Serial TV Viking banyak mengambil referensi ke mitologi Norse, dan menghadirkan sosok Odin sebagai Allfather beberapa kali dengan berbagai macam rupa. Serial ini diterima baik oleh para kritikus, dan penonton sehingga bisa berjalan sampai 6 musim lamanya.

Cerita Viking pada awalnya akan mengikuti Ragnar Lothbrok dalam melakukan pengembaraan bersama saudara-saudaranya dari serangan Lindisfarne. Seiring berjalannya waktu, cerita lalu berfokus pada putra-putra Ragnar (Bjorn, Ubbe, Hvitserk, Sigurd, dan Ivar). Mereka kemudian menjadi protagonist di serial ini setelah kematian Ragnar di musim ke-4. Di tengah perang, pengkhianatan, dan konflik lainnya, Viking menampilkan Odin, Sang Allfather yang kehadirannya telah diwakili dengan cara yang berbeda.

Odin adalah dewa terkemuka dalam sejarah Eropa Utara dan dikaitkan dengan kebijaksanaan, kematian, perang, kemenangan, dan banyak lagi. Odin sering digambarkan sebagai pria bermata satu dengan janggut panjang, membawa tombak bernama Gungnir, dan mengenakan jubah bertopi lebar. Dia sering ditemani oleh hewan yang menjadi sahabatnya: serigala Geri dan Freki, serta burung gagak Huginn dan Munnin, yang membawakannya informasi dari Midgard (Bumi).

Sang Allfather juga dikatakan memiliki banyak putra, di antara mereka Thor, dan dikenal dengan ratusan nama. Salah satu karakter di Viking, seperti Ragnar dan Floki, adalah penganut setia Odin dan dewa lainnya. Kemunculan Dewa Odin memang telah diwakili beberapa kali, sebagian besar melalui gagak, tetapi Allfather sendiri juga muncul beberapa kali lewat sosok yang berbeda-beda. Dalam penampilan perdana di episode pertama serial ini, Odin telah diperankan oleh Eddie Drew dan Andre Eriksen. Ragnar lalu melihatnya, dan para valkyrie memilih prajurit terbaik untuk dibawa ke Valhalla.

Sementara itu, karakter lain bernama Harbard diyakini sebagai sosok Odin yang sedang menyamar setelah kedatangannya yang misterius di Kattegat. Harbard dikenal sebagai “sang pengembara”. Kehadirannya diumumkan melalui mimpi dari Aslaug, Siggy, dan Helga. Harbard merupakan satu-satunya yang mampu meredakan rasa sakit Ivar muda hanya dengan menyentuh dan berbicara dengannya.

Selain itu, Harbard juga muncul ketika Siggy menyelam di kolam beku untuk menyelamatkan Ubbe dan Hvitserk. Karena kedatangannya yang tiba-tiba dan latar belakangnya yang misterius, karakter di Viking lainnya yang bernama Floki percaya bahwa dia adalah Odin. Salah seorang pembuat kapal di serial ini bahkan mengatakan bahwa “Harbard” adalah nama lain dari Allfather.

Bukan hanya itu saja, Ragnar Lothbrok sendiri mengaku sebagai keturunan Odin yang didukung oleh kehadiran Allfather yang secara konstan berada di sekitarnya melalui burung gagak. Ragnar mungkin saja representasi dari sosok Odin, karena dia menjabat sebagai raja untuk beberapa waktu, dan Odin diyakini sebagai seorang raja yang menjadi Dewa ketika dia meninggal.

Dengan perspektif cerita seperti itu, serial Viking memiliki tiga representasi berbeda yang mengambarkan wujud Dewa Norse Odin. Wujud pertama terlihat seperti manusia pada umumnya, yang kedua ia sebagai dewa yang menyamar untuk mengunjungi Midgard, dan yang terakhir sosoknya diwakili oleh seorang prajurit Viking.