Bajak laut sudah sejak lama menjadi bagian kehidupan dalam dunia One Piece. Kelompok bajak laut tertua yang diketahui dalam seri ini muncul 100 tahun lalu, yaitu kelompok bajak laut Dorry dan Brogy. Mereka adalah suku raksasa yang berpetualang menjadi bajak laut. Meskipun mereka bisa dibilang adalah yang tertua untuk saat ini, Dory dan Brogy belum memiliki kemampuan untuk mengguncang dunia.

Baru sekitar 40 tahun yang lalu, sebuah kelompok bajak laut yang dipimpin oleh Rocks D. Xebec mampu memancing perhatian Pemerintah Dunia dan angkatan laut sebelum kemudian bajak laut Rocks berhasil dikalahkan dan bubar. Meskipun begitu, era baru muncul dimana Gol D. Roger menjadi orang pertama yang diketahui sejauh ini menjadi sosok raja bajak laut. Tapi, tentunya ada banyak kapten bajak laut terkuat sebelum era Worst Generation ini. Dan berikut adalah beberapa diantaranya.

Big Mom

Charlotte Linlin atau biasa dikenal sebagai Big Mom, merupakan kapten dari bajak laut Big Mom dan merupakan satu-satunya Yonko wanita dalam cerita One Piece. Dengan kekuatannya yang sangat luar biasa sebagai seorang bajak laut terkuat, Big Mom memiliki kru yang juga tidak kalah kuatnya. Big Mom juga memiliki pengaruh yang sangat kuat di seluruh dunia.Sedari kecil, Linlin sudah memiliki nilai buruan yaitu 50 juta Belly, yang menunjukan bahwa dia merupakan sebuah ancaman yang serius. Seperti yang diungkapkan oleh Sengoku, nilai buruan dari seorang Big Mom saat ini adalah 4,388 milliar Belly. Hanya satu tingkat di bawah Kaido. Selain memiliki kemampuan buah iblis Soru Soru, Big Mom juga memiliki semua kemampuan Haki yang ada. Dengan kekuatan tersebut, wajar jika kemudian Big Mom menjadi sosok Yonko yang bertahan dari generasi lama.

Shiki

Shiki the Golden Lion merupakan salah satu bajak laut legendaris dalam cerita One Piece dan merupakan seseorang yang level kekuatannya berada di taraf yang sama dengan Gol D. Roger. Bahkan, Shiki juga mampu menyamai kekuatannya dengan sosok seperti Whitebeard, Garp, dan sengoku. Shiki juga adalah bajak laut yang ahli menggunakan pedang, meskipun posisinya ada di bagian kaki dan bukan di tangan.

Selain kemampuan berpedang, Shiki juga memiliki kemampuan buah iblis Fuwa Fuwa. Berkat kemampuan buah iblis Fuwa Fuwa no Mi, dia memiliki kemampuan untuk membuat benda di sekitarnya terbang, dan bahkan dia sendiri pun bisa terbang. Dalam pertarungannya melawan Garp dan Roger, Shiki bisa dengan mudah menghancurkan setengah dari Marineford, yang mana pulau Marineford terhitung sebagai pulau yang sangat besar. Jika Shiki tidak menahan diri, mungkin dia bisa saja menghancurkan seluruh Marineford.

Edward Newgate “Whitebeard”

Manusia paling kuat dalam cerita One Piece, Whitebeard merupakan seorang bajak laut yang berbeda dan seseorang yang mampu menandingi kekuatan dari sang raja bajak laut, Gol D. Roger. Kekuatan terbesar Whitebeard berasal dari perpaduan antara kemampuan Gura Gura no Mi miliknya dan kekuatan Haki yang dia miliki. Keduanya mampu memberikan daya hancur yang dahsyat.

Bahkan, Sengoku sendiri pernah menyebutkan jika dia memiliki kekuatan yang mampu menghancurkan seluruh dunia, yang artinya dia bisa melakukan lebih dari sekedar menghancurkan sebuah pulau. Wajar saja, kekuatan Gura Gura no Mi miliknya bisa membuat daratan terguling atau bahkan hancur dan memunculkan tsunami besar. Whitebeard sendiri memiliki armada yang sangat besar, bahkan mungkin lebih besar dari kelompok Big Mom.

Gol D. Roger

Sang raja bajak laut, Gol D. Roger, merupakan salah satu karakter yang paling kuat yang pernah muncul di cerita One Piece. Roger diceritakan sudah berhasil menaklukan semua pulau, memiliki semua kekayaan, popularitas, dan juga kekuatan. Petualangannya yang terakhir membawa dia ke sebuah pulau bernama Laugh Tale, tempat dimana Poneglyph terakhir berada dan harta karun One Piece.

Roger dianggap sebagai bajak laut yang paling sukses dalam sejarah. Dari segi kekuatan, Roger bisa menandingi berbagai karakter kuat, seperti Whitebeard, dalam sebuah pertarungan. Hal ini pernah diperlihatkan dalam flashback kisah Kozuki Oden, dimana pertarungan Roger dan Whitebeard berlangsung selama tiga hari dan tidak ada yang menang.

Rocks D. Xebec

Nama bajak laut Rocks D. Xebec mungkin baru muncul dalam cerita One Piece, tapi sebenarnya sudah sejak lama reputasinya sebagai bajak laut paling mengerikan muncul di seluruh lautan. Rocks bukan nama yang sembarangan, karena baik pemerintah dunia dan angkatan laut pun sangat segan dengan nama ini. Saking mengerikannya, sejarah tentang Rocks dihapuskan dari sejarah dan sengaja ditutup-tutupi oleh mereka.

Rocks merupaka kapten bajak laut yang ternyata memiliki anak buah yang mengerikan. Beberapa diantaranya adalah Whitebeard, Kaido, Big Mom, juga Shiki dan beberapa nama besar lainnya. Saking mengerikannya sosok Rocks, dia harus dikalahkan dengan bantuan aliansi Monkey D. Garp dengan bajak laut Roger. Insiden pertarungan tersebut disebut sebagai insiden God Valley.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.