Sejak awal seri One Piece muncul, Luffy memang sudah memiliki bakat tentang Haki. Sayangnya, Luffy tidak pernah sadar akan hal ini. Dalam beberapa peristiwa, Luffy sering kali secara tidak sadar mempraktikan kemampuan Hakinya. Sampai kemudian dia mempraktikannya di pertempuran puncak Marineford. Hal inilah yang kemudian membuat Rayleigh akhirnya turun tangan melatih Luffy.

Luffy mempelajari banyak hal selama dia berlatih di pulau Rusukaina. Dia belajar untuk meningkatkan Haki Pengamatan miliknya. Dengan menggunakan teknik tersebut, dia bisa merasakan kehadiran orang atau makhluk lainnya. Dan selain itu, Luffy juga bisa memiliki refleks yang dahsyat. Dia bahkan bisa menghindari peluru atau serangan lain, seperti yang dia lakukan saat menghindar dari serangan Pacifista.

Ketika bertarung di Totto Land, kemampuan Haki Pengamatan ini kembali meningkat pasca dia bertarung melawan Charlotte Katakuri, pemimpin Sweet Commander dari pasukan Big Mom. Kemampuan Haki Pengamatan Katakuri bahkan sudah jauh lebih unggul. Bukan lagi refleks yang baik dan mampu menghindari peluru, Katakuri bisa melihat ke masa depan.

Inilah 11 Karakter yang Menguasai 3 Macam Haki dalam One Piece!Berkat pertarungan yang memaksa Luffy sampai ke titik nadir, akhirnya sang protagonist utama pun memiliki kemampuan yang sama. Hal ini diperlihatkan ketika dia menolong Hyogoro menghindari berbagai serangan dari Alpacaman dan Madilloman, bahkan sebelum serangan itu terjadi. Luffy juga belajar meningkatkan Armament Haki miliknya.

Luffy sekarang sudah berada di level advanced dalam penggunaan Armament Haki. Level ini membuat Luffy untuk bisa menghancurkan benda bukan dari luar, melainkan dari dalam objek tersebut. Setelah belajar dibawah pengawasan Hyogoro, Luffy sekarang bisa menghancurkan sebuah pohon dari dalam dengan hanya menggunakan tangannya saja. Dan yang paling baru adalah dia berhasil menghancurkan gelang peledak Yamato.

Mampukah Portgas D. Ace Taklukkan Katakuri? Ini Salah Satu TeorinyaTerakhir, Luffy juga mempelajari Haki Penguasa, Haki yang hanya dimiliki sedikit saja orang di dunia ini. Seperti yang disebutkan, Luffy sudah sejak lama memiliki kemampuan Haki, termasuk Haki Penguasa. Hanya saja, pada saat itu dia tidak menyadarinya dan tidak melatihnya. Setelah berlatih dengan Rayleigh, Luffy pun akhirnya mampu menguasainya dan mengendalikannya.

Contoh paling nyatanya adalah ketika dia menghabisi 50.000 anak buah Hody Jones tanpa perlu menyentuhnya. Hal ini bukan hanya mengejutkan para kru Topi Jerami, tapi mengejutkan semua orang. Ketika Luffy bertarung dengan para pengguna Haki yang sama seperti Chinjao, Katakuri, Doflamingo, maka pertarungan mereka biasanya akan menghasilkan sebuah efek petir atau kilat. Di arc Wano sendiri kemampuan Haki Penguasa ini juga meningkat.

Masih belum diketahui bagaimana Luffy akan menggunakan ketiga kemampuan Haki ini untuk menghadapi Kaido. Namun, yang pasti, kemampuan Haki ini akan sangat berguna. Contohnya, Luffy bisa menggunakan Advanced Armament Haki untuk menghancurkan pertahanan Kaido yang sangat kuat. Mungkin kita juga akan melihat bagaimana Luffy melumpuhkan bajak laut Beasts dengan Haki Penguasa miliknya, seperti yang dia lakukan terhadap anak buah Hody Jones.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.