Uzumaki Naruto mungkin pada akhirnya sudah berhasil menggapai mimpinya sebagai seorang Hokage, mimpi yang selama ini dia selalu ungkapkan kepada para fans. Tapi, sayangnya, meskipun Naruto adalah seorang Hokage dalam series Boruto: Naruto Next Generation, secara teknis dia masih seorang Genin. Yang artinya, Naruto memiliki “kedudukan” yang sama dengan Boruto dan Sarada.

Dalam series Naruto terdapat tiga ranking untuk seorang shinobi. Pertama adalah Genin, atau yang biasa disebut sebagai pemula. Biasanya, seorang Genin adalah shinobi yang baru saja masuk di akademi ninja. Kemudian tingkat selanjutnya adalah Chuunin, yang bisa disederhanakan menjadi tingkat menengah seorang shinobi. Biasanya shinobi yang sudah mengikuti ujian Chuunin adalah para shinobi yang usianya remaja.

Kemudian tingkat terakhir adalah Jonin, atau secara singkatnya merupakan tingkatan paling tinggi atau senior. Naruto sendiri berhasil menjadi seorang Genin Konoha dengan cara yang unik, dimana bukan melalui ujian masuk melainkan karena berhasil mempelajari dan mempraktikan jurus terlarang Kagebunshin. Iruka, yang menjadi saksi dari hal ini, kemudian langsung menerima Naruto menjadi seorang Genin.

Di sepanjang seriesnya, Naruto beserta Sasuke dan yang lain, tetap berada di level Genin dan hanya Shikamaru yang kemudian berhasil ke level Chuunin. Dalam lompatan waktu antara Naruto dan Naruto Shippuden, Konoha 11 kemudian kembali mengikuti ujian dan akhirnya berhasil dipromosikan menjadi Chuunin. Sayangnya, pada saat itu, Naruto sedang tidak ada di desa karena sedang berlatih bersama Jiraiya.

Meskipun begitu, ketika Naruto kembali ke Konoha, dia menjadi yang terkuat diantara yang lain. Tapi, kembali, karena dia tidak mengikuti ujian Chuunin seperti yang lain, maka artinya dia tetap berada di level Genin. Kemudian dalam series Boruto, Naruto terpilih untuk menjadi Hokage di desa Konoha dan memiliki anak dari pernikahannya dengan Hinata.

Berbeda dengan Naruto, Boruto menempuh pendidikan ninja dengan cara yang formal. Sehingga pada teknisnya, Boruto lebih tinggi daripada Naruto dalam hal tingkatan ninja. Banyak fans yang beranggapan bahwa dengan Naruto menjadi Hokage, maka statusnya sebagai Genin akan terlupakan atau tidak lagi berlaku. Naruto benar-benar mengejutkan orang-orang dengan kekuatannya, dan melupakan statusnya sebagai seorang Genin.

Hal ini diakui sendiri oleh Naruto. Dalam series Boruto, Naruto diwawancarai oleh saluran TV Konoha dan dia pun mengaku kepada masyarakat bahwa dirinya tidak pernah mengikuti ujian Chuunin. Dan secara teknis dia masih Genin terlepas Naruto adalah seorang Hokage. Meskipun terlihat sangat aneh, sebenarnya ada sebuah penjelasan dari hal ini. Oleh sebab itulah Naruto menjadi satu-satunya Hokage yang masih berstatus Genin.

Sama halnya seperti institusi penegak hukum atau militer, tingakatan Genin sampai Jonin memerlukan ujian atau kualifikasi tertentu sebelum kemudian kita masuk ke tingkatan selanjutnya. Tapi, lain halnya dengan menjadi Hokage yang mana tidak memerlukan kualifikasi tertentu. Hokage adalah posisi yang dipilih secara langsung oleh penduduk desa.

Memang, untuk menjadi Hokage seorang shinobi harus menjadi yang terkuat. Tapi, kita tentunya tidak pernah mendengar adanya ujian Hokage. Karena itu, rasanya memang masuk akal jika kemudian menjadi Hokage tidak mempermasalahkan apa tingkatan shinobi dari Naruto. Ada sesuatu yang tidak masuk akal yang dilakukan oleh Masashi Kishimoto perihal tingkatan shinobi Naruto.

Pasca perang besar ninja keempat, Kakashi dipilih untuk menjadi Hokage ketujuh. Dan pada saat itu, Naruto sedang masa pemulihan yang artinya dia memiliki banyak waktu luang. Pertanyaannya kemudian adalah mengapa Masashi Kishimoto tidak menceritakan bagaimana Naruto melakukan ujian Chuunin, yang mana tentu sudah menjadi hal yang mudah bagi Naruto.

Memang sangat aneh ketika mengetahui Kakashi atau para petinggi Konoha lainnya tidak memberikan promosi kepada Naruto, berdasarkan apa yang sudah dia berikan dan apa yang dia lakukan selama perang besar ninja. Terlepas dari itu semua, mungkin pada akhirnya ranking atau tingkatan yang dimiliki Naruto tidak lagi dianggap penting mengingat apa yang sudah dia lakukan dan korbankan demi Konoha. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.