Meskipun sebagian besar memfavoritkan sosok Luffy, tidak sedikit juga para fans One Piece yang sangat mengidolakan sosok Zoro. Dengan kemampuan yang dahsyat dan juga karakternya yang keren, wajar memang jika Zoro memiliki banyak penggemar. Zoro mungkin memang bukan kapten, tapi terkadang Zoro adalah sosok yang bisa diandalkan untuk membuat Luffy bisa berada di jalur yang benar.

Saat ini, Luffy dan Zoro serta kru Topi Jerami lainnya sedang berada di Wanokuni untuk bertarung dan mengalahkan Kaido beserta krunya. Kaido bukanlah bajak laut sembarangan. Dia adalah salah satu kaisar lautan alias Yonko. Dengan lawan yang sangat kuat dan akan sulit untuk ditaklukan, banyak yang kemudian memberikan ekspektasi tinggi terhadap kru Topi Jerami, khususnya Zoro.

Mengapa harus Zoro? Bukan berarti Luffy tidak akan ambil bagian dalam momen kali ini. Hanya saja di arc ini giliran Zoro yang akan bersinar. Arc Wanokuni disebut-sebut sebagai arc milik Zoro. Dengan banyaknya petunjuk yang mengarahkan kepada masa lalu Zoro, membuat para fans berpikir bahwa memang arc Wano disiapkan oleh Oda Sensei untuk menjadi tempat bagi Zoro.

Adegan Pertarungan Zoro di One Piece 892 Sorot Perhatian - ShowBiz Liputan6.comLagipula, di sisi lain, sejauh ini kita masih belum melihat bagaimana kekuatan Zoro yang sebenarnya pasca time-skip selama dua tahun. Banyak yang meyakini bahwa Zoro masih belum mengeluarkan kemampuannya yang asli, setelah dia berlatih selama 2 tahun Bersama Mihawk dan pertarungan melawan Kaido tentunya akan memaksa Zoro untuk kembali menggunakan 100% kekuatannya.

Sebelumnya, kita melihat Zoro menggunakan seluruh kekuatannya saat di arc Ennies Lobby. Saat itu kru Topi Jerami berusaha menyelamatkan Robin dari Spandam. Mereka harus berhadapan dengan anggota dari organisasi CP-9. Zoro berhadapan dengan sosok Kaku, dimana dia memakan buah iblis Zoan berjenis jerapah. Dan pada saat itu kekuatan Zoro benar-benar diuji melawan Kaku.

Ketika Zoro dipaksa untuk menggunakan seluruh kemampuannya, kita melihat Zoro melakukan hal yang luar biasa. Dia menggunakan teknik Asura Ichibugin, dimana Kaku melihat Zoro memiliki tiga wajah dan enam lengan serta sembilan pedang. Kaku tidak percaya dengan apa yang dia lihat dan Zoro pun akhirnya berhasil mengalahkan Kaku dan Kaku sendiri mengakui kekuatan Zoro.

Setelah momen tersebut, kita belum lagi melihat bagaimana Zoro bertarung secara serius. Bahkan, pasca time-skip pun kita belum melihat kemampuan Zoro yang sebenarnya. Pertarungan melawan Pica pun mungkin jadi yang paling “serius” sejauh ini. Zoro kemungkinan baru menggunakan 40-60% dari kekuatan barunya. Dan di arc Wanokuni inilah kita akan melihat Zoro bertarung serius.

Kaido menjadi alasan utama mengapa Zoro akan bertarung secara serius. Simpelnya, Zoro akan dipaksa berada dalam situasi yang sama ketika melawan Kaku, dimana dia akan terus didorong sampai kemudian Zoro menggunakan 100% kekuatannya. Dan ketika Zoro menggunakan semua kekuatannya kita akan melihat potensi yang sebelumnya belum pernah diperlihatkan.

Salah satunya adalah mengenai Haki. Zoro sebelumnya tidak memiliki kemampuan Haki. Namun, pasca time-skip barulah dia belajar dan mengetahui tentang hal ini. Bisa jadi Mihawk yang mengajarkan tentang hal tersebut. Zoro sekarang sudah memiliki kemampuan Armament Haki, yang dia praktikan dalam beberapa kesempatan. Dan contoh yang paling baru adalah ketika dia akhirnya bisa mengendalikan Enma, meskipun belum secara sempurna.

Zoro Gets Enma Sword! ONE PIECE CHAPTER 955: Zoro's Power-Up/Luffy Masters New Haki - YouTubeSeperti yang kita ketahui, Oda Sensei selalu berusaha membuat “cerminan” dari sosok masa lalu dengan karakter saat ini. Dan dalam hal ini, Zoro selalu disamakan dengan sosok Rayleigh. Rayleigh adalah tangan kanan Roger, sosok legendaris, ahli pedang, dan juga memiliki kemampuan Haki. Jika memang Zoro disamakan dengan Rayleigh, maka artinya Zoro juga akan memiliki ketiga Haki.

Yang perlu Zoro pelajari/dapatkan saat ini adalah Haki Penguasa, setelah dia menguasai Haki warna Haki Persenjataan. Haki Penguasa memang adalah Haki yang sangat jarang dimana hanya sedikit orang yang mampu memilikinya. Selain itu, seseorang harus dianggap pantas untuk bisa mendapatkan Haki penguasa dan Zoro rasanya pantas untuk memiliki kemampuan tersebut.

Lalu, bagaimana caranya Zoro membangkitkan atau mendapatkan kekuatan tersebut? Tentunya saat pertarungan melawan Kaido. Seperti yang disebutkan di atas, pertarungan melawan Kaido akan mendorong Zoro untuk menggunakan seluruh kekuatan yang dia miliki. Dan ketika hal itu terjadi selalu ada hal baru yang luar biasa muncul, seperti teknik Asura.

Lagipula, jika dilihat dari ceritanya, ada banyak kru bajak laut yang memiliki kekuatan Haki penguasa lebih dari satu orang. Contohnya adalah kru Roger – Roger, Shanks, dan Rayleigh memiliki Haki penguasa. Atau kru Big Mom – Big Mom dan Katakuri memiliki Haki Penguasa. Mimpi Zoro adalah menjadi seorang ahli pedang terkuat di dunia. Artinya dia harus menjadi yang terbaik dari yang terbaik dan Haki Penguasa menjadi pelengkap kekuatan Zoro.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.