Phase 3 MCU mungkin bisa menjadi sebuah set up cerita “Annihilation” yang mungkin akan diadaptasi di Avengers 5 mendatang. Sampai sejauh ini, memang masih belum diketahui apakah Marvel Studios akan menghadirkan Avengers 5 di kemudian hari. Pasalnya, selama di Phase 4 sendiri mereka tidak memasukan Avengers lima dalam rencana jangka pendeknya.

‘Annihilation’ sendiri merupakan salah satu arc di Marvel Comics yang cukup populer yang dirilis pada 2007 lalu. Yang menarik dari cerita ini adalah para pahlawan yang terlibat bukanlah mereka yang biasa kita lihat, seperti Captain America, Iron Man, Thor, atau bahkan Spider-Man. Para pahlawan kosmik seperti Nova, Drax, dan Silver Surferlah yang justru menjadi “pemeran utama” dalam ceritanya.

Dengan adanya Phase 4 ini, Marvel Studios bisa saja menggunakan peristiwa dari apa yang terjadi di Phase sebelumnya dan menggabungkannya dengan Phase 4. Sehingga, nantinya mereka bisa menjadi landasan cerita untuk Phase 5 mendatang. Berikut adalah alasan mengapa Marvel bisa menghadirkan “Annihilation” di Avengers 5.

MCU Butuh Crossover Besar Pasca Infinity War

Dengan dihadirkannya Infinity War, standar crossover film MCU tentunya sekarang sudah sangat tinggi. Artinya Marvel harus bekerja sangat keras untuk bisa melampaui, atau setidaknya menyamai, vibe atau hype dari Avengers: Infinity War dan Endgame. Namun, melihat jadwal film yang akan diproduksi di Phase 4 mendatang sepertinya Marvel masih belum memiliki rencana untuk melakukan hal tersebut.

Di Phase 4 ini Marvel tidak memulai dengan sesuatu yang besar, namun dengan sesuatu yang cenderung “kecil” seperti Black Widow dan Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Marvel sadar bahwa tidak bisa setiap film seheboh atau semasif Infinity War dan Endgame. Dan apa yang mereka umumkan di Phase 4 ini sepertinya menjadi salah satu rencana dan strategi besar yang sudah mereka siapkan.

Diperkenalkannya Infinity Saga di MCU membuat adanya keinginan untuk terus mempertahanan konsep crossover di sepanjang MCU. Mengambil jeda pendek setelah peristiwa besar seperti Infinity War dan Endgame memang adalah sesuatu yang wajar, tapi setelahnya Marvel harus segera bersiap untuk kembali “mengumpulkan kekuatan” untuk sesuatu yang sangat besar. Dan tempat yang pas untuk itu adalah Avengers 5, yang kemungkinan akan tayang antara 2023 sampai 2025 mendatang.

MCU Sudah Memperkenalkan Skrulls dan Lree

Dalam Annihilation, bukan hanya para pahlawan saja yang terlibat dalam peristiwa ini. Kree dan Skrulls juga dipaksa untuk bekerja sama demi mengalahkan Annihilus bersama yang lain. Di MCU, Guardians of the Galaxy sudah memperkenalkan kerajaan Kree kepada para fans dan Captain Marvel memperkenalkan Skrulls. Jadi, bisa dibilang para fans MCU sudah mengenal/familiar dengan dua ras alien ini.

Karena kemunculan Annihilus adalah ancaman bagi seluruh makhluk di alam ini, keduanya terpaksa berada di situasi yang cukup langka, dimana mereka harus bekerja sama. Seperti yang kita ketahui, Skrulls dan Kree sudah sejak berabad-abad yang lalu berperang dan saling membenci. Dalam mini seri ini, kedua ras alien ini mengirimkan perwakilan mereka untuk bergabung.

