Perdebatan panjang mengenai apakah Kaido merupakan benar-benar makhluk terkuat di dunia atau tidak, menjadi salah satu perbincangan hangat di kalangan fans One Piece. Kaido memang mendapatkan julukan sebagai makhluk paling kuat di dunia, setelah usahanya untuk mati gagal. Juga hal itu diakibatkan Kaido yang sangat kuat dalam menerima serangan. Tidak pernah ada senjata yang mampu melukai Kaido selain Ame no Habakiri dan Enma.

Sampai saat ini, misteri bagaimana Kaido bisa mendapatkan buah iblis Zoan langka ini atau dimana dia mendapatkannya memang masih belum terjawab. Banyak para fans yang menduga-duga darimana kekuatan Kaido tersebut. Ada yang menyebutkan jika Kaido adalah naga yang kemudian memakan buah iblis, dan masih banyak lainnya.

Mengenai sosok makhluk paling kuat di dunia, mungkin ada benarnya dalam beberapa momen. Diketahui Kaido pernah dieksekusi dan disiksa, namun semuanya tidak ada yang berhasil. Tapi, ketika Kozuki Oden dan Kinemon – beserta Red Scabbards berhasil melukai Kaido di chapter kemarin membuat para fans kembali berpikir apakah julukan tersebut tepat.

Sebenarnya, petunjuk mengenai Kaido sebagai makhluk terkuat dan tidak bisa dibunuh bisa kita temukan di chapter 970. Pertarungan Oden dan Kaido beserta pasukannya sudah berlangsung berhari-hari, dan kemenangan sudah ada di depan mata Oden. Sayangnya, ketika Oden akan melakukan serangan terakhirnya, perhatiannya teralihkan oleh Higurashi, yang menyamar menjadi Momo. Kaido pun kemudian menghajar Oden, yang kemudian kalah dan dieksekusi. Benar-benar murni keberuntungan.

Dalam cerita rakyat di Asia Timur, naga raksasa Tiongkok (naga yang mirip seperti bentuk Zoan Kaido) sering kali dianggap sebagai pertanda baik. Apakah kemudian Kaido adalah seekor naga yang membuat buah iblis manusia atau sebaliknya, ada kemungkinan jika keberuntungan juga menjadi salah satu “kekuatan” yang dimiliki oleh Kaido. Dengan kata lain, semua yang dia lakukan dalam usahanya untuk mati – namun selamat – benar-benar seperti karena keberuntungan.

Ada hal menarik juga dari kelompok bajak laut Beast yang dipimpin oleh Kaido. Para orang-orang kepercayaannya memiliki tema permainan kartu – sosok seperti King, Queen, Jack – atau dengan kata lain, permainan keberuntungan (peluang). Basil Hawkins memutuskan untuk bergabung dengan Kaido ketika dia mengetahui peluangnya sangat besar bagi Kaido.

Bagaimana dengan Momonosuke? Momo memiliki buah iblis buatan yang “spesial” dimana kekuatan dan kemampuannya mirip seperti Kaido. Jika kemudian memang begitu, artinya Momo pun kemungkinan memiliki keberuntungan yang sama dengan Kaido. Mungkin hal ini bisa dilihat dari bagaimana Momo bisa bertahan hidup sampai saat ini. Itu artinya, Momo bisa jadi sosok kunci untuk bisa menghentikan keberuntungan Kaido.

Disadari atau tidak, buah iblis Zoan kuno selalu memiliki kelebihan lain yang berbeda dengan buah iblis Zoan lainnya yang hanya bertransformasi menjadi hewan tertentu dengan kekuatan dahsyat. Contohnya, buah iblis Marco memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dan hal ini juga sesuai dengan apa yang dipercaya oleh orang-orang di dunia nyata tentang burung Phoenix.

Karena itulah, rasanya masuk akal jika kemudian buah iblis Zoan kuno naga ini bisa memberikan kemampuan lainnya, yang sesuai dengan cerita yang menjadi inspirasinya. Momo bisa selamat dari “eksekusi” Kaido 20 tahun lalu dan 20 tahun kemudian setelah di selamatkan oleh Shinobu, serta bagaimana dia ditemukan oleh Luffy di Punk Hazard menjadi bukti bagaimana buah iblis Momo memberikannya keberuntungan. Apakah kemudian Momo akan mengakhiri keberuntungan Kaido? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.