Para fans Marvel Cinematic Universe saat ini sedang menantikan berbagai kabar yang terkait dengan berbagai TV series yang menjadi bagian dari Phase 4, salah satunya adalah Hawkeye. Sampai saat ini, kita masih belum mengetahui siapa yang akan berperan sebagai Kate Bishop. Padahal, kabar mengenai siapa yang kemudian akan berperan sebagai She-Hulk dan Moon Knight sudah diketahui.

Meskipun masih sangat sepi pemberitaan, namun terdapat beberapa kabar detail minor yang berkembang di kalangan pada fans, salah satunya adalah kemungkinan cerita yang muncul di seriesnya. Berdasarkan laporan dari Murphy’s Multiverse, dalam bocoran berkas casting (casting sheet) yang beredar di jagat maya, diketahui bahwa akan ada banyak side character yang akan ikut bergabung dalam proses produksi.

Hawkeye Is Deaf In The Comics And SHOULD Be In The MCU As Well!Namun, ada sebuah hal menarik yang muncul untuk cerita seriesnya. Dalam berkas casting tersebut, Marvel mencari seorang ahli pendengaran asal Tiongkok yang berusia 40-50 tahun. Dalam cerita komik Hawkeye #4 yang ditulis oleh Mark Gruenwald, Clint Barton diperlihatkan mengalami gangguan pada salah satu organ pendengarannya setelah dia menggunakan kepala anak panah yang menghasilkan suara berfrekuensi tinggi (sonic arrowhead) saat menghadapi Crossfire.

Akibat peristiwa tersebut, Clint harus kehilangan pendengarannya. Deskripsi bahwa Clint Barton memiliki gangguan pendengaran juga dihadirkan kembali dalam komik Hawkeye terbaru yang ditulis oleh Matt Friction, yang mana komik ini menjadi inspirasi bagi series Hawkeye. Sejauh ini, Hawkeye versi MCU sepertinya belum memperlihatkan bagaimana Clint mengalami gangguan ini. Namun, di seriesnya nanti kemungkinan akan berubah.

Bisa jadi di seriesnya nanti Clint akan diperlihatkan melakukan hal yang sama seperti di komiknya dan akibat dari peristiwa tersebut akan memaksanya untuk pergi ke seorang ahli pendengaran. Dan sosok ahli pendengaran atau audiologist tersebut bisa jadi juga adalah sosok yang pernah merawat masalah pendengaran dari Echo, salah satu karakter pahlawan Marvel yang memiliki gangguan pendengaran sejak kecil.

Jika kabar ini benar, tentunya akan sangat menarik melihat bagaimana kabar terbaru dari Clint dan juga melihat berbagai hal yang terjadi dalam hidup Clint. Namun, yang sekarang menjadi pertanyaan adalah bagaimana Clint akan kehilangan pendengarannya. Apakah sebenarnya Clint sudah kehilangan pendengarannya sejak peristiwa di New York? Ataukah kita akan disuguhkan karakter baru di seriesnya yang akan membuat Clint kehilangan pendengaran? Kita nantikan saja ya Geeks perkembangan kabarnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.