Selain Batman dan Superman, bisa dibilang Joker adalah salah satu karakter paling ikonik di DC Comics. Baik awam atau pun hardcore fans tentunya mengenal karakter yang diciptakan pada tahun 1940 ini. Dengan keunikannya, Joker dikenal sebagai lawan yang tangguh bagi Batman. Meskipun terkadang Batman mampu selamat dan berhasil menggagalkan setiap rencananya, ada kalanya Batman terpaksa harus membunuh Joker untuk selamanya. Berikut adalah berbagai kematian Joker yang paling tragis versi Greenscene.

The Nail (1998)

Komik Justice League of America: The Nail merupakan komik lainnya yang bersetting di alternatif universe atau Elseworld. Dalam komik ini, kita diperlihatkan bagaimana universe DC tanpa kehadiran Superman. Dalam cerita ini, penduduk dunia sangat membenci para metahuman atau mereka yang memiliki kekuatan super. Mereka yang memiliki kekuatan super dianggap sebagai orang aneh.

Di Gotham, Joker justru sibuk memproduksi sarung tangan yang dibuat dari teknologi alien yang dikirim kepada para tahanan Arkham secara gratis. Batman, Robin dan Batgirl berusaha menghentikan usaha Joker tersebut, tapi mereka kemudian tertangkap dan ditahan. Dengan menggunakan sarung tangan buatannya, yang bisa memunculkan paku raksasa, Joker menghabisi nyawa Robin dan Batgirl di depan mata Batman.

Ketika Catwoman kemudian membebaskan Batman, dia langsung menghajar Joker dengan amarah yang memuncak dan kemudian membunuhnya dalam siaran langsung di TV. Pada 2004, Joker kembali dalam cerita Another Nail, yang mana dalam ceritanya Joker berhasil kabur dari neraka berkat adanya kekuatan dari dimensi lain. Tapi, Joker akhirnya bisa dibawa kembali ke neraka berkat arwah Batgirl dan Robin.

Asylum (2013)

Komik Batman #666 yang ditulis oleh Grant Morrison merupakan sebuah one-shot yang dirilis pada 2007 yang menceritakan tentang Damian Wayne, anak dari Bruce Wayne dan Talia Al Ghul, sosok yang lebih kelam dibandingkan ayahnya. Dalam komik ini, Damian rela menjual jiwanya, agar dia bisa mendapatkan kekuatan supranatural yang bisa menyembuhkan dirinya sendiri.

Damian tidak memiliki masalah untuk membunuh orang lain, dan juga tidak keberatan untuk membuat Gotham menjadi penjara pribadinya. Pada cerita Asylum yang ada di komik Batman, Incorprated #5, usaha Batman untuk melakukan hal baik ternyata berakhir dengan sangat buruk. Virus Joker berhasil menyebar ke seluruh Gotham, membuat seluruh penduduk menjadi zombie.

Batman kemudian berhasil menemukan bayi yang kebal terhadap infeksi tersebut. Berpikir bahwa anak tersebut bisa menjadi penawarnya, dia kemudian menyelamatkan bayi tersebut. Tanpa disadari ternyata bayi tersebut merupakan pembawa virus Joker. Ketika para zombie berusaha menyerang Batman, pemerintah Amerika kemudian menjatuhkan bom nuklir ke kota Gotham. Tentu saja kalian bisa menebak bagaimana nasib Joker setelah ledakan nuklir tersebut.

The Punchline (2013)

Greg Capullo, Scott Snyder, dan Jonathan Glapion berhasil menciptakan sosok Joker yang tidak kalah mengerikan untuk New 52. Joker diperlihatkan membuat villain lainnya bernama Dollmaker. Dollmaker terpaksa harus kehilangan wajahnya, karena wajahnya sekarang digunakan oleh Joker sebagai topeng. Dalam cerita Death of the Family, pertikaian Batman dan Joker mencapai puncaknya.

Joker menculik sebagian dari Bat-Family. Dia kemudian menyiksa mereka satu-persatu dan memberikan mereka ceramah tentang keadilan dan hal lainnya. Joker memiliki rencana untuk menyisakan dua diantara mereka. Disaat-saat terakhir, Joker dipertemukan dengan Batman, sampai suatu ketika Batman menjatuhkan Joker ke dalam jurang yang berada di Batcave.

The Joker: Endgame (2015)

Diantara semua kematian Joker yang paling tragis, kematiannya dalam komik The Joker: Endgame mungkin adalah kematian yang paling dramatis dan puitis. Bersetting setelah peristiwa Death of the Family, ternyata Joker masih selamat saat dia terjatuh ke dalam Batcave. Joker yang selamat kemudian bersiap kembali untuk menghancurkan Batman.

Untuk kembali mendapatkan perhatian Batman, Joker kemudian melepaskan sebuah racun yang sangat kuat, dimana racun tersebut dapat membuat orang menjadi gila dan mirip dengan Joker. Selain itu, racun tersebut juga dapat membuat mereka yang terkena racun menyerang orang yang mereka sayangi. Saat Batman berusaha mencari penawarnya di Batcave, justru tempat tersebut sudah dipenuhi oleh peledak.

Joker dan Batman akhirnya kembali bertarung, dan akibatnya Joker terluka parah. Batman meminta Joker untuk tetap bertahan dan tetap sadar disaat dia perlahan mulai kehilangan kesadarannya. Tapi tidak lama kemudian, Batcave kemudian meledak dan bebatuan dari Batcave menghancurkan tubuh Joker.

Batman: Damned (2019)

Dilabeli sebagai cerita dewasa, DC Comics meluncurkan Black Label pada tahun 2018 kemarin. Di label ini, para penulis tidak perlu khawatir mengenai cerita ataupun sensor. Komik pertama yang dirilis adalah Batman: Damned, sebuah komik Batman yang terdiri dari tiga bagian yang ditulis oleh Brian Azzarello dan Lee Bermejo. Komik ini dianggap sebagai “sekuel” bagi komik Joker pada 2008.

Ceritanya sendiri dimulai dengan kematian Joker. Diketahui Joker sudah tewas terjatuh dari jembatan Gotham dan banyak orang beranggapan jika itu adalah tanggung jawabnya. Batman sendiri merasa bahwa kematian Joker memang merupakan perbuatannya, hanya saja dia tidak ingat hal itu. Saat mencari jawabannya, dia kemudian bertemu dengan John Constantine, yang kemudian membawa Bruce dalam sebuah petualangan supranatural di DC universe. Ketika Batman menduga bahwa itu adalah mayat dari John Frost, akhirnya terungkap bahwa orang yang terjatuh di jembatan Gotham adalah benar Joker.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2