Dalam cerita One Piece, ada banyak kekuatan yang muncul di lautan. Empat kekuatan besar dalam cerita ini diantaranya adalah Pemerintah Dunia, angkatan laut, para Yonko dan juga para Supernova. Namun, jika dibandingkan dengan tiga kekuatan lainnya, Supernova bisa dibilang merupakan kekuatan baru. Karena, Supernova memang baru muncul dalam beberapa tahun belakangan.

Supernova sendiri merupakan kumpulan bajak laut muda yang memiliki nilai buruan di atas 100 juta Belly, dan mereka yang pada saat itu ada di kepulauan Sabaody. Total ada 11 orang bajak laut yang menjadi bagian dari Supernova, diantaranya adalah Luffy, Zoro, Law, Uruouge, Basil Hawkins, X Drake, Scratchmen Apoo, Jewelry Bonney, Cpone Bege, Eustass Kidd, dan Killer.

Mereka memiliki kemampuan yang sangat dahsyat. Meskipun sebagian besar memiliki nilai buruan atas petualangan yang mereka lakukan, ada juga yang mendapatkan nilai buruan besar karena berbuat keonaran dan melakukan kejahatan. Mereka merupakan target dari angkatan laut dan merupakan ancaman besar bagi Pemerintah Dunia.

Berbicara mengenai Supernova, dalam One Piece Log 27, Eiichiro Oda sempat melakukan wawancara dan Oda Sensei juga menjelaskan mengenai penciptaan karakter Supernova. Menurut Oda Sensei, para karakter Supernova tersebut baru dia ciptakan sebelum chapter Sabaody dimulai. Oda Sensei juga menyebutkan bahwa para Supernova tersebut sebelumnya tidak ada dalam rencananya untuk chapter Sabaody.

Namun, Oda Sensei kemudian berpikir bahwa chapter Sabaody mungkin tidak akan menarik. Dan akhirnya tiba-tiba Oda Sensei mendapatkan inspirasi untuk menghadirkan 9 Supernova. Dia bahkan sempat berpikir untuk membuat jumlah Supernova lebih sedikit lagi, karena menurutnya 9 Supernova terasa terlalu banyak. Tapi, pada akhirnya Oda Sensei justru menambah dua Supernova lainnya dan jumlahnya sekarang ada 11 orang.

Meskipun mereka kuat, mereka masih belum cukup pengalaman. Oda Sensei sendiri terkejut melihat para Supernova ini berhasil bertahan hidup sampai saat ini. Dia sempat berpikir bahwa setengah dari Supernova ini akan tumbang ketika mereka memasuki wilayah New World. Yang menarik juga dari hal ini adalah bagaimana Oda menyebutkan bahwa sosok Trafalgar Law adalah karakter yang sangat penting diantara para Supernova.

Jika dilihat dari berbagai chapter yang sudah berjalan sampai saat ini, mungkin apa yang diungkapkan Oda Sensei ada benarnya. Sudah beberapa kali Law berhasil menyelamatkan nyawa Luffy. Law rela mengorbankan nyawanya, keselamatannya, demi bisa membantu Luffy. Bahkan, saat ini, Luffy bertarung bersama Law di Onigashima dan Law sendiri menjadi bagian dari aliansi Luffy. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan kisah dari para Supernova ini di masa depan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.