Siapa sebenarnya Im Sama dalam cerita One Piece? Apakah dia ibu dari Luffy? Itulah beberapa pertanyaan yang muncul di benak para fans mengenai sosok misterius Im Sama. Bukan tanpa sebab memang banyak teori bermunculan, karena seperti karakter misterius lainnya, Eiichiro Oda belum memberi tahu siapa sebenarnya sosok Im Sama.

Bahkan, kadar misterius Im Sama jauh lebih besar dibandingkan Dragon dan Shanks. Ada beberapa fakta tentang Im yang sudah diketahui. Pertama adalah dia merupakan pemimpin dari Pemerintah Dunia. Seperti yang kita tahu, Pemerintah Dunia adalah gabungan dari 20 kerajaan yang dulu sempat menyerang kerajaan kuno – yang dipercaya adalah kerajaan para klan D.

Setelah berhasil menghancurkannya, 19 kerajaan kemudian menetap di sebuah wilayah dan kemudian membentuk sebuah organisasi yang disebut Pemerintah Dunia. Fakta yang kedua adalah Im sama memiliki posisi yang lebih tinggi dari Gorosei alias lima tetua bintang. Banyak yang menyangka bahwa Gorosei adalah pemimpin dari Pemerintah Dunia. Tapi, nyatanya, mereka melakukan itu demi sosok Im Sama.

Lalu, siapa sebenarnya sosok Im Sama ini? Banyak teori para fans yang mencoba mengungkap siapa sebenarnya Im Sama. Salah satu teori yang populer adalah Im Sama merupakan keturunan iblis. Seperti yang dibahas dalam artikel sebelumnya, ada teori yang menyebutkan bahwa dahulu dunia dikuasai oleh iblis. Dan para iblis ini hanya bisa dikendalikan oleh mereka yang merupakan klan D – yang dipercaya merupakan kependekan dari “devil”.

Kembali ke teori tentang Im Sama, meurut teori tersebut sang iblis kemudian menikahi seorang manusia biasa bernama Mary Geoise, yang sekarang menjadi tempat berkumpulnya para kaum naga langit. Dari pernikahan tersebut lahirlah sosok Im. Berdasarkan hal ini, ada juga teori lain yang mendukung teori ini yang menyebutkan bahwa Im sebenarnya gabungan dari Eve (dalam bahasa Jepang dibaca “i-bu”) dan Adam.

Dengan lahirnya Im, Iblis berharap bahwa Im tidak akan bisa dikendalikan oleh para klan D. Itulah mengapa Im mulai memperhatikan sosok Luffy, dan kemungkinan dia mencoba untuk mencari cara bagaimana caranya menghentikan Luffy. Im sadar bahwa mungkin suatu hari nanti Luffy akan bisa menghancurkan kaum naga langit dan segala hal lainnya dengan bantuan senjata kuno

Lalu, apa sebenarnya kekuatan dari Im? Seberapa kuat sosok Im? Sejauh ini, kita tidak pernah/belum pernah diperlihatkan bagaimana Im Sama bertarung menghadapi musuh. Selama ini sosok Im Sama hanya diperlihatkan dalam bentuk siluet, selalu diam dan tidak mengeluarkan sepatah katapun.

Banyak fans yang meyakini bahwa sebenarnya sosok Im Sama sudah hidup sejak era Joy Boy, dengan kata lain dia sudah hidup selama lebih dari 800 tahun. Im Sama mungkin juga mengetahui apa rahasia dibalik abad yang hilang. Lalu, jika memang Im berasal dari masa lalu, bagaimana dia bisa bertahan hidup selama hampir 1000 tahun?

Pertama, seperti yang disebutkan di atas, Im adalah keturunan iblis yang mana dia bisa saja hidup kekal abadi atau memang memiliki umur yang panjang. Namun, ada juga teori lain yang menyebutkan bahwa Im memiliki kekuatan yang sama dengan Toki yaitu berkaitan dengan pengaturan waktu. Im bisa melakukan perjalanan waktu seperti layaknya Toki ketika bertemu Oden. Toki mengaku bahwa dia berasal dari 800 tahun yang lalu, yang mana dia berasal dari abad yang hilang.

Dalam artikel sebelumnya juga disebutkan bahwa Im kemungkinan memiliki koneksi dengan Joy Boy, dimana bisa jadi Im Sama mengenal siapa sosok Joy Boy. Karena itulah dia mencoba untuk menghentikan apa yang akan dilakukan oleh Joy Boy. Dan sebagai “cinderamata” dari apa yang sudah dia lakukan terhadap Joy Boy, dia kemudian menyimpan topi jerami besar yang tersimpang secara rahasia.

Perlu untuk dicatat ya Geeks bahwa semua ini masih sekedar teori atau spekulasi, karena sangat sedikitnya informasi yang diberikan oleh Eiichiro Oda mengenai sosok Im Sama. Satu hal yang pasti, Im Sama bukanlah sosok yang sembarangan. Bisa jadi dia adalah kunci dalam misteri mengenai buah iblis dan tentang apa yang terjadi di dunia One Piece. Untuk saat ini, para fans hanya bisa berspekulasi dan berteori mengenai Im Sama. Mudah-mudahan saja Oda Sensei bisa segera memberi tahukan tentang siapa sebenarnya Im Sama sebelum ceritanya selesai.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.