Pertanyaan mengenai kapan One Piece akan selesai, masih menjadi pertanyaan besar di kalangan para fans. Cerita One Piece memang sangat luar biasa sejak pertama kali dirilis di Weekly Shonen Jump pada 1997 silam. Dimulai  dari popularitasnnya meningkat di Jepang, lalu pada era 2000an cerita One Piece mulai menyebar ke seluruh dunia dan mulai dikenal oleh fans di luar Jepang.

Sudah lebih dari 20 tahun One Piece menerbitkan manganya, dengan jumlah chapter sudah mendekati 1000 chapter. Pertanyaannya kemudian muncul tentang sampai kapan cerita One Piece akan tetap terbit? Pada 2019 kemarin, Oda sempat membuat heboh para fans dalam wawancaranya dengan seorang Youtuber. Oda menjelaskan bahwa One Piece akan selesai pada lima tahun lagi.

Kemudian Oda Sensei juga mengatakan pada kamis kemarin dalam sebuah acara TV, Arashi Tsubo. Salah seorang personil Arashi bertanya, “seberapa lama lagi cerita yang sudah anda rencanakan?” Oda Sensei pun kemudian menjawab “empat atau lima tahun lagi.” Terdengar cukup meyakinkan mengenai kapan One Piece akan berakhir. Tapi, pertanyaan selanjutnya kemudian apakah memang One Piece akan selesai dalam empat atau lima tahun lagi?

Berdasarkan perhitungan data yang ada, sepertinya hal itu tidak akan terjadi. Sejak tahun 2013, jumlah libur Oda Sensei terus meningkat, dengan jumlah pada tahun tersebut Oda total mendapatkan delapan kali istirahat atau break. Tahun-tahun berikutnya, ada peningkatan sedikit dimana Oda libur 9-10 kali dalam setahun.

Dengan asumsi bahwa Oda Sensei 10 kali melakukan break dalam setahun pada 2021 mendatang, artinya One Piece hanya muncul sebanyak 38 chapter dari total 48 volume Weekly Shonen Jump yang terbit setiap tahunnya. Lalu, dengan angka ini, apakah bisa One Piece selesai dalam empat sampai lima tahun? Jika memang One Piece akan selesai dalam empat tahun lagi, maka One Piece akan menerbitkan 152 chapter lagi sebelum selesai – dengan perhitungan 38 (chapter setahun) x 4 (tahun) = 152 chapter.

Lalu, jika memang dalam lima tahun akan selesai, maka One Piece akan menerbitkan 190 chapter lagi – dengan perhitungan 38 (chapter setahun) x 5 (tahun) = 190 chapter. Anggap saja ada perpanjangan sekitar 11 bulan, yang artinya 190 (chapter) + 35 (tambahan chapter selama 11 bulan) = 225 chapter. Dengan perhitungan kasar ini, bisa Geeks asumsikan bahwa One Piece dalam lima tahun kedepan akan selesai dalam 150 – 220 chapter lagi.

Pertanyaan besarnya kemudian, apakah mungkin dalam 150-220 chapter kemudian One Piece bisa selesai? Dilihat dari arc dan saga sebelumnya, rasanya sangat kecil jika cerita akan berakhir dalam lima tahun lagi. Arc Wanokuni sendiri saat ini jumlah chapternya hampir mendekati 100, dan para fans memprediksi bahwa arc Wano kemungkinan baru akan selesai dalam 110-130 chapter kedepan.

Oda Sensei sendiri mengatakan bahwa arc Wano, baru sekita 60-70% dari keseluruhan cerita One Piece. Yang artinya masih ada 30% cerita lainnya yang bisa jadi sama seperti Wano, memiliki 110-130 chapter. Tapi, ada hal yang perlu diingat dan perlu dicatat Geeks, bahwa ini semua baru perhitungan kasar saja. Semuanya tentu bisa saja bisa berubah jika di kemudian hari Oda Sensei kemudian memberikan kejutan lain, misalnya langsung menghadirkan cerita akhir One Piece pasca Wano demi mempercepat selesainya seri One Piece.

Sebagai seri manga yang paling besar, dan paling lama terbitnya, Oda Sensei tentu perlu memikirkan setiap detail yang ada dalam cerita sebelum kemudian mengakhiri cerita One Piece. Oda mungkin perlu belajar dari Tite Kubo, penulis Bleach, yang berhasil mengakhiri ceritanya dengan manis. Jangan terlalu terburu-buru untuk mengakhiri ceritanya, karena tentunya hal itu akan berakibat dimana ceritanya menjadi anti-klimaks. Kita nantikan saja ya, Geeks, kapan cerita One Piece akan selesai. Untuk saat ini kita nikmati saja cerita yang disuguhkan oleh Oda Sensei setiap minggunya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.