Pertarungan melawan Isshiki Otsutsuki terbukti menjadi sebuah pertarungan yang sulit untuk Sasuke Uchiha maupun untuk Naruto Uzumaki, terlepas dari kemampuan mereka saat ini yang sudah berada di level tertinggi. Saat Isshiki belum muncul secara sempurna, sebenarnya dia pun mampu menghadapi Sasuke dan Naruto dengan sangat mudah meskipun kedua shinobi ini menggunakan kemampuan terhebat mereka.

Menyadari hal ini, Sasuke kemudian meminta bantuan kepada Boruto, yang merupakan wadah bagi Momoshiki Otsutsuki sebelum pertarungan dimulai. Meskipun ada Boruto dalam pertarungan tersebut, nyatanya hal itu tidak berarti banyak. Isshiki memang tidak akan membunuh Boruto karena dia akan menjadi “umpan” bagi Juubi.

Dengan kesulitan yang mereka hadapi saat ini, banyak penggemar yang kemudian menduga-duga bahwa ada salah satu dari dua shinobi akan tewas. Bisa jadi adalah Naruto atau Sasuke. Jika Naruto tewas, maka kemampuan miliknya akan menjadi milik Boruto. Namun, ada skenario lainnya yang juga banyak didiskusikan oleh para fans, dimana Naruto masih tetap hidup dan menjadi seorang Rikkudo Sennin dan Sasuke yang akan tewas.

Naruto Gets A New Nine Tails Transformation (But At A High Cost)Dengan asumsi bahwa Sasuke yang akan tewas, seluruh kemampuan Sasuke kemungkinan besar akan diberikan kepada sahabatnya, Naruto. Pertanyaannya kemudian apa yang kira-kira akan terjadi jika Naruto kemudian memiliki kekuatan Sasuke, khususnya doujutsu Rinnegan? Jawabannya adalah Naruto akan berubah menjadi seorang Rikkudo Sennin, seperti halnya Hagoromo Otsutsuki.

Naruto sebenarnya bisa menjadi seorang Rikkudo Sennin dengan bantuan Rinnegan milik Sasuke dan juga chakra dari seluruh sembilan monster bijuu. Namun, mode Rikkudo Naruto kemungkinan akan berbeda dengan versi Madara ataupun Obito. Hal ini dikarenakan Madara ataupun Obito merupakan jinchuriki dari juubi, sedangkan Hagoromo adalah jinchuuriki dari sembilan bijuu yang ada.

Dalam perang besar ninja keempat, Naruto memiliki akses terhadap semua chakra bijuu yang ada, yang artinya peluang Naruto menjadi Rikkudo Sennin seperti Hagoromo lumayan besar. Namun, untuk saat ini kemampuan chakra sembilan bijuunya sudah cukup menipis. Meskipun begitu, dengan kemampuan yang dia miliki, bukan tidak mungkin Naruto akan kembali meminta “izin” kepada para bijuu tersebut untuk memberikan sebagian chakra mereka.

Jika kedua kekuatan tersebut digabungkan, maka kekutan penuh Rikkudo Sennin akan terbentuk. Dalam hal ini, Naruto sudah memiliki kemampuan Rikkudo sebagai perwujudan dari sosok Asura, dan yang dia butuhkan adalah kemampuan dari Indra yang ada di dalam diri Sasuke. Dengan skenario bahwa Sasuke akan tewas dalam pertarungan melawan Isshiki, Sasuke mungkin tidak akan ragu memberikan Rinnegan kepada Naruto dan proses perubahan menjadi Rikkudo Sennin pun akan sempurna.

Namun, ada beberapa masalah besar yang berkaitan teori ini. Pertama, chakra Indra dan Asura diantara Naruto dan Sasuke sepertinya sudah menghilang. Hal ini dikarenakan keduanya sudah tidak lagi saling bersaing. Pertarungan terakhir mereka terjadi pasca perang besar ninja keempat. Dan mereka harus kehilangan lengan mereka. Jadi, Sasuke perlu mencari cara lain untuk mengaktifkan mode Rikkudo karena chakra Indra dan Asura sudah tidak ada lagi.

Isshiki kemudian akan pergi mencari keberadaan Kawaki dengan menggunakan jutsu teleportasi ruang dan waktu. Hal ini tentunya akan cukup memberikan kesulitan bagi ketiga shinobi, karena Boruto membutuhkan Karma Isshiki untuk bisa membuka portal menuju dimensi lain, seperti yang dia lakukan di awal pertarungan.

Dengan Naruto dan yang lain tidak bisa mengejar Isshiki, hal ini cukup memberikan waktu bagi Isshiki untuk mencari dan menangkap Kawaki. Bahkan, mungkin Kawaki sendiri yang akan menyerahkan diri kepada Isshiki. Kita nantikan saja ya Geeks, apa yang kira-kira akan dilakukan oleh Naruto dan Sasuke untuk mengalahkan Isshiki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.