Kebencian atau rasa benci memang sudah menjadi salah satu sifat yang ada dalam diri setiap makhluk hidup. Terkadang rasa benci menutupi kebaikan dan cinta yang ada, yang selama ini sudah terjalin sejak lama. Inilah yang dirasakan oleh Indra Otsutsuki kepada adiknya, Asura Otsutsuki juga sang ayah yaitu Hagoromo Otsutsuki.

Kebenciannya terhadap sang adik dan sang ayah terus berlanjut sampai ribuan tahun. Bahkan, kebencian ini juga masih terus ada sampai ke keturunannya. Banyak yang menyangka jika kebencian ini abadi, tapi apakah ada kemungkinan jika kutukan Indra Otsutsuki tersebut berakhir? Tentunya ini yang menjadi pertanyaan dari banyak fans franchise Naruto.

Sejarah Kutukan Indra Otsutsuki

Kutukan kebencian atau Nikushimi no Noroi, merupakan kutukan yang diturunkan kepada klan Uchiha. Menurut penjelasan dari Tobirama Senju, klan Uchiha merupakan sosok yang sangat sangat menjunjung tinggi persahabatan dan rasa kasih sayang diantara mereka. Namun, ketika seseorang yang mereka sayangi atau yang mereka kasihi “menghilang” atau justru berkhianat, maka rasa kasih sayang tersebut berubah menjadi benci.

Mereka tidak segan untuk menggunakan semua cara untuk mencapai tujuan mereka. Klan Uchiha juga tidak ragu melakukan apapun untuk menunjukan superioritas mereka. Selain kebencian, kesedihan juga sangat dekat dan erat dengan klan ini. Bahkan, kesedihan merupakan cara mereka mendapatkan kekuatan dahsyat, Sharingan. Untuk tingkatakan yang lebih tinggi lagi, maka rasa sedih dan traumanya harus lebih mendalam.

Kutukan ini berasal dari apa yang terjadi kepada Indra Otsutsuki dahulu. Nenek moyang dari klan Uchiha ini berada di samping sang ayah, Hagoromo, bersama Asura. Sebelum wafat, dia harus memutuskan salah satu diantara Indra dan Asura yang akan mewarisi kekuatannya. Indra meyakini bahwa sang ayah akan lebih memilih dirinya, yang lebih berpengalaman dan dianggap lebih pantas. Dengan begitu, perselisihan antara dirinya dan Asura pun akan selesai.

Tapi, kenyataannya tidak seperti itu. Hagoromo justru memilih Asura dibanding Indra. Kebencian Indra pun semakin menjadi-jadi setelah hal itu. Dipengaruhi oleh Black Zetsu, Indra pun menyatakan perang terhadap Asura demi mendapatkan apa yang menurutnya adalah miliknya. Perselisihan mereka tidak berhenti sampai disitu, namun terus berlanjut sampai ke generasi selanjutnya: klan Uchiha untuk keturunan Indra dan klan Senju untuk keturunan Asura.

Namun, rivalitas dan kebencian itu masih terus berlanjut melalui inkarnasi selanjutnya. Contoh yang paling baru adalah inkarnasi Uchiha Sasuke dan Uzumaki Naruto. Meskipun sebenarnya Naruto bukan keturunan dari klan Senju, namun “semangat” dari kutukan tersebut pada akhirnya sampai ke diri Naruto dan Sasuke. Dan yang seperti kita tahu persaingan dan kebencian Sasuke dahulu kepada Naruto sangat luar biasa.

Apakah Kutukannya Bisa Dihentikan?

Kutukan Indra Otsutsuki ini bisa dihentikan, namun hal ini hanya bisa dilakukan oleh seseorang yang memang sudah sangat dekat serta butuh usaha dan perjuangan yang besar. Contohnya adalah setelah beberapa kali gagal melakukan negosiasi, pada akhirnya Hashirama Senju berhasil “menyadarkan” Madara Uchiha dan membuatnya menjauh dari kutukan ini. Madara sempat kembali ke jalan yang sebelumnya dia ambil, tapi kemudian dia sadar bahwa dia salah dan Hashirama benar sebelum kematiannya di perang besar ninja keempat.

Kakashi berhasil menarik Obito Uchiha dari kutukan ini, dan meyakinkannya untuk tidak menjalankan rencana mata bulan (Eye of the Moon). Berbeda dengan Madara, Obito benar-benar berhasil keluar dari kutukan tersebut dan membangkitkan Will of Fire yang digadang-gadang oleh klan Senju dan Konoha. Dia rela mengorbankan nyawanya demi kepentingan orang lain dan kebaikan.

Dan tentunya, contoh yang paling nyata, paling jelas diantara semuanya adalah bagaimana Naruto selalu berusaha untuk bisa menarik Sasuke kembali ke jalan yang benar. Dari saat mereka kecil sampai mereka dewasa, persaingan diantara mereka sangatlah ketat dan luar biasa. Bahkan, Sasuke sangat berhasrat untuk membunuh Naruto karena dia membencinya. Namun, sekarang Sasuke sadar bahwa apa yang dia lakukan salah. Dan saat ini dia menjadi Hokage bayangan bagi Naruto.

Kutukan Sudah Berakhir?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kutukan Indra-Ashura ini berjalan ribuan tahun sampai lintas generasi. Sasuke Uchiha dan Uzumaki Naruto adalah inkarnasi terakhir dari kutukan Indra Ashura ini. Kebencian Sasuke terhadap Naruto berlangsung sejak awal mereka bertemu di akademi ninja. Meskipun Sasuke selalu menghindarinya, Naruto tetap berusaha untuk bisa kembali membawa pulang Sasuke dan menyadarkannya.

Dan usaha Naruto pun berhasil saat ini. Lalu, apakah kutukan Indra-Ashura ini sudah selesai? Bisa dibilang untuk saat ini kutukan ini sudah selesai dengan sadarnya Sasuke akan kesalahan yang dia perbuat dan kembali ke jalan kebenaran. Apakah akan ada inkarnasi selanjutnya dari kutukan ini? inilah yang memang menjadi pertanyaan sebagian fans franchise Naruto.

Sejauh ini, dalam series Boruto: Naruto Next Generation tidak ada karakter yang mewakili inkarnasi kedua Otsutsuki. Justru keadaannya sekarang berbalik. Sarada Uchiha, malah bercita-cita menjadi seorang Hokage seperti Naruto yang artinya dia justru ingin berbuat baik demi Konoha dan menjadi kuat. Di sisi lain, Boruto justru lebih senang untuk berpetualang dan menikmati hidup secara bebas.

Seperti dalam artikel sebelumnya. memang bisa saja Sarada mewarisi kutukan tersebut tapi sangat kecil sekali kemungkinannya. Mungkin kutukan ini baru akan kembali muncul puluhan atau ratusan tahun selanjutnya. Namun, tentunya kita berharap jika kutukan ini memang benar-benar sudah selesai dan tidak ada lagi inkarnasi Indra dan Ashura selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.