Siapa yang tidak kenal dengan Shans, si rambut merah. Shanks datang ke wilayah Fusha puluhan tahun lalu dan bertemu dengan Luffy, yang kemudian menjalin kedekatan emosional, Shanks menganggap Luffy adalah pertaruhannya untuk masa depan. Bagaimana dengan masalah kekuatan? diketahui kekuatan Haki Shanks sangatlah dahsyat. Namun, selain kemampuan Haki masih belum diketahui apa saja kekuatan dan kemampuan Shanks.

Shanks sendiri merupakan salah satu Yonko, bersama Big Mom, Kaido, dan Blackbeard. Jika Shanks adalah sekutu bagi Luffy, maka lain halnya dengan Kaido yang merupakan musuh Luffy. Sebagai salah satu “senior” dari Shanks, ada beberapa hal yang membuat Kaido lebih unggul dibandingkan Shanks. Apa saja?

Jauh Lebih Populer

Harus diakui, Shanks juga tidak kalah populer dari Kaido. Hampir semua orang mengenal Shanks si rambut merah, dan semua orang hormat padanya. Tapi, jauh sebelum orang-orang mengenal Shanks mereka sudah mengenal sosok Kaido. Berdasarkan penuturan Sengoku, Kaido merupakan bagian dari kelompok bajak laut legendaris Rocks, bersama Whitebeard, Big Mom dan masih banyak lainnya.

Sebelum dikenal oleh seluruh dunia, Kaido dulu sudah menjadi daftar buronan bajak laut angkatan laut paling dicari selain Roger dan juga merupakan salah satu bajak laut hebat. Peristiwa God Valley bisa jadi ada kaitannya dengan hal tersebut. Artinya, Kaido memang sudah dikenal akan kemamuan dan kekuatannya sejak dulu.

Shanks Hanya Manusia Biasa

Mungkin Geeks juga sudah sadar, dan hal ini sudah jelas. Kaido terlahir sebagai monster, bahkan seseorang seperti Big Mom sendiri tidak pernah menganggap Kaido sebagai manusia. Sosok monster dalam diri Kaido memang memberikan banyak keuntungan baginya, khususnya dalam masalah daya tahan, ketahanan fisik, dan juga tenaga. Buktinya, Kaido pernah bertarung melawan Kozuki Oden selama berhari-hari, dan tidak memperlihatkan tanda-tanda kelelahan.

Bukti lainnya adalah bagaimana tubuhnya kuat terhadap hampir semua serangan. Upayanya untuk bunuh diri pun selalu gagal, karena daya tahan yang dia miliki. Lain halnya dengan Shanks. Dia tidak memiliki ketahanan fisik maupun daya tahan. Shanks kehilangan lengan kirinya akibat monster laut. Dan Shanks mungkin akan tewas jika melompat dari ketinggian.

Memiliki Buah Iblis Terkuat

Seperti yang kita ketahui, buah iblis tipe Zoan memiliki keuntungan dalam masalah tenaga, kekuatan, dan daya tahan. Apalagi, jika seseorang sudah berubah ke form binatang atau makhluk tertentu. Dalam pertandingan satu lawan satu, pengguna buah iblis ini memiliki keunggulan. Kaido sendiri merupakan pemiliki buah iblis tipe Zoan terkuat di dunia.

Shanks, di sisi lain, sejauh ini diketahui tidak memiliki buah iblis selain Haki. Apakah sebenarnya memiliki kemampuan buah iblis yang dia sembunyikan, masih harus kita tunggu ceritanya. Dengan belum ada bukti bahwa Shanks memiliki kekuatan buah iblis, bisa diasumsikan bahwa Shanks tidak memiliki kemampuan buah iblis.

Menjadi Penguasa Wano

Kaido sudah menjadi seorang Yonko alias penguasa lautan selama lebih dari 20 tahun. Dan sejak saat itulah dia terus merekrut kru sebanyak mungkin. Jadi, ketika Shanks dan Buggy masih sangat kecil atau masih sangat remaha, Kaido sudah menjadi pengasa lautan dan Wano dengan kru dan sekutu di sampingnya. Dia menguasai Wano dan mengendalikan para penduduknya, membuat mereka takut dan yang paling penting adalah membuat mereka menjadi salah satu pemakan buah iblis buatan, SMILE

Memiliki Pasukan Monster

Kaido bukan hanya memiliki bajak laut sebagai sekutu yang kuat di sampingnya. Dia juga memiliki sekutu lainnya seperti para samurai dan tentunya para monster. Menarik untuk diketahui bahwa Kaido memiliki pasukan sebanyak 500 pengguna SMILE dahulu. Meskipun jauh sebelum SMILE ditemukan Kaido harus berjuang keras, berkat SMILE akhirnya wilayah kekuasaan Kaido dan kekuatan pasukannya bertambah.

Dengan kekuatan sebanyak lebih dari 30.000 pasukan, angka tersebut tentunya cukup memberikan kerugian/masalah bagi Shanks. Sejauh ini Shanks hanya beranggotakan kurang lebih 20 kru, yang memiliki kekuatan yang sama dengan Shanks. Shanks juga tidak memiliki sekutu atau pasukan selain krunya sendiri. Dari hal jumlah, Kaido memiliki keuntungan atas Shanks.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.