Mulai dari Michael Keaton sampai george Clooney, juga Christian Bale dan Ben Affleck, kostum Batman di layar lebar sudah mengalami perubahan sejak 1989. Selain aktor yang menggunakan kostum Batman berbeda-beda, para aktor ini juga memiliki berbagai variasi yang dimunculkan di Batsuit yang mereka gunakan. Contoh nyatanya adalah Ben Affleck yang menggunakan Bat-Armor untuk menghadapi Superman.

Batman versi Chistian Bale pun memiliki beberapa versi Batsuit dari trilogi film yang dia perankan. Lalu, bagaimana dengan Batman versi Roberts Pattinson? Dark Knight versi Pattinson menjadi bahan perbincangan banyak orang pasca kemunculan perdananya dalam teaser trailer The Batman, yang dirilis pada saat acara DC FanDome kemarin.

Banyak pujian yang kemudian diarahkan pada desain dari kostum Battinson tersebut, sambil juga di satu sisi Matt Reeves memberikan petunjuk bahwa kostum yang dikenakan oleh Battinson akan berevolusi bersamaan dengan sang karakter. Beberapa bukti lama dengan petunjuk baru memberikan sugesti bahwa Robert Pattinson akan mengenakan setidaknya satu batsuit lagi di filmnya nanti – terlepas dari Batsuit yang muncul di teasernya.

Menurut seorang pengguna Reddit yang mengaku bahwa dia bekerja di film The Batman, menyebutkan bahwa Batsuit pertama yang dipakai oleh Pattinson akan dihancurkan dan dibakar oleh seorang villain. Hal itu memaksa Bruce untuk membuat Batsuit lainnya, yang kemudian dideskripsikan “berwarna abu-abu, dengan sarung tangan berwarna hitam panjang yang menutupi lengannya dan juga sepatu boots hitam.”

Bagian topengnya juga akan kembali dibuat dengan “material yang lebih kuat” juga bagian sabuknya yang “berwarna emas dengan sedikit warna perunggu.” Pengguna Reddit tersebut kemudian menyebutkan bahwa material yang digunakan mirip seperti Stealth Suit milik Spider-Man dalam film Spider-Man: Far From Home.

Menariknya, dia juga memberikan gambaran bahwa ada adegan pemakaman yang kemudian diganggu oleh kemunculan villain. Postingan tersebut dibuat sekitar enam bulan yang lalu, sebelum teaser trailer The Batman dirilis pada minggu kemarin.

Apa Artinya?

Meskipun kita perlu menanggapi “rumor” ini dengan tidak terlalu serius, keakuratan deskripsi yang disampaikan, khususnya mengenai adegan pemakaman sebelum teaser trailernya sendiri dirilis, membuat pengguna Reddit cukup worth untuk ditanggapi. Di sisi lain, rasanya masuk akal juga jika kemudian Pattinson menggunakan Batsuit lain di filmnya.

Reeves sendiri sudah menjelaskan bahwa ini bukan cerita tentang awal kemunculan Batman, melainkan tahun kedua sejak kemunculannya. Menurut Reeves, Batsuit yang diperlihatkan di trailernya merupakan hasil desain dari Bruce sendiri. Yang artinya, ini bukan produk final. Banyak yang meragukan bahwa villain bisa menghancurkan Batsuit yang dibangun oleh Batman.

Kembali, ini adalah tahun kedua Batman beraksi sebagai vigilante. Artinya ada proses trial and error dalam karirnya sebagai Batman. Jika kemudian Batsuit yang dibangun oleh Bruce masih merupakan hasil “karyanya” secara mandiri, bukan tidak mungkin jika materialnya masih rapuh. Dari sanalah Bruce kemudian terus menciptakan berbagai Batsuit yang menyempurnakan kekurangan dari Batsuit sebelumnya.

Hal ini sebenarnya bisa dilihat dari Batsuit Christian Bale di trilogi Dark Knight. Di film The Dark Knights Rises, dia sempat meminta Fox untuk membuat Batsuit lain yang lebih ringan dan lebih kuat terhadap serangan jarak dekat. Untuk perbandingan dengan Stealth Suit milik Spidey, bisa jadi adanya kesamaan konsep yang dimunculkan – dari desain yang biasa saja menjadi luar biasa dengan bantuan teknologi Stark.

Dalam kasus Batman, sepertinya tambahan-tambahan lainnya akan membuat Batsuit yang dikenakan oleh Pattinson akan sesuai dengan apa yang diperlihatkan di komiknya. Saat ini, semua hal yang dibahas merupakan murni spekulasi. Tapi, tentunya akan sangat menarik untuk menyaksikan bagaimana Batsuit berevolusi menjadi luar biasa.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.