Selama ini dalam cerita One Piece Luffy, Sanji, dan Zoro dikenal sebagai kru Topi Jerami terkuat. Karena itulah para fans menyebut mereka sebagai “monster trio.” Sejak kemunculan Jinbe, kekuatan Topi Jerami juga semakin bertambah kuat. Kemudian untuk Franky, Brook, dan Robin dikenal sebagai kru terkuat kedua, dan yang terakhir tentunya adalah Nami, Usopp, dan Chopper yang disebut sebagai kru paling lemah.

Jika dilihat dari cerita, wajar memang jika Nami, masuk dalam daftar kru “nomor 3.” Dibandingkan Luffy dan yang lain, Nami paling jarang bertarung. Biasanya dia hanya bertarung sesekali – seperti saat bertarung melawan salah satu anggota CP9 dan ketika menghadapi puluhan bajak laut di Punk Hazard.

Tapi, ada satu hal dari Nami yang cukup membuat para fans penasaran yaitu tentang apakah Nami memiliki kekuatan Haki atau tidak. Kita sering melihat, bahwa Nami bisa membuat Sanji, Zoro, Usopp, bahkan Luffy terluka. Mukanya lebam dan terkadang mereka pun terbang akibat dipukul oleh Nami. Meskipun tujuannya sendiri hanya sekedar komedi, hal ini menunjukan bahwa potensi Nami sangatlah besar – khususnya dalam menguasai Armament Haki.

Oda sendiri memang pernah mengatakan bahwa hanya beberapa orang tertentu yang bisa membuat seseorang dengan kekuatan Haki dahsyat seperti Luffy, bisa kalah oleh pukulan biasa. Hal ini dikarenakan mereka melakukannya dengan cinta. Nami, Garp, dan kru Topi Jerami bisa saja melukai Luffy, karena mereka adalah sosok yang dekat dengan Luffy.

Kembali, meskipun semuanya hanya untuk tujuan komedi saja, Nami memiliki potensi untuk menjadi sosok yang dahsyat dengan kekuatan Haki. Setelah 2 tahun belajar mengenai cuaca di Weatheria, memang kemampuan bertarung Nami bukan pada jarak dekat dan bukan pada pertarungan fisik. Dia lebih cenderung kuat dalam pertarungan jarak jauh, dan dengan menggunakan Clima Tact miliknya.

Mungkin, sebelum semua cerita One Piece berakhir kita akan melihat Oda Sensei memberikan peningkatan kekuatan terakhir kepada para karakter Topi Jerami, khususnya Nami. Dengan begitu, dia tentunya bisa mengalahkan musuh yang lebih kuat dengan sangat mudah. Dan juga bisa membantu Luffy atau kru Topi Jerami lainnya yang sedang dalam kesulitan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.