Ikat Kepala yang Diwariskan

Hadiah yang paling berharga dalam hidup Naruto adalah ikat kepala shinobi yang diberikan oleh Iruka kepadanya, setelah dia lulus dari akademi ninja. Di akhir cerita ada sebuah adegan yang sangat powerful dan menyentuh, dimana Naruto mengembalikan ikat kepala yang pernah digunakan oleh Sasuke. Ikat kepala tersebut menjadi bukti bagaimana Sasuke berusaha untuk menjadi sosok ninja yang jahat, dan Naruto harus bertambah kuat untuk bisa menghentikan usaha Sasuke tersebut. hal ini seolah menjadi simbol ikatan diantara kedua karakter tersebut.

Sakura Melakukan Yang Terbaik Untuk Terakhir Kali

Sudah bukan rahasia lagi jika Haruno Sakura adalah salah satu karakter yang paling dibenci dalam seri ini. Perkembangan karakternya bisa dibilang sangat lambat jika dibandingkan Sasuke dan Naruto. Bahkan, ada yang menganggap bahwa kehadiran Sakura justru menjadi beban bagi Team 7 dibandingkan menjadi keuntungan, sebelum kemudian dia belajar mengenai medis dibawah arahan Tsunade.

Setelah Naruto dan Sasuke bertarung di lembah akhir (Valley of the End) untuk yang terakhir kalinya, Sakura kemudian muncul untuk mengobati luka dan menghentikan pendarahan di tubuh Sasuke dan Naruto akibat keduanya kehilangan lengannya. Apa yang dilakukan oleh Sakura itu seolah menjadi usaha terakhir Sakura agar bisa terlihat “berguna” dalam cerita anime/manganya.

Namun, terlepas dari perkembangan karakternya yang lambat, sebenarnya Sakura merupakan karakter yang luar biasa dan bisa melakukan tugasnya dengan baik. Contohnya adalah saat perang besar ninja, berkat kemampuan medis Sakuralah Naruto dan Sasuke bisa kembali bertarung, dan para shinobi yang terluka bisa disembuhkan.

Memasukan Referensi One Piece

Salah satu detail yang tidak kalah menarik dari cerita akhir serinya adalah di panel akhir manganya, kita bisa melihat bendera bajak laut milik kelompok Topi Jerami yang ada di Hokage Mountain atau gunung para Hokage. Detail ini merepresentasikan rasa hormat diantara kedua kreator manga tersebut. Eiichiro Oda sendiri pernah menghadirkan referensi Naruto pada bagian sampul dari manga One Piece, dengan memasukan simbol desa Konoha di gaun yang dikenakan oleh Nami.

Jarak Waktu Peperangan

Seri manga dari Naruto sendiri total kurang lebih berjalan selama 15 tahun lamanya. Sedangkan untuk peristiwa perang besar ninja keempat sendiri, berlangsung selama tiga tahun sejak awal peperangan dimulai sampai akhir. Tapi, ada fakta menarik dari hal ini yaitu dalam dunia nyata sebenarnya perang tersebut hanya terjadi selama dua hari.

Alasan dibalik lamanya perang tersebut adalah dikarenakan adegan pertarungan yang ditampilkan oleh Masashi Kishimoto sangat detail dan sangat padat. Kishimoto juga menghadirkan perspektif dari berbagai cast atau karakter yang ada. Masing-masing adegan pertarungan dibuat dengan detail yang sangat kuat, dan masing-masing karakter memiliki waktunya tersendiri untuk muncul dalam cerita.

Cerita Sasuke

Selama ini apa yang dipikirkan oleh Naruto dan apa pendapat yang ada dalam kepala Naruto selalu ditampilkan kepada para penonton dan pembaca, tapi bagaimana dengan apa yang dipikirkan oleh Sasuke? Para fans jarang mengetahui apa yang ada dalam pikiran Sasuke. Karena itulah, di dua chapter terakhir, tepatnya di chapter 699, apa yang dilakukan oleh Kishimoto terhadap Sasuke merupakan tindakan yang tepat.

Dalam chapter tersebut kita bisa mengetahui apa yang Sasuke pikirkan mulai dari awal cerita sampai akhir. Sasuke juga menghadirkan apa yang dia pikirkan dan rasakan mengenai Naruto. Apa yang dihadirkan dalam narasi tersebut merupakan kesimpulan dari cerita Sasuke selama ini.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.