Sering kali, para karakter utama dalam berbagai judul manga atau anime dengan genre Shonen akan memiliki sebuah masa lalu yang sangat tragis. Atau setidaknya ada sebuah cerita yang berbeda dengan para cast lainnya. Cerita masa lalu yang menyedihkan bukan hanya membuat para fans akan bersimpati kepada karakter tersebut, tapi juga membangun sebuah koneksi terhadap perkembangan karakternya.

Namun, hal berbeda coba dilakukan oleh Eiichiro Oda terhadap series One Piece. Oda Sensei sepertinya mencoba memberikan formula baru, dimana bukan hanya karakter utama yang memiliki masa lalu menyedihkan tetapi juga para karakter lainnya. Dan berikut adalah para karakter yang memiliki masa lalu tragis selain Luffy.

Chopper

Sebelum bertemu dengan Luffy dan yang lain, kehidupan Chopper sepertinya diliputi oleh kesedihan. Bahkan, kisah tragis Chopper mungkin sedikit lebih banyak dibanding Luffy. Sebelum Chopper menjadi (setengah) manusia, Chopper adalah seekor rusa biasa yang harus dijauhi oleh kawanannya. Tidak hanya disitu. Ketika Chopper sudah berubah menjadi manusia, dia pun harus mengalami perlakuan yang tidak adil dari sekitarnya.

Dan yang terakhir adalah bagaimana dia harus menelan kesedihan yang mendalam, ketika sosok yang berjasa dalam hidupnya, Dr. Hiruluk, meninggal dunia. Bisa dibilang cerita masa lalu Chopper adalah salah satu yang paling menyedihkan diantara kru Topi Jerami lain. Tapi, untungnya dia bertemu dengan Luffy dan Chopper pun mulai menemukan arti hidup.

Vinsmoke Sanji

Sebelum arc Whole Cake Island, kita tidak pernah mengetahui bagaimana masa lalu Sanji. Dari apa yang diperlihatkan, kita hanya mengetahui bahwa Sanji “diadopsi” oleh Zeff yang bahkan rela berkorban demi Sanji. Tapi, kita tidak pernah tahu apa yang terjadi sebelumnya. Sampai kemudian cerita tentang Sanji adalah bagian dari keluarga Vinsmoke muncul di arc tersebut.

Sanji ternyata memiliki empat orang saudara kandung. Ayahnya, Vinsmoke Judge, mengaggap bahwa Sanji adalah anak yang gagal. Dia bahkan sempat mencoba untuk membunuh Sanji beberapa kali sebelum kemudian berubah pikiran. Dibandingkan saudaranya yang memang dilatih untuk menjadi pasukan hebat, Sanji justru bercita-cita untuk menjadi koki. Meskipun begitu, berpuluh-puluh tahun kemudian Sanji tetap berusaha untuk menyelamatkan keluarganya yang berada dalam bahaya. Inilah yang membedakan Sanji dengan keluarganya.

Trafalgar Law

Masa lalu dari Law memang dianggap menjadi salah satu yang paling kelam dalam series One Piece. Momen ketika Law kecil merangkak dari tumpukan mayat sudah cukup menjadi bukti bagaimana kesedihan dan pilu yang mendalam harus dialami oleh Law. Law sendiri lahir di sebuah wilayah yang menderita penyakit berbahaya, dimana dia menjadi satu-satunya yang selamat dari wilayah tersebut.

Law mungkin akan tewas dan tidak memiliki tujuan dalam hidup jika saja dia tidak bertemu dengan Donquxiote Rosinante. Demi Law, Rosinante bahkan rela menyerahkan hidupnya. Dia rela menyerahkan buah iblis yang dia miliki untuk dimakan oleh Law, demi menyembuhkan penyakitnya. Peristiwa itu menjadi awal mula kebangkitan Law untuk menjadi seorang bajak laut hebat.

Nico Robin

Sama halnya seperti Law, Robin juga harus mengalami masa lalu yang sangat kelam sedari kecil. Robin berasal dari sebuah wilayah yang memang para penduduknya sangat cerdas, yaitu Ohara. Orang tua Robin juga merupakan sosok yang sangat penting dalam ilmu pengetahuan di negaranya. Sayangnya, apa yang dilakukan oleh kedua orang tuanya mendapatkan perlawanan dari pihak Pemerintah Dunia.

Jika kedua orang tua Law harus tewas akibat penyakit, maka kedua orang tua Robin harus tewas karena serangan angkatan laut. Robin menjadi satu-satunya yang tersisa dari Ohara, dan pihak angkatan laut juga masyarakat lainnya menganggap bahwa Robin adalah anak iblis. Inilah yang membuatnya menjadi buronan banyak orang. Beruntung, masih ada sosok baik seperti Aokiji dan Jaguar D. Saul yang mau memberikan kesempatan hidup pada Robin.

Brook

Eiichiro Oda memang sering kali mendapatkan pujian dari para fans berkat kemampuan hebatnya dalam menulis cerita. Dan kisah hidup Brook adalah salah satu contoh nyata dari kejeniusan Oda. Mungkin, kisah hidup Brook adalah kisah yang paling pilu dan menyedihkan dibandingkan dengan seluruh karakter di One Piece. Tidak ada yang mengira bahwa dia adalah teman lama dari paus raksasa Laboon. Dan tidak ada yang menyangka jika hidup Brook sangatlah tragis.

Puluhan tahun lalu, sebelum era Roger dimulai, Brook sudah berlayar bersama kelompok bajak laut Rumbar. Brook merupakan satu-satunya kru yang memiliki kekuatan buah iblis. Brook harus menghadapi kenyataan bahwa seluruh rekan-rekannya tewas di depan matanya. Tidak ada yang bisa dia lakukan selama puluhan tahun, selain bermain musik dan mencoba menghibur diri. Jika itu dihadapi oleh orang lain, mungkin jiwanya sudah terguncang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.