Pertarungan besar di Onigashima masih tetap seru dan tensinya masih terus meningkat, seperti yang diperlihatkan di chapter 990 kemarin. Red Scabbards beserta para suku Mink harus menghadapi kesulitan yang sangat besar dari Jack the Drought. Meskipun para suku Mink menggunakan form Sulong mereka, nampaknya mereka masih belum mampu untuk bisa mengalahkan Jack.

Di sisi lain, Queen dan King juga mencoba menghadang pergerakan dari aliansi Luffy untuk bisa pergi ke atap istana Kaido. Namun, ada beberapa hal menarik yang diperlihatkan di chapter ini. Pertama, kita akhirnya tahu siapa sosok Flying Six yang ingin dibunuh oleh Queen. Ternyata sosok tersebut adalah X Drake. Di chapter ini diperlihatkan bahwa Queen sudah mengetahui apa yang terjadi di Flower Capital saat dia membebaskan Trafalgar Law.

Yang mengejutkan adalah bukan hanya Queen, Who’s Who juga nyatanya tahu rahasia ini. Namun, meskipun begitu Queen dan Who’s Who masih belum tahu bahwa Drake sebenarnya adalah bagian dari SWORD. Hal lainnya yang menarik adalah menerka siapa sosok yang dimaksud oleh Basil Hawkins dalam ramalannya. Sebelum Who’s Who menjebak Drake untuk menghabisinya, Drake sempat berbincang dengan Hawkins.

Drake bertanya tentang apa yang sedang diramal oleh Hawkins, dan Hawkins pun menjawab bahwa dia sedang memprediksi seseorang – seorang pria tepatnya. Menurut hasil ramalan Hawkins, peluang untuk bertahan hidup sosok pria tersebut sampai besok hanyalah 1% yang mana artinya peluang untuk bisa bertahan sangatlah kecil. Tapi, pertanyaannya adalah siapa sosok pria tersebut?

Dilihat dari situasi yang sedang terjadi saat ini, ada dua karakter yang merupakan sosok yang dimaksud oleh Basil Hawkins. Pertama, adalah X Drake. Secara jelas di chapter ini kita diperlihatkan bahwa nyawa Drake berada dalam bahaya, setelah Who’s Who, Queen, dan bahkan Basil Hawkins mengetahui tentang apa yang dia lakukan terhadap Law.

Namun, beruntung bahwa Drake berhasil kabur berkat perhatian Queen dan Who’s Who yang teralihkan oleh bagian tembok yang hancur. Meskipun begitu, Queen sangat marah terhadap Drake dan benar-benar sangat ingin menghabisi nyawanya. Bahkan. Who’s Who pun sudah menganggap Drake sebagai musuh. Di salah satu panel pun diperlihatkan narasi Drake yang mengungkapkan bagaimana dirinya saat ini berada dalam situasi terjepit.

Drake tidak bisa lari kemana-mana, karena semua – anak buah Kaido – sudah menganggapya sebagai musuh. Sampai kemudian dia bertemu dengan Luffy, dan menganggapnya sebagai peluang untuk bisa selamat dari sana. Namun, perlu diingat Luffy masih menganggap Drake adalah bagian dari Flying Six, yang artinya Luffy masih menganggap Drake sebagai musuh.

Sosok yang kedua, tentunya adalah Monkey D. Luffy. Kita tahu bahwa Luffy, pada akhirnya, akan bertarung melawan Kaido. Bahkan, mungkin bukan hanya bertarung melawan Kaido dia juga akan bertarung melawan Big Mom. Untuk mengalahkan satu Yonko saja butuh kekuatan dan tenaga yang sangat ekstra dari Luffy, yang artinya dia harus mengeluarkan tenaga dua kali lipat – mungkin lebih – untuk bisa mengalahkan kedua Yonko tersebut.

Memang, Luffy dan seluruh kru Topi Jerami sudah mengalami peningkatan kekuatan dan tenaga sejauh ini. Luffy bahkan mampu mengalahkan salah satu The Numbers dengan mudah. Tapi, hal itu tidak bisa menutup fakta bahwa Kaido dan Big Mom adalah sosok yang sangat kuat. Titel mereka sebagai Yonko membuktikan hal itu, dan juga pertarungan pertamanya dengan Kaido juga menjadi bukti kedahsyatan Kaido.

Ada teori yang menyebutkan bahwa mereka akan kalah di babak ketiga ini, sebelum kemudian mereka akan masuk ke babak keempat dan akhirnya menang. Melihat apa yang terjadi kepada Red Scabbards dan juga para suku Minks yang kerepotan hanya untuk menghadapi Jack, rasanya peluang untuk kalah memang sangat besar. Yang artinya peluang Luffy untuk selamat dalam pertarungan ini sangatlah kecil.

Dengan asumsi bahwa Luffy sudah mengerahkan seluruh kekuatan dan tenaganya untuk mengalahkan Kaido, dia masih harus menghadapi satu Yonko lainnya dalam pertempuran ini. Pertanyaanya kemudian apakah Luffy sanggup menghadapi Big Mom, dengan sisa tenaga yang ada? Kru Topi Jerami mungkin akan memberikan bantuan tenaga, tapi mungkin terlalu naif untuk kemudian menganggap tidak akan ada masalah atau rintangan yang akan mereka hadapi.

Tetapi, perlu ada yang perlu digaris bawahi tentang 1% peluang bertahan hidup dari sosok ini. Meskipun peluang hidupnya kecil, bukan berarti sosok tersebut tidak bisa bertahan hidup sama sekali alias 0%. Jika itu Luffy, bisa diartikan bahwa dia masih memiliki peluang untuk bisa menghadapi kedua Yonko ini meskipun nyawanya sekarat. Mungkin setelah pertarungan ini, dia tidak akan mampu bertarung atau berjalan selama beberapa waktu.

Dan jika sosok tersebut adalah Drake, bisa diartikan bahwa peluang untuk dia bisa menyelesaikan misinya di Wano sekaligus menyelamatkan nyawanya masih ada. Luffy adalah peluang 1% persen yang akan membawa Drake keluar dari Onigashima, meskipun hal itu harus mempertaruhkan nyawa Drake dan mungkin Luffy serta kru Topi Jerami tidak akan begitu saja percaya kepada Drake. Kita nantikan saja ya Geeks, kira-kira siapa sosok yang dimaksud dalam prediksi Basil Hawkins tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.