Pseudo Ice Release

Dalam cerita Sasuke Shinden: The Teacher’s Star Pupil, Sasuke diketahui memiliki kemampuan untuk menggunakan sebuah Jutsu yang mirip dengan teknik Pelepasan Es dimana dia akan menggunakan teknik Pelepasan air dan kemudian mendinginkannya sampai pada temperature terendah dengan menggunakan teknik Pelepasan Angin, yang mana hal itu kemudian berubah menjadi es.

Konohamaru sendiri mengaku kagum dengan trik ini dan menyebutkan bahwa SAsuke adalah pengguna teknik Pelepasan Es yang sangat luar biasa. Tapi, menurut Sasuke, meskipun Jutsu tersebut sangat impresif, tekniknya masih sangat jauh dari teknik Pelepasan Es yang sesungguhnya, yang mana merupakan sebuah Kekkei Genkai. Setidaknya Sasuke sudah membuktikan bahwa dia mampu menggunakan teknik yang sama dengan Pelepasan Es.

Pelepasan Bumi

Seperti yang disebutkan di atas, Sasuke mungkin sangat ahli dalam elemen listrik dan api, tapi bukan berarti dia tidak bisa menggunakan elemen lainnya. Teknik Pelepasan Bumi juga menjadi salah satu kemampuan yang dimiliki Sasuke. Kemampuan alami ini membuatnya mampu untuk memanipulasi tanah, seperti teknik Mud Wall.

Memang, harus diakui bahwa penggunaan teknik Pelepasan Bumi ini tidak sehebat dua teknik utama yang dikuasai Sasuke. Meskipun begitu, setidaknya Sasuke masih bisa menggunakan teknik ini dan memadukannya dengan Sharingan yang dia miliki, sehingga dia mampu menirukan teknik elemen tanah yang lebih hebat.

Jurus Bayangan

Tidak salah memang bahwa jurus bayangan diidentikan dengan sosok Naruto Uzumaki, karena memang teknik ini adalah teknik andalannya. Jurus bayangan adalah kemampuan untuk membuat satu atau lebih kloning dari si penggunanya, dan masing-masing bayangan/kloning memiliki chakra yang sama. Penggunaan secara berlebihan sangat dilarang, karena akan menguras chakra si pengguna.

Sasuke Sendiri diperlihatkan pernah menggunakan teknik ini dalam seri Boruto, ketika dia sedang berlatih Bersama Boruto Uzumaki. Harus diakui bahwa kemampuan Sasuke untuk bisa melakukan teknik ini sangatlah luar biasa, meskipun memang mungkin levelnya tidak sama seperti Naruto.

Genjutsu: Rinnegan

Semua anggota klan Uchiha dikenal karena kemampuannya untuk menggunakan teknik Genjutsu. Hal ini berkat doujutsu Sharingan yang ada di mata mereka. Namun, Sasuke berhasil untuk mengembangkan kemampuannya dan mempelajari teknik yang lebih dahsyat, yaitu Genjutsu: Rinnegan.

Seperti Namanya, jurus ini membuat Sasuke bisa mengaktifkan Genjutsu ketika dia menggunakan Rinnegan. Saat digunakan dalam perang besar ninja keempat, teknik ini terbukti cukup kuat untuk bisa menahan sembilan bijuu yang ada dalam waktu singkat.

Asura Path

Menjadi seorang pengguna RInnegan, Sasuke tentunya memiliki akses terhadap teknik Asura Path. Kekuatan ini membuat penggunanya untuk bisa membangkitkan armor dan berbagai senjata mekanis lainnya. Uchiha Sasuke sejauh ini memang belum diperlihatkan menggunakan kekuatan ini dalam ceritanya, tapi bukan berarti Sasuke tidak mampu menggunakannya. Mungkin, di kemudian hari kita akan melihat bagaimana Sasuke menggunakan Asura Path untuk menghadapi musuh, mungkin ketika menghadapi Isshiki.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.