Geeks semua tentunya sudah mengetahui bahwa Uzumaki Naruto adalah Hokage ketujuh di desa Konohagakure. Selain itu, Naruto juga merupakan shinobi yang terkuat dalam franchise Naruto saat ini. Ayah Naruto, Minato Namikaze, merupakan Hokage keempat di desa Konoha. Selain menjadi seorang Hokage, dulu mimpi besar Naruto adalah mampu melampaui kemampuan ayahnya.

Pada akhirnya, Naruto memang berhasil mewujudkan mimpinya untuk menjadi seorang Hokage di desa Konoha. Namun, bukan hanya itu, saat ini, dengan pencapaian yang sudah diraih oleh Naruto, dia bahkan sudah berhasil melampaui sang ayah. Lalu, apa saja hal-hal dari Naruto yang berhasil membuatnya unggul dari sang ayah?

1Kekuatan

Ketika berbicara mengenai kekuatan fisik, tidak ada keraguan bahwa Naruto sudah berhasil melampui kekuatan fisik sang ayah dahulu. Meskipun Minato adalah seorang Hokage dan shinobi yang sangat hebat di eranya, dia tetap memiliki kelemahan sebagai seorang ninja. Naruto, di sisi lain, sudah berhasil mencapai puncak kekuatannya, dimana kekuatan tersebut bahkan melebihi kemampuan dan batas manusia pada umumnya.

Naruto bahkan memiliki kekuatan yang bisa disandingkan dengan anggota klan Otsutsuki lainnya. Bisa dikatakan, level kekuatan Naruto sudah setara dengan para dewa dan melebihi level kekuatan para Hokage lainnya yang muncul sebelum Naruto. Naruto sudah melampaui mimpinya sendiri, dengan menjadi shinobi terkuat di franchisenya.

2Kecepatan

Minato Namikaze, selain terkenal karena kemampuan chakra dan kekuatan fisiknya, juga terkenal karena kecepatan yang dia miliki. Dia bahkan memiliki julukan ‘cahaya kuning dari Konoha’. Bukan tanpa alasan mengapa Minato mendapatkan julukan itu. Kecepatan yang dia miliki melebihi shinobi pada umumnya. Bahkan, kecepatannya hampir mirip seperti teleportasi. Minato bahkan pernah membunuh 1000 shinobi musuh dalam waktu singkat.

Namun, nyatanya Naruto lebih kencang lagi dari sang ayah. Di akhir seriesnya, Naruto bahkan menjadi shinobi tercepat di dunia. Kecepatannya bahkan melebihi kecepatan Raikage keempat, saat peristiwa perang besar ninja keempat berlangsung. Sepertinya, kecepatan sudah menjadi kemampuan alami dan natural dalam diri Naruto.

3Penguasaan Sage Mode

Satu hal besar yang membuat Naruto lebih unggul dibandingkan Minato adalah kemampuan Sage Mode yang dimiliki oleh Naruto. Teknik ini diajarkan kepada Naruto oleh Fukasaku dan Shima, saat mempersiapkan diri untuk menghadapi penyerangan Pain pasca kematian Jiraiya. Seiring berjalannya waktu, Naruto mulai menguasai teknik Sage Mode ini, bahkan kemampuan Naruto dalam teknik ini melebihi Jiraiya dan Minato. Meskipun Minato sudah menyempurnakan teknik luar biasa ini, tapi Minato tidak mampu untuk bisa mempertahankannya dalam waktu lama.

4Terlibat Dalam Peristiwa Yang Jauh Lebih Besar

Sebagai shinobi dari Konohagakure, tidak terhitung sudah berapa kali Naruto berhasil menyelamatkan desanya dari bahaya dan ancaman yang datang. Dia sudah pernah menghadapi sosok shinobi kuat seperti Gaara dan Pain yang selalu berusaha menghancurkan Konoha. Yang lebih epik lagi adalah Naruto berhasil menyelamatkan seluruh dunia dengan berhasil memenangkan perang besar ninja keempat, bersama dengan Sasuke dan Sakura.

Minato mungkin adalah sosok yang kuat, shinobi yang cepat serta hebat, tapi untuk mencapai level yang sama seperti Naruto saat ini rasanya sulit. Minato memang sempat terlibat dalam perang besar ninja ketiga, dan berhasil membunuh 1000 shinobi musuh. Mungkin itu adalah pencapaian terbesar dalam hidup Minato, selain mengorbankan dirinya untuk menjinakan Kurama.

5Pemimpin Yang Lebih Baik

Terlepas dari masih adanya kekurangan yang ada dalam diri Naruto, dia adalah sosok Hokage yang baik. Naruto menjadi pemimpin dengan memberikan contoh kepada yang lain. Dia adalah orang yang bertanggung jawab atas keamanan wilayah Konoha dan juga seluruh dunia. Naruto memiliki orang-orang yang bisa diandalkan untuk menutupi kekurangannya, seperti Naruto atau Shikamaru. Naruto juga rela mengorbankan nyawanya demi melindungi perdamaian ini, seperti yang sedang terjadi sekarang dalam pertarungan melawan Isshiki Otsutsuki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.