Super Skrull dan Ronan the Accuser, yang biasanya digambarkan sebagai villain, kini mereka harus bertarung melawan Annihius bersama para pahlawan. Melihat Kree dan Skrull bekerja sama di Avengers 5 bisa menjadi salah satu daya tarik yang menarik, meskipun Ronan sendiri di MCU diceritakan sudah tewas. Mungkin sebagai gantinya, bisa saja Talos dan Super Skrull yang akan muncul di film tersebut

Series Nick Fury Bisa Semakin memperkuat Dasarnya

Marvel Studios bisa saja menjadikan post-credit scene di Spider-Man: Far From Home, sebagai landasan lainnya untuk memulai peristiwa “Annihilation.” Bisa saja diceritakan nantinya bahwa Annihilus dan Annihilation Wave sudah masuk dalam radar SWORD. Ini juga bisa menjadi alasan nantinya mengapa manusia akhirnya bekerja sama dengan para Skrulls.

Melalui series Nick Fury, yang kabarnya sedang dalam masa pengembangan, Marvel bisa menggali atau menjelaskan hal tersebut dengan detail kepada para fans. Bahkan, di seriesnya nanti Marvel bisa saja menghadirkan cerita dimana Nick Fury menjalin hubungan dengan ras lainnya di universe Marvel, sebagai persiapan untuk menghadapi Annihilation Wave.

Mengapa Annihilation?

Proyek crossover selanjutnya harus bisa menyesuaikan kemana arah dari Marvel Studios saat ini menuju. Disebutkan bahwa Marvel akan semakin mengedepankan elemen kosmik di film-film mereka. Dan dengan elemen kosmik yang diperlihatkan di  Phase 3 dan 4 nantinya, cerita tentang “Annihilation” dirasa tepat untuk menjadi proyek crossover MCU selanjutnya.

Dua film terakhir Avengers menghadirkan banyak sekali cast dan juga karakter yang berasal dari seluruh franchise MCU.  Tapi, Avengers 5 tidak perlu sama atau melebihi Endgame dan Infinity War. Salah satu “keuntungan” dari cerita ini adalah tidak perlu banyak karakter yang muncul di ceritanya. “Annihilation” bisa tetap menghadirkan nuansa epik di MCU tanpa harus menghadirkan cast yang sangat banyak. Captain Marvel dan Thor bisa memiliki peran penting di filmnya. Karakter lainnya yang juga mungkin bisa bergabung adalah Nova, Adam Warlock, atau Beta Ray Bill.

Bagaimana Annihilation Terjadi Tanpa Thanos

Dalam versi komiknya, Thanos muncul sebagai sekutu dari Annihilus. Setelah berhasil mengalahkan Galactus, Silver Sufer, dan yang lain, Thanos kemudian dibunuh oleh Drax. Tapi, kemudian terungkap bahwa sebenarnya Thanos diam-diam juga mengkhianati Annihilus dengan cara menciptakan sebuah cara bagi Silver Surfer untuk pergi sebelum dia mati. Dan yang paling utama adalah Thanos membantu para pahlawan menghentikan Annihilus untuk menyelesaikan semua tujuannya.

Inilah yang kemudian menjadi “masalah” ketika Annihilation coba diadaptasi oleh MCU. Karena, seperti yang kita tahu, bahwa Thanos kini sudah menghilang. Dia berada di Soul World setelah apa yang dilakukan oleh Tony Stark di akhir film Endgame. Tapi, pengalaman di film Age of Ultron, Infinity War, dan Endgame membuktikan Marvel selalu memiliki jalan bagi masalah seperti ini.

Berdasarkan hal tersebut bisa disimpulkan bahwa Avengers 5 bisa saja mengganti sosok Thanos dengan sosok villain lainnya, misalnya Kang the Conqueror yang dikabarkan akan muncul di Ant-Man 3. Meskipun ada sedikit perbedaan karakter yang terlibat dalam ceritanya – dan mungkin ceritanya juga – tapi cerita Annihilation tetap bisa diadaptasi ke MCU khususnya oleh Avengers 5.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.