Jika kita berbicara mengenai seri One Piece, selain tema bajak laut dan petualangan mencari harta karun One Piece, para fans juga akan menemukan berbagai hal misterius yang masih belum terjawab sampai saat ini. Sudah lebih dari dua dekade Eiichiro Odan menulis cerita untuk One Piece, namun setiap cerita dan setiap jawaban yang muncul justru menimbulkan misteri lainnya.

Salah satu misteri terbesar dalam seri One Piece yang belum terjawab sampai saat ini adalah mengenai ibu dari Luffy. Para fans mengetahui sedikitnya mengenai keluarga Luffy beberapa waktu lalu. Kita tahu Monkey D. Garp, sang pahlawan angkatan laut, adalah kakek dari Luffy. Dan kita juga tahu bahwa Monkey D. Dragon adalah ayah dari Luffy, yang sekaligus pemimpin dari Pasukan Revolusi.

Lalu, bagaimana dengan ibu dari Luffy? Meskipun kita bertanya kepada sang kreator, Oda Sensei, kita juga tidak akan mendapatkan jawabannya yang solid. Baru-baru ini, pengisi suara Luffy dalam versi animenya, Mayumi Tanaka, memberikan sedikit bocoran tentang ibu Luffy. Tanaka, yang sudah mengisi suara Luffy sejak episode pertama, sebenarnya juga penasaran mengenai sosok ibu dari Luffy.

Namun, ketika Tanaka mencoba menanyakan mengenai hal tersebut kepada Oda Sensei, Tanaka mengatakan bahwa Oda Sensei tidak tertarik untuk mengeksplor atau menghadirkan cerita tentang riwayat kehidupan Luffy. Menurut salah satu akun Twitter, SoulstormOP, Tanaka mengatakan bahwa Oda Sensei sengaja memulai perjalanan Luffy sebagai bajak laut ketika dia meninggalkan kedua orang tuanya dan juga rumahnya.

Oda juga sedikit menjelaskan bahwa dia hanya ingin berfokus pada cerita Luffy dan petualangannya, dan cerita tentang ibunya tidak ada kaitannya dengan petualangan Luffy. Hal ini sebenarnya sama dengan apa yang pernah Oda sampaikan kepada seorang fan yang bertanya melalui kolom SBS. Oda menjelaskan bahwa ‘ibu’ merupakan kebalikan dari ‘petualangan’.

Jadi, sudah jelas bahwa Oda sepertinya memang tidak pernah mau berurusan atau menampilkan cerita tentang kehidupan orang tua para karakter di seri One Piece. Luffy dan Zoro tidak pernah mengetahui dan tidak pernah menyinggung dimana keberadaan ibu mereka dalam seriesnya. Franky juga tidak pernah tahu mengenai orang tuanya. Nami pun sama, tapi kita semua tahu bahwa ibu angkatnya, Belle-Mere, tewas di tangan Arlong.

Ibu dari Usopp sendiri diceritakan sudah meninggal, sama halnya seperti Ace, Brook, Robin, dan Sanji. Hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak bisa kita pungkiri, jadi rasanya tidak heran jika kemudian Oda memang tidak berniat atau belum memiliki rencana untuk menghadirkan sosok ibu dari Luffy. Meskipun begitu, sebenarnya kita sudah melihat figur “ibu” dalam diri Dadan yang sudah merawat Luffy dan Ace sejak kecil. Bahkan, sampai saat ini, Dadan masih memiliki rasa cinta kepada Luffy.

Bagaimana menurut kalian mengenai jawaban Oda Sensei tersebut, Geeks? apakah Oda suatu hari nanti akan menjelaskan mengenai ibu dari Luffy atau membiarkan kita berandai-andai seperti apa sosok ibu dari Luffy?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.