Era utama bajak laut (Great Pirate Era) dalam cerita One Piece dimulai ketika Gol D. Roger, sang raja bajak laut, dieksekusi mati secara umum oleh angkatan laut di Logue Town, East Blue. Sebelum Roger dieksekusi, Roger memberikan kata-kata terakhirnya yang menyebutkan bahwa harta karunnya ada di pulau terakhir. Juga, yang paling penting, dia mengkonfirmasi tentang harta karun terbesar yaitu One Piece.

Berkat kata-kata terakhir Roger tersebut, para bajak laut muda dan beberapa sosok yang bahkan belum memulai karirnya sebagai bajak laut pun mulai termotivasi untuk mencari keberadaan harta karun itu. Namun, sebelum era baru ini dimulai, lautan dan samudera tetap dipenuhi oleh banyak bajak laut mengerikan. Mereka sama mengerikannya, bahkan lebih mengerikan dari beberapa bajak laut sekarang. Berikut adalah beberapa bajak laut hebat sebelum era Worst Generation!

Wang Zhi

Wang Zhi atau yang juga dikenal sebagai Ochoku, dulunya adalah salah satu kru bajak laut Rocks. Tidak diketahui dimana keberadaan Wang Zhi sekarang. Namun, ada sebuah spekulasi kalau Wang Zhi juga ada di Thriller Bark menjadi salah satu zombie di wilayah tersebut. Wang Zhi merupakan salah satu bajak laut yang bergabung dengan Rocks di pulau Hachinosu.

Selain status keberadaannya, kita juga masih belum tahu bagaimana penampilan dari Wang Zhi, tapi banyak yang berspekulasi kalau sosok tinggi besar dengan janggut panjang berwarna hitam di Thriller Bark, yang muncul dihadapan Franky adalah sosok dari Wang Zhi. Kehebatan Wang Zhi diakui oleh Sengokus sendiri, dimana dia masuk dalam jajaran bajak laut terhebat sepanjang masa.

Captain John

Sama seperti Wang Zhi, Captain John juga dulunya merupakan bagian dari kru bajak laut Rocks. Captain John sendiri diduga sudah tewas puluhan tahun yang lalu. Jasad dari Captain John kemudian ditemukan oleh Dr. Hogback dan dengan kemampuan operasinya dia pun menghidupkannya kembali John dan menjadikannya salah satu pasukan zombie Gecko Moriah. Sama seperti Whitebeard dan yang lain, setelah dia berpisah dari krunya, dia pun membentuk kelompok bajak lautnya sendiri.

Ketika dia masih hidup, Captain John adalah sosok yang serakah. Dia bahkan tidak pernah mau membagikan harta karun yang dia temukan dengan teman-temannya. Akhirnya rekan-rekannya yang lain membunuhnya, tapi harta karunnya sendiri belum pernah ditemukan. Buggy adalah salah satu orang yang mencari harta karun milik John.

Silvers Rayleigh

Silvers Rayleigh adalah tangan kanan dari sang raja bajak laut. Ketangguhannya sudah tidak perlu diragukan lagi, karena tangan kanan Roger pastinya bukan orang sembarangan. Beberapa kemampuan Rayleigh adalah dia menguasai berbagai jenis Haki. Rayleigh adalah orang yang mengajari Luffy seluruh kemampuan Haki yang dia miliki.

Wajar jika angakatan laut, bahkan Garp sekalipun tidak mau menangkap Rayleigh jika tidak ada bantuan yang banyak. Kemampuan Rayleigh sendiri pernah diperlihatkan ketika dia menghentikan serangan cahaya dari Kizaru yang mengarah ke Luffy. Rayleigh juga bisa mengeluarkan pedang dengan hakinya dan berenang sejauh puluhan hingga ratusan kilometer.

Kaido

Disebut-sebut sebagai makhluk paling kuat di dunia, Kaido juga merupakan salah satu dari empat penguasa lautan selain Big Mom. Sama seperti Big Mom, dia juga dulunya merupakan kru dari bajak laut Rocks. Kaido memiliki kekuatan yang unik, dimana tubuhnya tidak bisa dilukai. Hal ini membuat Kaido menjadi sosok yang sulit untuk dibunuh.

Sudah puluhan kali Kaido berusaha untuk dibunuh, dan mencoba bunuh diri, tapi semua gagal. Ribuan siksaan pun nyatanya tidak pernah membuat Kaido terluka atau terbunuh. Wajar jika kemudian Pemerintah Dunia dan angkatan laut pusing tujuh keliling, ketika mereka mengetahui kabar bahwa Big Mom dan Kaido menjalin aliansi.

Kozuki Oden

Sedari awal, Oden memang bercita-cita menjadi bajak laut. Sampai kemudian dia bertemu dengan Whitebeard yang menerimanya menjadi krunya. Bersama Whitebeard, Oden banyak mengalami petualangan yang baru. Namun, Roger juga tertarik dengan sosok Oden karena Oden bisa membaca Poneglyph, harta karun yang dibuat oleh keluarga Kozuki.

Sama seperti Crocus, Oden hanya bergabung dengan kru Roger selama satu sampai dua tahun saja. Oden membantu Roger menerjemahkan berbagai petunjuk yang ada di Poneglyph, yang menuntunnya menuju Laugh Tale. Setelah mencapai Laugh Tale dan ikut tertawa bersama Roger, Oden kemudian menulis semua petualangannya dalam buku harian.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.