Moff Gideon sepertinya (masih) akan menjadi sosok villain penting di musim kedua The Mandalorian. Karakternya sendiri diperankan oleh Giancarlo Esposito, Moff Gideon pertama kali diperkenalkan di musim perdana kemarin. Gideon sendiri adalah pemimpin sisa-sisa pasukan Stormtrooper milik Empire, dan saat ini dia memiliki misi untuk menculik Baby Yoda untuk alasan yang masih belum diketahui.

Gideon sendiri memiliki sejarah panjang dengan Din Djarin dan para penduduk planet Mandalore, dimana dia terlibat dalam sebuah peristiwa bersejarah di planet tersebut yaitu Great Purge. Meskipun belum dijelaskan secara detail, pada intinya, dalam peristiwa tersebut hampir seluruh klan Mandalore hancur dalam sebuah peperangan besar.

Di akhir cerita musim perdana, Gideon sempat memaksa Djarin untuk menyerahkan Baby Yoda, namun Djarin tentunya menolak permintaan tersebut. Pertempuran antara pasukan Stormtrooper dan kelompok Din Djarin pun tidak terhindarkan. Puncaknya adalah ketika Mando menghancurkan pesawat TIE Fighter custom milik Gideon dalam sebuah pertarungan udara.

Meskipun Mando berhasil menang, tapi Gideon sepertinya masih hidup dimana dia muncul dari bawah reruntuhan sambil memegang Darksaber. Musim kedua pun siap untuk tayang pada Oktober mendatang, akan kembali memperlihatkan konflik antara Djarin dan Gideon. Namun, ada beberapa hal baru di musim kedua ini salah satunya adalah Djarin memiliki sekutu baru yaitu Ashsoka Tano, Bo-Katan Kryze, dan mungkin Boba fett.

Selain itu, Gideon juga dikabarkan akan terlibat dalam pertarungan lightsaber di musim kedua ini, dengan Gideon menggunakan lightsaber legendaris dari planet Mandalore, Darksaber. Namun, sepertinya hal yang baru dari Gideon bukan hanya Darksaber saja. Gideon sepertinya tidak lagi menggunakan TIE Fighter melainkan menggunakan pesawat yang lebih berbahaya dan mengerikan, dan banyak yang berspekulasi kapal baru yang ditumpangi Gideon adalah Star Destroyer.

Dalam wawancara terbarunya dengan Entertainment Weekly, Esposito sempat mengungkapkan bahwa karakternya akan mengendari sebuah kendaraan yang “lebih besar” di musim kedua The Mandalorian. Dan berdasarkan gambar yang dirilis oleh EW, terlihat Gideon dikeliling oleh interior dengan nuansa hitam, merah dan putih, warna yang khas dari bagian dalam Star Destroyer milik Empire.

Di musim perdana kemarin, The Mandalorian sempat memperlihatkan penghormatan mereka terhadap berbagai film Star Wars lama, seperti menggunakan efek visual yang sama, menggunakan screen display yang sama, dan bahkan mereka juga menggunakan benda-benda yang berasal dari trilogi pertama Star Wars. Dengan asumsi bahwa Jon Favreu dan Dave Filoni akan melakukan hal yang sama di musim kedua ini, maka teori bahwa Moff Gideon akan menggunakan Star Destroyer semakin kuat.

Dalam sejarah Star Wars, gelar Moff sendiri sempat identik dengan sosok Grand Moff Tarkin, karakter yang diperankan oleh Peter Cushing. Ketika Tarkin dipromosikan menjadi seorang Moff, dia kemudian diberikan tugas untuk menjadi komandan di sebuah kapal Star Destroyer. Itu artinya, kembali, teori Moff Gideon akan menggunakan Star Destroyer semakin tinggi karena sesuai dengan pangkat yang dia miliki.

Dengan Moff Gideon mengendarai Star Destroyer, salah satu kapal tempur terhebat di jagat Star Wars, tentunya akan memberikan perubahan besar dalam cerita di musim kedua. Di musim pertama, Din Djarin mungkin belum pernah menghadapi pesawat yang lebih besar dan lebih hebat dari Razor Crest miliknya. Namun, Din tentu akan berpikir dua kali jika dia kemudian dikejar oleh kapal Star Destroyer. Apakah Din Djarin dan Baby Yoda mampu lolos dari kejaran Moff Gideon? Kita nantikan saja 20 Oktober mendatang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.