Naruto dan One Piece merupakan dua anime series paling populer dalam 20 tahun terakhir. Kedua series tersebut sama-sama masuk kategori series Shonen terlama dengan berbagai cerita yang menarik dan juga para karakter yang memang seru untuk diikuti. Naruto dan One Piece sendiri mengangkat dua tema yang berbeda. One Piece bertema tentang bajak laut, sedangkan Naruto bertema ninja atau shinobi.

Tentu ada alasan para fans dari kedua series ini menganggap bahwa seri anime favorit mereka lebih baik dari yang satunya. Tapi, tentunya akan sangat sulit menentukan siapa yang terbaik diantara keduanya, karena keduanya bisa dibilang adalah masterpiece dalam dunia anime khususnya genre shonen. Berikut adalah perbandingan dari Naruto dan One Piece.

One Piece: Kekuatan Misterius

Para karakter dalam cerita One Piece tidak melulu bertarung dengan tangan kosong. Karena, bisa dipastikan jika mereka bertarung dengan tangan kosong mereka akan kalah dalam pertarungan. Pasalnya dunia One Piece penuh dengan kekuatan misterius, contohnya adalah Haki dan kemampuan buah iblis. Mereka yang tidak memiliki kemampuan apapun bisa dikalahkan dengan mudah.

Inilah yang menjadi salah satu keunikan dan ciri khas dari seri One Piee, dimana pertarungan mereka bukanlah pertarungan biasa. Setiap pertarungan pasti selalu menghadirkan pengalaman baru, dan juga kemampuan serta kekuatan yang baru. Kemampuan misterius ini juga memberikan keunikan tersendiri kepada para karakternya, misalnya luffy yang menjadi manusia karet.

Naruto: Penggunaan Jutsu

Naruto, di sisi lain, adalah sebuah seri yang bertema tentang ninja. Sehingga, yang namanya sebuah pertarungan adalah hal lumrah dalam seri ini (pertarungan juga adalah hal yang “wajib” untuk mengalahkan musuh). Sama seperti One Piece, mereka juga tidak serta merta melemparkan pukulan mereka. Masing-masing karakter memiliki kemampuan berbeda, khususnya dalam hal jutsu atau teknik ninja.

Kemampuan jutsu ini ada bermacam-macam, misalnya adalah doujutsu atau kemampuan mata. Ada juga contoh lainnya yaitu Kekkei Genkai yang mana kemampuan ini hanya bisa diturunkan oleh keluarga atau klan tertentu. Inilah yang menjadikan setiap pertarungan dalam series ini menarik. Karena selain pertarungan penuh emosi, kita juga akan melihat berbagai teknik ninja yang luar biasa.

One Piece: Animasi

One Piece memang penuh dengan adegan konyol, bahkan hampir sebagian besar ceritanya berisi adegan konyol selain adegan yang menyentuh. Meskipun begitu, seri One Piece terus mengalami peningkatan dalam kualitas animasinya. Ada sesuatu yang luar biasa dalam animasi ketika memperlihatkan anatomi tubuh Luffy dan ketika dia melakukan teknik atau kemampuan buah iblisnya. Akhir-akhir ini, seri One Piece semakin memperhalus kualitas anime mereka. Namun, gaya animasinya sendiri terinspirasi dari Lupin III.

Naruto: Musik

Cerita Naruto mungkin penuh dengan sisi emosional, penuh dengan kebencian, ketegangan, dan berbagai emosi lainnya. Tapi, semuanya tidak akan terasa sempurna tanpa adanya bantuan musik. Bisa dibilang, Naruto memiliki musik yang sangat populer di kalangan para fans. Contohnya adalah musik yang digunakan di akhir episode, Blue Bird, yang dinyanyikan oleh band Ikimonogakari.

Musik tersebut menjadi salah satu musik ikonik yang bahkan sampai sekarang pun masih diasosiasikan dengan seri ini. Juga musik pembukanya yaitu Fighting Dreamers yang dinyanyikan oleh Flow. Selain musik, instrumen yang digunakan dalam setiap momen atau situasi juga sangat ikonik. Bahkan, musik tersebut juga mampu ikut membawa emosi para penontonnya.

One Piece: Kehidupan Bajak Laut

Cerita yang dibangun dalam seri One Piece sangatlah menyenangkan dan juga sekaligus kompleks. Meskipun begitu, Eiichiro Oda mencoba untuk membangun sebuah dunia yang juga bisa dinikmati oleh para penontonnya, dan memberikan pengalaman yang mengasyikan setiap kali mereka menonton seri ini. Ada banyak hal yang bisa dinikmati antara berbagai aturan dan budaya bajak laut yang ditampilkan dalam cerita dan juga penggunaan buah iblis.

Yang juga tidak kalah menarik adalah adanya  mitologi yang digunakan dalam setiap elemen di cerita One Piece. Oda Sensei memang sangat senang memasukan atau mereferensikan sesuatu yang memiliki makna mendalam atau berkaitan dengan mitologi. Karena inilah, banyak para fans yang senang untuk menghadirkan teori-teori menarik berdasarkan cerita mitologi tersebut.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.