Dalam cerita komik, sudah bukan hal yang aneh jika terdapat banyak versi dari salah satu pahlawan. Merekalah yang kemudian sering disebut sebagai versi alternatif. Ada yang jahat, namun ada juga yang baik. Berbagai versi ini juga ada yang berasal dari masa lalu atau yang berasal dari masa depan. Meskipun sosok karakter pahlawan yang berasal dari zaman “saat ini” sangat kuat, tidak jarang juga mereka yang berasal dari masa depan jauh lebih kuat.

Terkadang titel seorang superhero diwariskan ke generasi selanjutnya untuk menjadi bukti bahwa mereka memang pantas, untuk menjadi penerus dari sang superhero. Dari segi narasi, hal ini tentu bisa menjadi angin segar terhadap para penulis yang bisa mengeksplor cerita lebih mendalam lagi. Berikut adalah berbagai superhero dari masa depan yang jauh lebih baik dari masa sekarang.

Deadpool Tua

Sangat sulit untuk membayangkan versi Deadpool yang lebih baik dari versi orisinal. Namun, dalam komik Spider-Man/Deadpool kita diperlihatkan versi yang sangat menarik dari Deadpool yang sudah tua. Sosok Wade Wilson muda memiliki waktu yang sulit ketika dia harus menghadapi realita yang sedang dia hadapi saat ini, namun bagi sosok Wade Wilson tua dia memiliki satu alasan utama agar dia bisa bertahan yaitu pertemanannya dengan sosok Spider-Man.

10 Future Versions Of Heroes BETTER Than The Original – Page 2Deadpool dari masa depan tinggal di rumah panti panti jompo, tidak menggunakan kostum, dan selalu berbuat onar dengan sesama penghuni panti jompo tersebut. Namun, dia kemudian meyakinkan Peter Parker tua untuk kembali beraksi dan meninggalkan rumah panti jompo. Dibandingkan dengan Wade muda, Wade tua memiliki sifat yang jauh lebih konyol tapi dengan sikap yang lebih tenang.

League of Batgirls

Barbara Gordon, Batgirl modern pertama, adalah ssosok yang sangat tegas, kejam, dan sangat melek dengan teknologi. Namun, dalam cerita Future Ends kita melihat masa depan Gotham yang berbeda. Dalam cerita tersebut, Gotham bukan hanya memiliki satu Batgirl melainkan beberapa. Mereka kemudian tergabung dalam League of Batgirls, yang terdiri dari Cassandra Cain, Stephanie Brown, dan Tiffany Fox.

10 Future Versions Of Heroes BETTER Than The Original – Page 3Masing-masing Batgirl memiliki masa lalu yang beragam, tapi mereka adalah tim yang sangat kompak. Dalam cerita ini juga untuk pertama kali kita melihat Tiffany Fox beranjak dewasa dan mengenakan kostum untuk pertama kalinya. Pemimpin dari kelompok ini tidak lain adalah Barbara Gordon. Satu hal yang lebih baik dari Barbara Gordon menjadi Batgirl adalah Barbara menjadi pemimpin dari para Batgirls.

Spider-Man 2099

Sejak tahun 1990an, Marvel Comics sudah mengajak para pembacanya untuk bekhayal mengenai masa depan. Dan hal inilah yang mereka tuangkan dalam seri komik Marvel 2099, dimana kita melihat berbagai versi dari pahlawan Marvel di tahun 2099. Spider-Man 2099 adalah salah satu karakter yang dari masa depan yang sangat menarik, dan mampu bersaing dengan sosok Spider-Man yang berasal dari zaman sekarang.

Looking back at the original Spider-Man 2099 run with Peter David | GamesRadar+Cerita origin dari Spider-Man 2099 sendiri juga unik. Bukan Peter Parker yang ada dibalik kostumnya melainkan Miguel O’Hara. Dan bukan akibat tergigit oleh laba-laba radiasi, melainkan diakibatkan oleh sebuah rekayasa genetic dari perusahaan Alchemax. Meskipun Miguel tidak memiliki Spider-Sense, dia memiliki desain kostum yang lebih menarik dan kekuatan yang tidak dimiliki oleh Peter.

Kitty Pride Dari Masa Depan

Kathryn Pride atau yang biasa disebut Kitty Pride baru bergabung di usianya yang ke 13 tahun saat dia bergabung dengan X-Men di tahun 1980. Dia adalah seorang mutan dengan kekuatan phasing yang luar biasa yang kemudian mendapatkan kekuatan bela diri yang dahsyat setelah dia dirasuki oleh sosok iblis. Namun, meskipun Kitty Pride adalah sosok mutan yang kuat, versi masa depan dari Kitty Pride diperlihatkan jauh lebih menarik dan lebih kuat dibandingkan versi sekarang.

Virtual Iansanity: Best Comic Book Stories: Days of The Future PastKitty Pride dari era sekarang adalah sosok pahlawan yang masih belajar untuk menjadi pahlawan. Berbuat kesalahan dan melakukan berbagai petualangan sengaja dia lakukan, untuk mencari pengalaman. Makanya, tidak heran jika versi dari masa depan Kitty Pride jauh lebih kuat dan lebih menarik karena memang dia sudah memiliki banyak pengalaman.

Superman Beyond

Menjadi Superman adalah “sebuah komitmen sepanjang masa.” Namun, Superman harus menerima fakta bahwa di masa depan teknologi berkembang sangat pesat. Pihak kepolisian kini memiliki teknologi yang sangat canggih, yang bahkan membuat mereka menjadi jauh lebih kuat bahkan hampir setara dengan kekuatan Superman. Hal ini membuat Superman memasuki fase dimana dia mulai mempertanyakan keberadaanya.

10 Future Versions Of Heroes BETTER Than The Original – Page 6Superman Beyond bukan lagi harus melawan ancaman yang berasal dari luar, namun juga dia harus melawan ancaman yang berasal dari dalam dirinya sendiri. Dia harus bergulat dengan emosi dalam dirinya, yang menganggap kini bumi sudah tidak lagi sama seperti dahulu. Superman Beyond mungkin tidak lebih hebat dari Superman orisinal dalam hal pertarungan, tapi dia lebih hebat ketika harus menghadapi situasi dan realita dengan lebih bijak.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2