Para fans One Piece pasti tahu dan sadar bahwa cerita di seri ini bersetting di lautan, yang mana laut menjadi medan pertempuran yang sangat ganas. Dengan kondisi geografis yang sebagian besar adalah lautan, pulau-pulau adalah satu-satunya wilayah daratan bagi sebagian penduduk dunia. Namun, dengan tema bajak laut kapal yang mereka gunakan menjadi transportasi utama dalam setiap petualangan.

Selain menjadi sebuah alat transportasi, kapal merupakan sebuah benteng berjalan dan juga senjata mereka untuk menghadapi musuh di di lautan. Desain-desain kapal yang muncul di cerita One Piece memang sangat beragam, namun diantara sekian banyak desain tersebut tentunya ada yang paling mencolok, khususnya yang jauh lebih sangar dibandingkan Sunny. Lalu, kapal apa saja yang jauh lebih mengerikan dibanding Sunny?

Perfume Yuda, Kapal Bajak Laut Kuja

Kapal bajak laut suku Kuja – penghuni pulau Amazon Lilly – adalah salah satu kapal perang yang sangat unik. Kapal ini merupakan salah satu kapal yang berhasil melintasi Calm Belt – sebuah wilayah yang tidak terdapat angin dan berisi monster raksasa – dengan sangat mudah. Keunikan kapal ini terletak pada hiasan dan ukiran berupa dua sosok ular di kedua sisi kapal.

Kedua ular tersebut – yang diketahui merupakan spesies yuda – secara visual mampu menarik perhatian banyak orang. Dengan adanya ukiran atau ornament ini, rasanya akan sangat mengintimidasi lawannya dengan penampilan yang mengerikan. Kapal ini sering kali digunakan oleh Hebihime atau sang ratu ular, sekaligus penguasa Amazon Lilly, Boa Hancock.

Island Ship, Kelompok Bajak Laut Golden Lion

Nama kapalnya adalah Island Ship atau kapal pulau. Dan kapal ini memang benar-benar secara harfiah adalah sebuah pulau yang terbang dan berbentuk seperti kapal laut. Kapal ini milik dari kelompok bajak laut Golden Lion yang dipimpin oleh salah satu bajak laut legendaris, Shiki. Sebenarnya, yang membuat kapal ini bisa terbang adalah berkat kemampuan Fuwa Fuwa no Mi milik Shiki.

Buah iblis tersebut mampu membuat apapun benda yang disentuh memiliki daya gravitasi yang rendah, sehingga bisa mengapung. Selain bisa mengapung di udara, kapal ini juga bisa berjalan di atas air yang mana membuat kapal ini menjadi fleksibel. Dengan material kapal yang benar-benar berbeda, dan juga hiasan kepala singa emas di bagian ujung kapal, membuuat Island Ship menjadi kapal bajak laut yang unik sekaligus mengerikan jika dibandingkan Sunny.

Moby Dick, Kelompok Bajak Laut Whitebeard

Mungkin semua fans sudah mengenal kapal bajak laut legendaris Moby Dick, kapal milik kelompok Whitebeard. Kapal ini sangat populer, sama seperti sang kapten. Sebenarnya, dari segi desain kapal, tidak ada hal yang mengerikan dari Moby Dick. Bentuknya sama seperti kapal bajak laut yang sering kita lihat di film-film atau yang lainnya. Namun, ada beberapa hal menarik dari kapal ini.

Moby Dick sendiri memiliki desain yang mirip seperti mulut paus di bagian depannya. Dan nama Moby Dick sendiri kemungkinan diadaptasi oleh Oda Sensei dari sebuah novel legendaris dengan judul yang sama, yang berkisah tentang seekor paus raksasa. Uniknya, di dalam kapal Moby Dick terdapat sebuah miniatur atau tiruan dari Moby Dick yang asli, yang sempat digunakan di perang puncak Marineford.

Queen Mama Chanter, Kelompok Bajak Laut Big Mom

Sama seperti Moby Dick dan Island Ship, ukuran dari kapal bajak laut Queen Mama Chanter benar-benar sangat masif. Mungkin ukurannya adalah 100 kali lebih besar dari Thousand Sunny. Dan seperti biasa, kapal dari seorang Yonko pasti sangat unik dan dalam hal ini Queen Mama Chanter memiliki keunikan dari segi visual. Kapalnya dipenuhi oleh ornament kue dan makanan manis.

Hal tersebut seolah ingin menunjukan jati diri si pemilk, yaitu Big Mom, seorang Yonko yang memang sangat menggemari makanan manis. Bukan hanya bagian luarnya yang menarik, bagian dalam kapalnya juga sangat menarik. Semuanya benar-benar sangat menggambarkan sosok Big Mom.

Thriller Bark, Bajak Laut Thriller Bark

Kapal Thriller Bark diambil dari nama kelompok bajak laut pemilik kapalnya. Thriller Bark merupakan sebuah kapal bajak laut yang berbentuk bundar, dan merupakan sebuah pulau yang kemudian disulap menjadi sebuah kapal bajak laut. Gecko Moria adalah orang yang melakukan semua itu. Dengan sosoknya yang sangat besar, wajar jika kemudian Moria membuat penduduk di wilayah tersebut terlihat sangat kecil.

Pasca kekalahan dari kelompok Topi Jerami, Moria dan seluruh krunya kemudian memutuskan untuk meninggalkan kapal miliknya ini. Namun, kemudian dia diperlihatkan berhasil kembali mendapatkan kapalnya saat pertarungan melawan Blackbeard.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.