Salah satu pertanyaan besar dalam cerita One Piece, selain mengenai One Piece itu sendiri, adalah bagaimana Blackbeard mampu memakan dua buah iblis dan masih tetap hidup. Seperti yang kita tahu, Marshall D. Teach alias Blackbeard merupakan pengguna buah iblis Yami Yami no Mi. Buah iblis tersebut dia curi dari rekannya, Thatch, saat Blackbeard masih menjadi bagian dari kru Whitebeard.

Namun, pasca perang di markas angkatan laut, Blackbeard memiliki kemampuan lain yaitu Gura Gura no Mi. Buah iblis ini dia curi dari tubuh Whitebeard. Ada beberapa teori yang coba menjelaskan mengenai hal aneh pada tubuh Blackbeard. Misalnya dalam satu teori, buah iblis Yami Yami Blackbeard membuatnya bisa mengkonsumsi buah iblis lainnya.

Kemudian teori lainnya menyebutkan bahwa Teach sebelumnya sudah pernah memakan buah iblis Zoan bertipe Cerberus, sehingga dia bisa memiliki tiga kepala yang berbeda. Artinya Teach bisa memakan tiga buah iblis sekaligus. Juga, ada teori yang menyebutkan bahwa Teach merupakan seseorang yang memiliki gangguan kepribadian (kepribadian ganda).

Gorosei atau lima tetua bintang sendiri takjub dan heran dengan kemampuan Blackbeard yang bisa memakan dua buah iblis dan masih tetap hidup. Gorosei adalah kelompok yang tahu banyak tentang misteri dunia ini. Mereka adalah pemimpin dari dunia ini .Jika ada sebuah keanehan atau sesuatu yang “unik” dari buah iblis, kelima tetua bintang ini seharusnya mengetahuinya. Tapi, pada kenyataanya mereka pun kebingungan.

Seperti yang dijelaskan oleh Jabra dan Blueno dari CP9, seseorang yang mengkonsumsi dua buah iblis bisa dipastikan akan tewas karena meledak. Tubuhnya tidak akan sanggup menahan dua kekuatan sekaligus. Kalau kemudian teori tentang Cerberus atau tentang kepribadian ganda adalah benar, maka seharusnya Blackbeard tidak akan mampu bertahan karena tubuhnya hanya satu (3 kepala namun hanya memiliki satu tubuh). Apakah artinya Teach lebih cerdas dari manusia paling pintar di dunia One Piece, Dr. Vegapunk? Rasanya tidak.

Luffy, Zoro, dan Nami pernah bertemu dengan Blackbeard di Jaya. Ketika Nami mengatakan kepada Luffy bahwa Blackbeard kemungkinan mengetahui arah menuju pulau langit, respon Luffy dan Zoro cukup mengejutkan. Luffy dan Zoro tidak menganggap Blackbeard sebagai satu orang, melainkan “mereka” alias lebih dari satu orang.

Saat Blackbeard dan Luffy bertemu di Impel Down, Blackbeard sempat mengatakan kepada Luffy bahwa kemampuan Hakinya sudah meningkat. Bagaimana Blackbeard tahu bahwa kemampuan Luffy sudah meningkat? Padahal, mereka berdua sebelumnya belum pernah bertemu. Bisa jadi apa yang dimaksud oleh Blackbeard adalah kemampuan Haki Observasi Luffy. Haki tersebut yang membantu Luffy dan Zoro untuk mengetahui bahwa Teach sebenarnya lebih dari 1 orang.

Jadi, pada intinya adalah Marshall D. Teach tidak berubah menjadi Cerberus atau memiliki kepribadian ganda. Namun, Teach memiliki saudara kembar dengan total ada tiga orang.  Kemungkinan Blackbeard sengaja menyembunyikan saudaranya yang lain dengan kemampuan Yami Yami, karena seperti yang kita tahu buah iblis Yami Yami bisa menghisap apapun ke dalamnya.

Mungkin ini juga alasan mengapa pada saat Blackbeard di Marineford dan hendak mencuri Gura Gura dari tubuh Whitebeard, prosesnya harus ditutup oleh kain berwarna hitam. Blackbeard membiarkan saudaranya keluar dari dalam tubuhnya. Ada juga perbedaan fisik – dan perilaku – dari Teach yang semakin memperkuat petunjuk bahwa Teach memiliki kembaran.

Teach memakan buah iblis tipe Logia paling kuat. Saudaranya mengkonsumsi buah iblis Paramecia terkuat. Artinya tinggal satu saudara Teach lain yang belum mengkonsumsi buah iblis, dan kemungkinan saudaranya yang terakhir akan mengkonsumsi buah iblis Zoan terkuat. Lalu, bagaimana proses “pencurian” kekuatan buah iblis orang lain dilakukan?

Jawabannya sendiri mudah. Ketika seorang pengguna buah iblis tewas, maka “intisari” dari kekuatan buah iblis akan keluar dari tubuhnya dan mencari buah terdekat. Blackbeard selalu menyediakan buah biasa – seperti apel – sebagai wadah untuk kekuatan buah iblis tersebut, yang kemudian dimakan oleh dia atau krunya. Kita nantikan saja ya Geeks, apakah Blackbeard memang akan memakan buah iblis yang ketiga atau tidak.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.