Super Saiyan merupakan elemen penting dalam franchise Dragon Ball yang memberikan cukup banyak perubahan dalam ceritanya. Setelah pertama kali muncul dalam pertarungan Goku melawan Frieza dalam series Dragon Ball Z, dan membuat para fans terkejut, Super Saiyan kini sudah menjadi transformasi “wajib” yang muncul dalam setiap cerita Dragon Ball. Bahkan, Akira Toriyama menciptakan berbagai variasi dari serinya.

Namun, ketika Buu diperkenalkan dalam cerita, Akira Toriyama kemudian mengeksplor sumber kekuatan lainnya, termasuk transformasi yang biasa disebut “Mystic”. Meskipun pada dasarnya Mystic bukanlah sebuah transformasi seperti Super Saiyan, Mystic tetap memberikan tambahan tenaga yang sangat dahsyat kepada penggunanya. Sampai saat ini, Gohan menjadi satu-satunya karakter utama dan Saiyan yang pernah mendapatkannya. Lalu, mana yang lebih kuat antara Super Saiyan dan Mystic?

Mystic: Tidak Perlu Super Saiyan

Dilihat dari berbagai sisi, memang kekuatan dari Mystic adalah “alternatif” untuk menggantikan kemampuan transformasi Super Saiyan. Karena Old Kai memberikan Gohan kekuatan dan juga meningkatkannya, berubah menjadi Super Saiyan tentunya tidak akan memberikan Gohan tambahan tenaga sama sekali. Jikapun bisa, mungkin hanya sedikit saja, mengingat bagaimana berubah menjadi Super Saiyan membutuhkan tenaga yang sangat banyak. Lagipula, Chi-Chi sebenarnya kurang begitu senang jika keluarga Saiyannya berubah menjadi Super Saiyan.

Super Saiyan: Memiliki Berbagai Variasi Form

Meskipun Mystic bisa memberikan peningkatan kekuatan yang dahsyat, tapi Mystic tidak bisa memberikan penggunanya kemampuan untuk lebih meningkatkan lagi kekuatan penggunanya ke tahap selanjutnya. Di sisi lain, seperti yang kita tahu, Super Saiyan memiliki banyak versi dan semakin “tinggi” level sebuah Super Saiyan maka semakin dahsyat juga kekuatannya.

Hal ini juga bisa menjadi strategi dalam menghadapi musuh. Untuk menghadapi lawan yang biasa. Super Saiyan 1 mungkin bisa digunakan. Jika kemudian ada musuh yang lebih kuat, maka penggunanya bisa meningkatkan level Super Saiyannya, dan begitu seterusnya. Mystic tentunya tidak memiliki kemampuan seperti ini, karena pada dasarnya Mystic hanya memiliki satu level kekuatan.

Mystic: Meningkatkan Kekuatan Berkali-Kali Lipat

Memang, Super Saiyan form memberikan penggunanya peningkatan kekuatan, dan tidak ada dari Super Saiyan 1 dan 2 milik Gohan mampu menghadapi form “innocent” dari Majin Buu. Baru ketika Gohan mengakses kemampuan Mystic, dia bisa mengimbangi bahkan melebihi form Buu tersebut. Bahkan, berdasarkan apa yang diperlihatkan, Mystic jauh lebih kuat dari level pertama Super Buu, yang mana kekuatannya jauh lebih kuat dibandingkan Innocent Buu.

Bukti lainnya adalah Mystic mampu melindungi Gohan dari serangan Super Buu, dibandingkan dengan Super Saiyan Gotenks. Tapi, perlu ada catatan penting yang diingat, bahwa peningkatan kekuatan ini tergantung pada siapa dan bagaimana kekuatan penggunanya. Bagi Gohan, yang merupakan setengah manusia bumi dan setengah Saiyan, peningkatannya jelas terasa. Tapi, kemampuan ini mungkin tidak akan terasa jika terjadi para krillin atau seseorang yang tidak memiliki kekuatan dahsyat.

Super Saiyan: Memiliki Form “God”

Ketika digunakan pada sosok yang tepat dengan kemampuan yang mumpuni, kekuatan berkali-kali lipat dari Mystic mampu mengalahkan tiga form Super Saiyan pertama. Tapi, seperti yang disebutkan di atas, bahwa Super Saiyan memiliki beberapa stage atau tingkatan yang mana hal ini tidak dimiliki oleh Mystic. Dan form Super Saiyan God, merupakan level tertinggi dimana kemampuannya mampu mengalahkan Mystic.

Contoh nyatanya adalah meskipun Gohan adalah sosok petarung yang kuat dengan Mystic yang ada dalam dirinya, tapi hal itu tidak akan pernah cukup untuk bisa menandingi kekuatan dari Beerus. Lain halnya dengan form Super Saiyan God yang mampu menandingi/mengimbangi kekuatan Beerus, dan memaksanya untuk bertarung serius. Mystic kemudian diperlihatkan mampu mengimbangi form Super Saiyan Blue milik Goku, tapi sepertinya tidak ada peningkatan apapun terhadap form dasar dari Gohan.

Mystic: Selalu Siap Digunakan

Meskipun Super Saiyan God adalah stage yang tertinggi, tapi pada intinya kemampuan Super Saiyan tersebut tidak berbeda dengan kemampuan Super Saiyan pada umumnya. Satu kelemahan besar dari hal ini adalah Super Saiyan tidak berlangsung lama. Jika kemudian sebuah Super Saiyan atau Super Saiyan God terlalu banyak menerima serangan dalam pertarungan atau penggunanya kehilangan banyak energi, mereka akan kembali ke form dasarnya.

Untuk Mystic, kemampuan ini tidak mengenal hal seperti itu. Mereka yang memiliki kemampuan Mystic akan selalu memiliki peningkatan kekuatan, tidak ada batas waktu atau batasan lainnya. Meskipun penggunanya kehilangan banyak tenaga atau energi, hal itu tidak membuat pengguna Mystic kembali ke form utama. Mystic, bisa dikatakan, “berfungsi” sebagai form dasar dari penggunanya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.