Sudah jadi pengetahuan semua orang jika series Boruto karya Ukyo Kodachi merupakan sekuel dari seri Naruto, yang sebelumnya ditulis oleh Masashi Kishimoto. Ceritanya sendiri berfokus pada sosok Boruto dan generasi shinobi baru Konoha dalam menghadapi berbagai ancaman-ancaman baru yang muncul baik yang diarahkan ke Konoha atau ke yang lainnya.

Pada intinya semua masih bekaitan dengan hal tentang ninja dan shinobi. Tapi, semenjak diperkenalkannya klan Otsutsuki, yang berasal dari luar planet bumi, ada elemen lain yang diperkenalkan dalam seri Boruto yaitu fisika dan astrofisika. Hal ini terbukti dalam percakapan yang terjadi antara Momoshiki Otsutsuki dan Kinshiki Otsutsuki, ketika mereka berbicara mengenai dunia yang dikuasai oleh Kaguya, atau dengan kata lain adalah bumi.

Dalam seri anime Boruto episode 15, keduanya berbicara mengenai dunia Kaguya yang dikatakan penuh dengan kesedihan. Selain itu, mereka juga membahas tentang lengkungan ruang (space curvature) yang terjadi di bumi. Menurut percakapan tersebut, lengkungan ruang yang ada di dunia Kaguya (bumi) mencapai 16. Sedangkan rata-rata di planet lain hanya 10. Ada sebuah perintah di klan Otsutsuki dimana jika sebuah planet memiliki lengkungan ruang lebih dari 10, maka mereka harus melaporkannya kepada klan.

Tapi, pada kenyataanya sendiri Kaguya tidak melakukan hal tersebut. Terlepas dari itu semua, mungkin diantara Geeks ada yang penasaran apa sebenarnya yang dibicarakan oleh Kinshiki dan Momoshiki. Apa sebenarnya lengkungan ruang atau space curvature? Ada kemungkinan yang dimaksud oleh Kinshiki dan Momoshiki tersebut adalah massa atau berat.

Berdasarkan hukum relativitas dari Einstein, kita tahu bahwa berat dan energi adalah satu kesamaan. Jadi, ada kemungkinan bahwa yang dimaksud oleh Kinshiki dan Momoshiki mengenai lengkungan ruang ini adalah level massa atau energi. Jadi, jika lengkungan ruang bumi adalah 16, maka artinya level berat atau energi bumi berada di angka 16. Dengan massa atau berat yang lebih tinggi dari planet lain, maka muncul peluang untuk bisa melengkungkan/membelokan ruang yang ada.

Lalu, darimana semua energi atau berat tersebut? Seperti yang kita tahu bahwa Kaguya adalah “pencipta” chakra dan jutsu yang selama ini digunakan oleh para shinobi. Kaguya (dan klan Otsutsuki lain) sendiri sengaja pergi ke planet lain untuk menanam pohon chakra, untuk kemudian menyerap semua energinya untuk kemudian dimakan oleh mereka.

Namun, usaha Kaguya tersebut gagal setelah Hamura dan Hagoromo berhasil menyegel Kaguya selama ribuan tahun. Hagoromo dan God Tree kemudian menjadi salah satu sumber chakra terbesar di planet bumi saat itu, dan kemudian seperti yang kita ketahui, Hagoromo membagi kekuatan tersebut dalam wujud 9 monster berekor.

Selain dalam sosok monster, kemampuan chakra sendiri perlahan mulai berkembang sampai akhirnya semua shinobi di dunia memiliki chakra dan mampu mengendalikannya. Tentunya ada perbedaan besaran chakra di bumi ribuan tahun lalu, saat Kaguya pertama kali muncul di bumi, dan saat ini. Perkembangan energi dan chakra sendiri membuat “berat” bumi terus meningkat. Kurama sendiri bahkan pernah mengatakan bahwa dirinya memiliki terlalu banyak energi.

Dengan perkembangan tersebut, inilah yang kemungkinan menjadi alasan mengapa nilai lengkuangan ruang bumi mencapai angka 16. Karena, di bumi ada banyak shinobi hebat dan kuat yang memiliki kemampuan chakra yang dahsyat.  Namun, perlu diingat ya Geeks, bahwa ini masih sekedar teori belaka, karena pada dasarnya chakra tidak memiliki berat atau apapun. Chakra adalah kekuatan spiritual dalam diri seseorang.

Namun, bisa jadi Ukyo Kodachi memang mengadaptasi lengkungan ruang ini dari teori relativitas Einstein untuk digunakan dengan cara yang sama. Jadi, semakin banyak chakra yang muncul atau yang dimiliki sebuah planet maka hal itu akan mempengaruhi ruang (atau bahkan dimensi) yang ada di sekitarnya. Bisa jadi juga ini merupakan hal yang menandakan sebuah level gravitasi, yang mana bumi bisa diartikan memiliki level gravitasi yang jauh lebih besar dibandingkan planet lain. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.