Kaido merupakan salah satu karakter yang unik dalam seri One Piece. Dia rela tewas dalam sebuah pertarungan, selama sosok yang dia hadapi dianggap sangat kuat atau dianggap sebagai lawan yang layak. Namun, di sisi lain, dia juga tidak membuat lawannya mudah untuk mendapatkan kemenangan. Hal ini diperlihatkan selama babak ketiga arc Wanokuni.

Kaido selalu membandingkan Red Scabbards dengan sosok sang tuan, Kozuki Oden. Dia mengatakan bahwa tidak ada samurai lainnya yang lebih kuat, lebih dahsyat, dan lebih mematikan dari Kozuki Oden. Dilihat dari segi kekuatan, memang level Red Scabbards bisa dibilang berada di bawah Kozuki Oden. Bisa dibilang, Kozuki Oden adalah samurai yang paling kuat dan musuh yang mungkin paling tangguh yang pernah dihadapi oleh Kaido.

Dalam beberapa chapter kemarin, kita melihat bagaimana Red Scabbards terus menerus mendesak Kaido dengan berbagai serangan mereka. Bahkan, mereka menggunakan teknik yang digunakan oleh Oden untuk melukai Kaido yaitu Tougen Totsuka. Sayangnya, semua usaha yang dilakukan Red Scabbards sia-sia bahkan Kaido sendiri menganggap apa yang mereka lakukan tidak cukup untuk kembali melukainya.

One Piece chapter 957 (or later): Will Zoro be the one to kill Kaido? - PiunikaWebHal ini menarik karena bisa menjadi bukti bahwa Zoro memiliki kekuatan yang lebih dahsyat dari para Red Scabbards, dan spekulasi yang berkembang di kalangan para fans adalah Zoro yang akan kembali membuka luka lama Kozuki Oden di tubuh Kaido. Tapi, ada kemungkinan bukan hanya kembali membuka luka lama Kaido, Zoro juga akan memberikan luka yang lebih menyakitkan lagi karena dia bukan pengguna Nitoryu, melainkan Santoryu.

Dengan kata lain, bagi Zoro untuk menjadi ahli pedang terkuat di dunia, dia tidak perlu mengikuti jejak Oden. Yang dia perlukan adalah membuktikan gaya bertarung tiga pedang (Santoryu) miliknya lebih baik dari Nitoryu milik Kozuki Oden. Lagipula, rasanya dalam cerita One Piece sejauh ini tidak ada yang jauh lebih mahir menggunakan tiga pedang sekaligus selain Roronoa Zoro – Onigumo tidak termasuk karena dia dibantu oleh kekuatan buah iblis.

Kaido memang merupakan makhluk terkuat yang ada di dunia kaido. Kaido bertarung sendiri melawan sembilan samurai terkuat di Wano dan meskipun mereka menguasai Advanced Armament Haki untuk sekedar bisa melukainya, nyatanya para Red Scabbards ini tetap tidak mampu mengalahkan Kaido. Sejauh ini, Kaido sudah menghadirkan kekuatan yang berkaitan dengan api, angin dan petir. Masih harus kita nantikan apakah elemen alam lainnya akan dia gunakan.

Melihat kondisi ini, sepertinya prediksi beberapa waktu lalu akan terbukti. Dalam prediksi tersebut disebutkan bahwa Luffy dan kelompok Topi Jerami memang pada akhirnya akan berhasil menuju atap istana, dan berhadapan dengan Kaido. Namun, pada saat itu, kondisi Red Scabbards sudah dalam keadaan yang sangat kacau dimana mereka kelelahan dan kalah.

Jika selama ini Kaido selalu “membangga-banggakan” sosok Oden sebagai musuh yang paling kuat, dan kemampuan berpedang yang baik, Kaido mungkin pada akhirnya akan merasakan bagaimana dahsyatnya kekuatan yang dimiliki oleh Zoro. Kita nantikan saja ya Geeks pertarungan antara Zoro melawan Kaido di chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.