Kemunculan Marco di arc Wanokuni benar-benar mengejutkan banyak orang. Memang, sebelumnya, banyak orang yang kemudian berspekulasi bahwa Marco akan muncul di Onigashima dan membantu Luffy untuk mengalahkan Kaido. Tapi, sebagian lainnya ada yang pesimis dengan hal tersebut karena Marco sendiri sudah menolak permintaan Nekomamushi, sehingga sangat kecil kemungkinan Marco muncul di Onigashima.

Tapi, kejutan kemudian muncul dimana Marco muncul bersama dengan Izo dan Nekomamushi. Meskipun Marco sudah muncul dalam cerita, sampai chapter 993 kemarin kita masih belum melihat bagaimana Marco bertarung atau ikut bertarung melawan anak buah Kaido. Yang mengejutkan adalah kita justru melihat Perospero, salah satu anak dari Big Mom, bekerja sama dengan Marco.

Chapter 993 kemarin dianggap sebagai salah satu chapter terbaik, setidaknya di tahun 2020 ini. Kita melihat pertarungan epik antara Kaido melawan Red Scabbards. Tapi, selain pertarungan melawan Kaido, di chapter tersebut ada sebuah hal menarik terjadi dimana Marco berbincang dengan Big Mom. Big Mom dan Marco sempat membahas tentang sisa-sisa anak buah Whitebeard.

Big Mom sendiri sempat menyindir Marco dan anak buah Whitebeard lainnya. Tapi, percakapan antara keduanya mengkonfirmasi beberapa hal. Pertama, Kaido (dan Yamato) adalah bukan manusia. Seperti yang kita ketahui, Kaido sering kali disebut sebagai “makhluk” atau “hal/benda” dan tidak pernah direferensikan sebagai manusia oleh Big Mom.

Kaido sendiri memiliki tanduk alami di kepalanya, yang mana hal ini diwariskan kepada Yamato. Dalam percakapan dengan Big Mom (dan Perospero), Marco menyebut bahwa Kaido sebagai “iblis”. Bahkan dalam beberapa terjemahan lain disebut sebagai “ogre”. Dalam sebuah terjemahan tidak resmi, disebutkan bahwa sebenarnya apa yang disebutkan oleh Marco tentang “perburuan iblis” bukan berbicara mengenai Kaido. Itu hanyalah sebuah istilah dari Bahasa Jepang.

Tapi, ada juga yang menerjemahkan bahwa sosok yang dimaksud adalah Kaido. Terlepas dari mana yang benar, pada intinya percakapan tersebut mengkonfirmasi satu hal yang sering menjadi bahan perdebatan yaitu Yamato dan Kaido bukanlah manusia (sejati). Kemudian yang kedua adalah Big Mom masih memiliki rencana besar yang dia siapkan, namun belum kita ketahui.

Menurut Sengoku, anggota dari kelompok Rocks terkenal karena saling serang sesama anggota kelompoknya. Berkhianat atau mengkhianati adalah hal yang lumrah terjadi. Hal inilah yang kemudian membuat Kaido mengatakan bahwa sudah menjadi takdir bajak laut untuk saling mengkhianati, kepada Kinemon dan Red Scabbards.

Hal ini juga sekaligus mengkonfirmasi adanya peluang Big Mom berkhianat kepada Kaido. Seperti yang disebutkan kepada Perospero, Big Mom sadar bahwa mimpinya adalah menjadi seorang bajak laut dan dia meminta Perospero dan anak-anaknya yang lain untuk percaya terhadap hal itu. Big Mom sendiri kemungkinan melihat Kaido sebagai salah satu jalan cepat untuk menemukan Laugh Tale dan One Piece.

Dan setelah ditemukan, Big Mom akan berkhianat. Skenario ini juga sepertinya berlaku terhadap Kaido, yang mana menguatkan spekulasi dan teori yang sudah lama muncul di kalangan fans bahwa aliansi ini akan hancur karena adanya pengkhianatan dari salah satu diantara mereka. Terakhir, percakapan tersebut mengkonfirmasi bahwa tidak akan ada anggota kru dari Whitebeard lainnya yang akan muncul di Onigashima.

Para fans dibuat penasaran dengan siapa lagi kira-kira karakter kuat yang akan muncul dalam pertarungan di Onigashima, setelah Izo dan Marco. Banyak spekulasi dan teori yang menyebutkan bahwa angkatan laut dan karakter lainnya akan muncul dalam cerita tersebut. Namun, jika melihat apa yang diungkapkan oleh Marco sepertinya tidak akan ada lagi anggota Whitebeard lain yang akan muncul.

Jangan harap Jozu atau Vista akan muncul di pertarungan ini. Tapi, bukankah perintah terakhir Whitebeard adalah menolong Luffy? Marco mencoba menjelaskan kepada big Mom, bahwa siapapun mereka yang pernah menjadi anak buah Whitebeard bebas atau berhak melakukan apapun yang mereka inginkan. Jika mereka mau ikut bertarung, silahkan. Tapi, jika mereka tidak mau pun tidak ada masalah.

Lalu, bagaimana dengan Marco dan Izo? Mereka memiliki alasannya masing-masing. Kemungkinan Marco merasa bertanggung jawab untuk melindungi Luffy, setelah Whitebeard tewas. Apalagi, Whitebeard yang memang memberikan perintah tersebut secara langsung kepada Marco. Sedangkan Izo, kemungkinan karena pertarungan ini ada kaitannya dengan kampung halamannya. Apakah Big Mom akan mengkhianati Kaido? Apakah ada yang sudah disiapkan oleh Big Mom? Kita nantikan saja kelanjutan kisahnya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.