Broly adalah seorang karakter yang unik dalam dunia Dragon Ball, mengingat dia adalah sosok yang pernah dibuat di era 1990an namun kembali hadir di era modern ini setelah “absen” sekian lama. Broly memiliki penampilan yang mengerikan dengan badan kekar besar penuh otot – bahkan badan Broly lebih besar dari Goku – dipadukan dengan rambut berwarna hijau.

Namun, dalam buku panduan Dragon Ball, Daizenshuu, diperlihatkan bahwa sebenarnya dalam konsep awal untuk Broly dia memiliki ekor di bagian belakang. Pihak staff produksi sepertinya tidak terlalu menyukai konsep tersebut sehingga akhirnya konsep tersebut tidak terpakai. Kita tidak pernah disuguhkan Broly dengan ekor panjangnya, sampai pada cerita Dragon Ball Xenoverse, dimana dalam ceritanya Bardock menggunakan Power Ball milik Vegeta untuk berubah ke form Great Ape.

Bardock kemudian menghancurkan Power Ball tersebut demi mencegah Broly melakukan hal yang sama. Namun, Broly mengaku bahwa selama ini dia menyimpan ekor Saiyan miliknya. Jadi, apakah artinya ekor Saiyan tersebut memiliki peran besar terhadap kekuatan Broly, atau sebenarnya itu hanyalah sebuah tambahan “eksklusif” yang dilakukan oleh pihak pengembang gamenya terhadap karakter Broly?

Menjawab pertanyaan tersebut memang tidaklah mudah, tapi bisa jadi ada penjelasan mengapa kita tidak pernah melihat ekor dari Broly sampai saat ini. Dalam budaya Saiyan, sudah menjadi hal yang umum bagi para petarung mereka untuk melipat ekor panjang mereka ke bagian pinggang, layaknya sebuah tali atau sabuk. Hal ini dilakukan semata-mata untuk mencegah ekor tersebut dipegang atau diraih oleh musuh.

Ketika ekor seorang Saiyan berhasil dipegang oleh musuh dalam sebuah pertarungan, maka hal itu akan membuat mereka menjadi tidak berdaya. Hal ini dikarenakan para Saiyan tersebut akan merasakan rasa sakit yang sangat luar biasa, seperti halnya para hewan yang memiliki ekor yang akan merasa kesakitan ketika terinjak.

Ada kemungkinan juga bahwa ketika Broly bertarung melawan Goku, dia masih menyimpan ekornya – hanya saja kita tidak bisa melihatnya. Kemungkinan dia mengikatkannya ke bagian pinggang dan tersembunyi dibawah bagian atas celananya. Jika kita melihat celana yang digunakan Broly, di bagian atasnya, terdapat sebuah bagian yang tersimpang di atas sabuk emasnya; sebuah bagian yang terlihat seperti tali yang melingkar. Bisa jadi inilah cara Broly menyembunyikan ekornya.

Bio-Broly, hasil kloning dari Broly yang asli, juga memiliki ekor ketika dia berubah menjadi dewasa, yang mana teori di atas juga berlaku kepada Bio-Broly. Pertanyaannya kemudian jika dia memang memiliki ekor, apakah ekor tersebut memiliki pengaruh terhadap kekuatan Broly? Jawabannya, ya dan tidak. Ketika Broly lahir, dia sudah memiliki kemampuan yang sangat dahsyat. Kekuatannya sudah melebihi para Saiyan yang lain. Level kekuatan Broly saat lahir sudah berada di angka 10.000.

Sama seperti para bayi Saiyan lainnya, Broly lahir dengan ekor yang menempel di tubuhnya, sehingga rasanya tidak mungkin jika ekornya memiliki peran besar dalam membentuk kekuatan Broly. Tapi, di sisi lain, ekor ini juga sebenarnya bisa memberikan pengaruh. Mengkombinasikan form Great Ape, level kekuatan miliknya, dan juga ketidakstabilan mental yang dimiliki Broly, Broly sebagai Great Ape bisa menghasilkan kehancuran yang sangat sulit untuk dibayangkan.

Siapa dan Mengapa Broly Membenci Goku? | GreensceneUntuk bisa mengalahkan Broly, Goku membutuhkan bantuan dari beberapa orang seperti Goten dan Gohan. Dengan menggabungkan kekuatan mereka, Broly akhirnya berhasil dikirim ke matahari. Dalam game Xenoverse, butuh kombinasi kekuatan dari Great Ape Bardock, the Future Warrior, dan juga Vegeta dari era Freiza untuk bisa mengalahkan Broly. Jika kemudian Broly diberi kesempatan untuk berubah ke form Great Ape, maka rasanya akan sulit untuk bisa menghentikannya.

Broly juga memiliki kekuatan yang melebihi form Great Ape ketika dia masih bayi. Kekuatannya terus tumbuh dengan begitu cepat, bahkan lebih cepat dari siapapun. Dalam manga Dragon Ball Heroes: Victory Mission, Broly berhasil mencapai Super Saiyan 4, yang artinya dia juga sudah berhasil mencapai form Great Ape. Dan kembali, butuh usaha sangat ekstra untuk bisa mengalahkan Broly.

Jadi, kesimpulannya adalah ekor yang ada di tubuh Broly sepertinya memang menambahkan level destruktif yang dimiliki oleh Broly, dibandingkan dengan peningkatan level kekuatan (Power Level). Karena kita hanya melihat form Great Ape Broly di cerita Dragon Ball non-canon, artinya kita tidak tahu sampai sejauh mana kekuatan sebenarnya dari Broly. Tapi, karena semua Saiyan lahir dengan ekor di tubuh mereka, rasanya tidak mungkin jika ekor di tubuh Broly menambahkan kekuatan yang dia miliki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.