Nama X Drake sedang menjadi perbincangan hangat selama arc Wanokuni berlangsung dalam seri One Piece. Pasalnya, ternyata X Drake bukanlah seorang bajak laut biasa dan juga dia bukanlah sekedar bajak laut dengan nilai buruan diatas 100 juta Belly. Dia adalah bagian dari kelompok rahasia angkatan laut yang sekarang menjalankan misi di Onigashima, dan menyusup ke kelompok bajak laut Beast.

Di chapter 990 kemarin Drake kembali menjadi sorotan, dimana dia menjadi target pembunuhan oleh Queen dan Who’s Who. Beruntung dia bisa kabur dan kemudian bertemu dengan Luffy. Drake pun kemudian menyatakan keingingannya untuk bergabung bersama Luffy, untuk mengalahkan Kaido. Lalu, siapa sebenarnya sosok X Drake? Berikut adalah beberapa fakta mengenai sosok X Drake.

Mengikuti Jejak Ayahnya

X Drake merupakan putra dari Diez Barrels, yang dulunya adalah seorang angkatan laut namun kemudian berubah menjadi seorang bajak laut. Pada saat Drake remaja, dia memiliki nama panggilan ‘Dory’. Apa yang terjadi dengan hidup Drake sekarang – seorang angkatan laut yang kemudian berubah menjadi bajak laut – kemungkinan terinspirasi dari sang ayah.

Namun, sebenarnya hubungan Drake dengan sang ayah tidak terlalu baik. Sedari kecil, Drake selalu mendapatkan perlakuan kasar dari sang ayah. Ketika kelompok bajak laut Donquixote menyerang markas persembunyian kelompok ayahnya 13 tahun lalu, Drake berhasil kabur sedangkan sang ayah dan seluruh krunya harus tewas.

Pemimpin Kelompok rahasia Angatan Laut

Selama ini, Drake selalu diperkenalkan sebagai mantan angkatan laut yang kemudian membelot untuk menjadi seorang bajak laut. Tapi, kemudian fakta mengejutkan muncul dimana Drake sebenarnya adalah masih menjadi bagian dari angkatan laut. Bahkan, dia adalah pemimpin kelompok rahasia angkatan laut, SWORD.  Jadi, selama ini dia berpura-pura untuk menjadi seorang bajak laut.

Drake selalu mengelak bahwa dia dulunya adalah bagian dari angkatan laut, dan lebih senang jika diperkenalkan sebagi bagian dari kru bajak laut Drake. Sosok Drake mirip dengan Donquixote Rosinante alias Corazon, yang ternyata adalah seorang angkatan laut yang kemudian menyamar menjadi bagian dari kelompok Donquixote. Tujuannya adalah menggali informasi terkait kelompok tersebut.

Penyamaran Terbongkar

Seperti yang diungkapkan oleh Drake sendiri, dia ternyata memiliki alasannya sendiri untuk pergi ke Wano. Drake sedang menjalankan misi rahasia besar di Wano, yang sayangnya masih belum diketahui apa misi rahasianya. Yang pasti dia kemudian harus menyusup ke kelompok Kaido dengan cara bergabung dan menjadi salah satu dari enam anggota Flying Six.

Sayangnya, penyamaran Drake terbongkar oleh Who’s Who dan Queen yang mengetahui bahwa Drake membebaskan Trafalgar Law, saat dia ditahan oleh Basil Hawkins. Saat ini Drake berusaha untuk menjalin aliansi dengan Luffy.

Diambil Dari Sosok Nyata

Nama X Drake atau Drake sendiri sebenarnya terinspirasi dari sosok nyata di abad ke 16. Namanya adalah Sir Francis Drake, dan dia adalah seorang kru kapal laut di era tersebut. Selain namanya, Eiichiro Oda juga mencoba untuk menghadirkan kesamaan lain dari sosok Sir Francis Drake seperti pada bagian lukanya. Dan tentunya juga pekerjaannya yang berhubungan dengan angkatan laut.

Masa Kecil Yang Berbeda

Dalam kolom SBS 64, Oda Sensei sempat menggambar seluruh Supernova ketika mereka masih kecil, sebagai bagian dari permintaan seorang fan. Yang menarik adalah Drake mengenakan seragam angkatan laut, yang menunjukan bahwa memang sedari kecil dia sudah bercita-cita dan sangat terinspirasi untuk menjadi seorang angkatan laut.

Drake kecil juga terlihat begitu ceria dan sangat periang, berbeda dengan sosoknya saat ini yang sangat serius dan pendiam. Mungkin hal tersebut ada kaitannya dengan kekerasan yang dia terima saat dia masih kecil, dimana seperti yang disebutkan di atas dia sempat mendapatkan perlakuan kasar dari ayahnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.