Siapa yang akan bergabung dengan Luffy? Siapa karakter yang akan menjadi kru Topi Jerami baru pasca arc Wano? Itulah pertanyaan besar yang kemudian muncul dalam beberapa waktu belakangan. Bergabung menjadi kru Topi Jerami saat ini merupakan sebuah kehormatan yang sangat besar, mengingat Luffy adalah bajak laut besar dan kru Topi Jerami sangat populer sekarang.

Jinbe adalah karakter yang diketahui paling “terakhir” bergabung dengan krunya, meskipun sebenarnya dia sudah bergabung sejak arc sebelumnya. Hanya saja, saat itu Jinbe sempat menolak karena harus mengurus sesuatu. Dan di babak ketiga arc Wano, dia kembali muncul dan membantu Luffy untuk mengalahkan Kaido serta Big Mom.

Berbicara mengenai siapa karakter baru yang akan bergabung pasca arc Wano, ada banyak kandidat yang banyak difavoritkan untuk bisa bergabung dengan Topi Jerami seperti Yamato, Carrot, dan Marco. Marco dianggap memiliki peluang lebih besar untuk bergabung dengan Topi Jerami, selain Yamato. Sedangkan Carrot dianggap tidak memiliki “unsur kejutan” jika kemudian bergabung dengan kru Topi Jerami.

Chapter 992 (Review/Final Results Edition) | One Piece AminoKemungkinan Marco untuk bisa bergabung dengan Luffy, semakin diperkuat dengan apa yang dia ungkapkan di chapter 992 kemarin. Marco sempat menjelaskan kepada Big Mom, yang menganggap bahwa sisa-sisa anak buah Whitebeard tidak banyak melakukan hal “berguna”. Namun, Marco membantah dan menegaskan bahwa kru Whitebeard tidak pernah terikat oleh ucapan sang kapten.

Marco juga menjelaskan bahwa setiap masing-masing kru, berhak untuk melakukan apapun yang mereka inginkan. Mereka diberikan kebebasan untuk menjadi apapun atau melakukan apapun. Artinya, Marco bisa saja bergabung dengan kru Topi Jerami jika memang kemudian itu yang dia inginkan. Lagipula, Whitebeard sendiri sudah memberikan perintah terakhirnya untuk menjaga agar Luffy tetap hidup.

Marco bisa menjadi simbol atau perwakilan dari kru Whitebeard yang akan menyaksiksan sebuah transisi dari era lama ke era baru, seperti yang sudah diprediksi oleh Whitebeard sebelum menemui ajalnya. Kemunculan Marco di Wano seolah memberikan petunjuk besar, bahwa Marco akan lebih sering atau lebih banyak muncul dalam cerita untuk kedepannya.

One Piece: 15 Things About Marco Fans Never Knew | CBRSebagai seorang yang jauh lebih berpengalaman di kru tersebut – selain Jinbei dan Brook – Marco mungkin akan bisa mengajarkan Luffy dan kru yang lain berbagai macam hal. Kita mungkin akan melihat bagaimana perkembangan hubungan antara Marco bersama Luffy dan Marco dengan kru Topi Jerami. Marco bahkan bisa jadi mentor selajutnya bagi Luffy.

Sebenarnya, kita bisa melihat pola yang sama dari sosok Jinbe. Kita bisa lihat bagaimana dekatnya Jinbe dan Luffy. Bahkan, Jinbei sendiri sudah mengenal Luffy sebelum mereka bertemu, berkat sosok Ace. Dan setelah bertemu, mereka kemudian menjalin hubungan yang baik dan pada akhirnya Jinbei pun bergabung dengan Luffy.

Jinbe pun sama seperti Marco, yaitu diberikan “amanah” untuk menjaga Luffy. Terlepas dari itu semua, bergabungnya Marco ke kru Topi Jerami bisa saja dikarenakan karena dia ingin, tanpa ada alasan khusus apapun. Kita nantikan saja ya Geeks apakah kemudian Marco memang akan bergabung dengan Luffy.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.