Sedari awal cerita One Piece dimulai, Eiichiro Oda selaku kreator serinya sudah dengan jelas menerangkan tentang bagaimana buah iblis bekerja. Mereka yang memakan buah iblis tersebut akan mendapatkan kekuatan yang sangat luar biasa di dalam tubuhnya. Buah iblis bisa memberikan perubahan terhadap hewan yang memakannya, atau bahkan memberikan mimpi buruk dan kehancuran.

Seseorang yang memiliki kekuatan buah iblis akan kehilangan satu kemampuan dalam hidupnya, yaitu kemampuan untuk berenang, menjadi sosok yang biasa saja atau melemah jika terkena batu laut. Seseorang tidak bisa memakan dua buah iblis, karena jika itu terjadi tubuhnya akan meledak dan dia akan mati. Dan buah iblis sendiri biasanya memiliki rasa yang sangat tidak enak.

Tapi, ada kemungkinan Oda Sensei menyimpan sebuah hal yang mengerikan tentang buah iblis ini. seperti yang kita tahu, ketika seorang pengguna atau pemilik kekuatan buah iblis mati maka kemampuannya akan menghilang dan masuk ke buah terdekat atau pergi ke suatu tempat. Tidak pernah ada cerita bahwa satu buah iblis dimiliki oleh lebih dari satu orang, dan tidak ada buah iblis dengan kekuatan sama lebih dari satu buah.

Ada hal menarik mengenai bagaimana seseorang bisa mendapatkan kekuatan buah iblis. Jika biasanya orang lain mendapatkan kekuatan tersebut dengan memakan buah iblisnya, lain halnya dengan Charlotte Linlin alias Big Mom. Dikisahkan bahwa Linlin dulunya berasal dari Elbaf, rumah bagi para suku raksasa. Linlin sendiri tinggal bersama seseorang bernama Mother Caramel yang merupakan ibu angkatnya di panti asuhan.

Linlin sedari kecil memang dikenal memiliki kekuatan dahsyat. Di usianya yang masih kecil dia berhasil mengalahkan raksasa, dan yang paling jelas adalah bagaimana nafsu makannya yang sangat kuat. Setelah sebuah insiden yang memaksa Caramel dan anak-anak panti asuhan lainnya pergi dari Elbaf, mereka kemudian menyelenggarakan sebuah pesta teh untuk merayakan ulang tahun Linlin yang keenam.

Namun, karena nafsu makannya yang tinggi, dia memakan semua orang dan benda yang ada di sekitarnya termasuk Mother Caramel. Mother Caramel sendiri diketahui memiliki buah iblis Soru Soru, dimana dia bisa mengendalikan jiwa orang lain. Akibat kejadian mengerikan tersebut, Linlin kini memiliki kekuatan dari Mother Caramel.

Melalui peristiwa ini, bisa disimpulkan bahwa seseorang bisa mendapatkan buah iblis dengan cara memakan pemilik buah iblis sebelumnya/ hanya sebagian dari tubuhnya. Hal ini menimbulkan pertanyaan apa yang terjadi kepada Blackbeard ketika dia mengambil kekuatan buah iblis Gura Gura milik Whitebeard pasca perang besar di Marineford.

Dalam adegannya kita melihat bagaimana anak buah Blackbeard mengeluarkan sebuah kain hitam raksasa di sekitar mayat Whitebeard. Blackbeard kemudian masuk dan setelah beberapa saat, dia kembali keluar dengan kekuatan Gura Gura. Ada teori yang menyebutkan jika Blackbeard memindahkan kemampuan Gura Gura ke buah biasa yang sudah dia siapkan. Tapi, melihat apa yang terjadi kepada Linlin, ada kemungkinan lainnya dimana Blackbeard bisa jadi mengkonsumsi sebagian organ milik Whitebeard.

Berkat hal itu, Blackbeard menjadi satu-satunya orang di dunia One Piece yang bisa memiliki dua kekuatan buah iblis dalam satu tubuh. Bahkan, ada teori yang menyebutkan bahwa Blackbeard saat ini sedang mencari buah iblis ketiganya. Terlepas dari ini semua, apa yang terjadi kepada Big Mom memberikan penjelasan bahwa ada cara mengerikan untuk mendapatkan kekuatan buah iblis.

Mungkin itu juga alasan mengapa Blackbeard menutup proses pemindahan kekuatan Gura Gura ke tubuhnya. Untuk saat ini memang penjelasan ini hanya sekedar teori semata. Dan mungkin kedepannya Oda Sensei akan memberikan penjelasan lebih mengenai hal ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.