan banyak orang bertanya-tanya mengapa itu terjadi. Itu karena masyarakat Mandalorian dulu sebenarnya beranjak dari kepercayaan lama mereka, dan nampaknya sekarang kelompok-kelompok Mandalorian yang sudah lama tersebut telah memisahkan diri.

Perlu dicatat juga, bahwa meskipun serial Disney + ini mengakui jika karakter Din Djarin bukanlah seorang Mandalorian sebenarnya, tapi hal itu belum diakui oleh Mando sendiri. Mando menolak anggapan ini, yang diperjelas oleh reaksinya terhadap pelajaran sejarah Bo-Katan. Bahkan setelah mendengar kata-katanya, Mando terbang menjauh, jelas karena dia percaya bahwa Bo-Katan bersama kedua temannya adalah orang yang dia cari selama ini. Karena kepercayaan yang telah ditanamkan padanya oleh orang-orang di Tribe, Mando tidak bisa mengenali mereka sebagai bagian dari Mandalorian, meski mereka telah melepaskan helmnya, dan menampakan wajahnya. Menurut Din Djarin, mereka yang masih tetap mengikuti “the way” merupakan seorang Mandalorian sejati.