Penulis dan produser Scream 5, Kevin Williamson, baru-baru ini mengungkapkan bahwa film Scream teranyar tidak akan mengikuti gaya film meta-horor yang sudah dijalankan oleh franchise Scream selama beberapa tahun kebelakang. Film Scream sendiri dimulai pada tahun 1996, dan digarap oleh sutadara horor ikonik, Wes Craven, yang berhasil membawa kebangkitan genre slasher. Sejak saat itu, waralaba Scream dikenal lewat gaya meta-horornya, dimana genre horor digunakan secara lucu bersama dengan adegan penuh darah.

Scream 4 adalah film terakhir yang digarap oleh Craven sebelum dirinya meninggal di tahun 2015 lalu. rencana untuk membuat sekuel baru pun sedikit pupus, hingga akhirnya di tahun 2019 Spyglass Media Group memperoleh hak pembuatan film Scream, dan menjalankan proyek tersebut. Scream 5 saat ini sedang diproduksi di Willmington, North Carolina, Amerika.

Williamson mengatakan jika eleman meta-horor akan absen karena sudah dilakukan berulang kali dalam semua film Scream. Sebaliknya, Williamson meyakinkan semua orang bahwa dirinya, para pemain, kru, hingga sutradaranya, Matt Bettinelli-Olpin dan Tyler Gillett, akan membawa waralaba Scream ke arah yang baru, dan menyegarkan untuk menghormati warisan Craven.

Dengan hadirnya konsep baru tersebut tentunya membuat Scream 5 akan mengusung cerita yang lebih menarik lagi. Meski tanpa adanya elemen meta-horor, film teranyar dari Scream ini dirasa masih tetap memberikan efek kejutan yang menegangkan. Scream 5 rencananya dijadwalkan tayang pada 2021, kita tunggu saja ya Geeks untuk rilis perdananya!